Disiplin kerja tenaga administrasi sekolah (studi multi kasus di sman 1 tumpang dan smas diponegoro tumpang) / Iva Ning Nur Agustin - Repositori Universitas Negeri Malang

Disiplin kerja tenaga administrasi sekolah (studi multi kasus di sman 1 tumpang dan smas diponegoro tumpang) / Iva Ning Nur Agustin

Agustin, Iva Ning Nur Agustin (2023) Disiplin kerja tenaga administrasi sekolah (studi multi kasus di sman 1 tumpang dan smas diponegoro tumpang) / Iva Ning Nur Agustin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pencapaian keberhasilan pembelajaran di sekolah di dukung dengan adanya sumber daya manusia yang memiliki kompetensi yang baik dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya. Salah satu sumber daya manusia yang mendukung proses kegiatan belajar mengajar adalah tenaga administrasi sekolah. Tenaga administrasi di sekolah membantu mendukung pembelejaran peserta didik di luar kelas. Dalam membentuk tenaga administrasi yang berkompeten penerapan disiplin kerja perlu dilaksanakan oleh seluruh bagian dari tenaga administrasi sekolah. Dari penelitian yang dilakukan bahwa kedua latar penelitian yang berada di SMAN 1 Tumpang dan SMAS Diponegoro Tumpang memiliki perbedaan dimana kedua sekolah ini berstatus sekolah negeri dan swasta. Dalam penerapan disiplin kerja tenaga administrasi sekolah memiliki ketentuan yang berbeda. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui disiplin preventif tenaga administrasi sekolah di SMAN 1 Tumpang dan SMAS Diponegoro Tumpang (2) mengetahui disiplin korektif tenaga administrasi sekolah di SMAN 1 Tumpang dan SMAS Diponegoro Tumpang dan (3) mengetahui faktor pendukung dan penghambat disiplin kerja di SMAN 1 Tumpang dan SMAS Diponegoro Tumpang. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan model studi multi kasus. Penentuan informan penelitian ini berdasarkan pada teknik purposive sampling dan snowball sampling. Pengumpulan data atau informasi dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara observasi dan dokumentasi. Data dan informasi yang terkumpul dari tiga teknik pengumpulan data akan dianalisis secara berulang-ulang dengan menggunakan analisis kasus individu dan analisis lintas kasus. Pengecekkan keabsahan data menggunakan (1) uji kredibilitas dengan menggunakan triangulasi data kecakupan bahan reverensi pemeriksaaan/diskusi teman sejawat. (2) uji konfirmabilitas (3) uji depandebilitas dan (4) uji transferabilitas. Hasil penelitian menunjukan bahwa disiplin kerja tenaga administrasi sekolah di SMAN 1 Tumpang dan SMAS Diponegoro Tumpang terkait disiplin preventif sudah terlaksana sesuai dengan perangkat hukum yang ditetapkan oleh masing-masing sekolah. Terkait disiplin korektif atau tindak pengoreksian pelanggaran tenaga administrasi sekolah terdapat beberapa persamaan terkait sistem punishment dan perbedaan terhadap sistem pemberian reward untuk tenaga administrasi sekolah. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dikemukakan berbgai saran sebagai berikut (1) Kepala Sekolah SMAN 1 Tumpang dan SMAS Diponegoro Tumpang untuk dapat terus memberikan motivasi dan memelihara suasana kerja yang baik terhadap tenaga administrasi sekolah. Menerapkan sikap yang baik serta dapat mendorong dan mendukung kemampuan serta semangat dari tenaga administrasi di sekolah. (2) Tenaga Administrasi Sekolah di SMAN 1 Tumpang dan SMAS Diponegoro Tumpang agar senantiasa memperbaiki pelanggaran-pelanggaran terkait kepatuhan melaksanakan presensi kehadiran. Serta memanfaatkan fasilitas dan ilmu yang diberikan untuk bertanggungjawab penuh terhadap pekerjaannya sebagai tenaga administrasi sekolah. Dimana dalam pelaksanaan tugasnya tidak hanya dilihat sebagai beban pekerjaan saja akan tetapi sebagai bentuk pengabdian. (3) Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur agar senantiasa memberikan sarana dalam. memberikan pembinaan dan perhatian kepada tenaga administrasi sekolah di Sekolah Menengah Atas agar tenaga administrasi sekolah dapat senantiasa melaksanakan disiplin kerja sesuai dengan ketentuan yang berlaku serta dapat mengembangkan potensinya untuk mengabdi di sekolah dalam kegiatan pencapaian tujuan pendidikan nasional. (4) Departemen Administrasi Pendidikan agar terus memberikan sumber belajar tentang manajemen sumber daya manusia terutama terkait disiplin kerja tenaga administrasi sekolah. (5) Peneliti berikutnya dalam melanjutkan penelitian tentang disiplin kerja tenaga administrasi sekolah di SMAN 1 Tumpang dan SMAS Diponegoro Tumpang yaitu bertujuan agar dapat menemukan ide baru yang memiliki kaitan dengan disiplin kerja tenaga administrasi sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Aug 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/293869

Actions (login required)

View Item View Item