Pengembangan modul korespondensi berbasis POE (Predict-Observe-Explain) pada kompetensi dasar menjelaskan cara membuat surat niaga untuk meningkatkan hasil belajar (studi pada siswa kelas X APK SMK PGRI 6 Malang) / Agustin Maulinda

Maulinda, Agustin (2018) Pengembangan modul korespondensi berbasis POE (Predict-Observe-Explain) pada kompetensi dasar menjelaskan cara membuat surat niaga untuk meningkatkan hasil belajar (studi pada siswa kelas X APK SMK PGRI 6 Malang) / Agustin Maulinda. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Maulinda, Agustin. 2018. Pengembangan Modul Korespondensi Berbasis POE (Predict-Observe-Explain) Pada Kompetensi Dasar Menjelaskan Cara Membuat Surat Niaga Untuk Meningkatkan Hasil Belajar (Studi Pada Siswa Kelas X APK SMK PGRI 6 Malang). Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. H. Mohammad Arief, M.Si Kata Kunci: Modul, POE (Predict-Observe-Explain), Korespondensi, Surat Niaga, Hasil Belajar Perubahan kurikulum dari KTSP menjadi Kurikulum 2013 menyebabkan ketersediaan modul yang sesuai dengan standart isi kurikulum menjadi terbatas. Modul pembelajaran berbasis Predict, Observe, Explain (POE) dapat dijadikan alternatif dalam pembelajaran. Model pembelajaran POE merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat menciptakan peserta didik yang aktif, kreatif, dan dapat membangun pengetahuan awalnya sendiri dengan bantuan guru. Modul Korespondensi berbasis POE ini cocok untuk diterapkan di SMK PGRI 6 Malang pada progam keahlian Administrasi Perkantoran kelas X karena proses pembelajaran mata pelajaran Korespondensi belum di dukung dengan bahan ajar yang sesuai dengan Kurikulum 2013. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk menghasilkan Modul Pembelajaran Korespondensi Berbasis POE Pada Kompetensi Dasar Menjelaskan Cara Membuat Surat Niaga, (2) untuk mengetahui kelayakan Modul Pembelajaran Korespondensi Berbasis POE Pada Kompetensi Dasar Menjelaskan Cara Membuat Surat Niaga, (3) untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa menggunakan Modul Pembelajaran Korespondensi Berbasis POE Pada Kompetensi Dasar Menjelaskan Cara Membuat Surat Niaga. Rancangan penelitian ini diadaptasi dari model pengembangan Research and Development (R&D) oleh Sugiyono yang telah dimodifikasi dan disesuaikan dengan keadaan di lapangan. Modul yang dikembangkan divalidasi oleh ahli materi dan ahli modul. Subjek penelitian ini yaitu uji kelompok kecil sejumlah 6 peserta didik dan uji kelompok besar sebanyak 31 peserta didik.Instrumen pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, angket, tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil validasi ahli materi, ahli modul, dan peserta didik dapat diketahui bahwa modul Korespondensi dinyatakan valid dan layak digunakan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran di kelas. Ditunjukkan dengan persentase rata-rata validasi sebesar 92,5%. Selain ini modul Korespondensi ini juga dinyatakan efektif dalam kegiatan pembelajaran di kelas yang ditunjukkan dengan adanya peningkatan hasil belajar sebesar 16,62% (dengan nilai rata-rata sebelum menggunakan modul sebesar 59,5 dan setelah menggunakan modul sebesar 76,12). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Modul Korespondensi pada Kompetensi Dasar Menjelaskan Cara Membuat Surat Niaga adalah valid dan layak untuk digunakan sebagai bahan ajar dalam kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29387

Actions (login required)

View Item View Item