Manajemen pembelajaran bagi anak berkebutuhan khusus jenis slow learner, autism, dan down syndrome berbasis full day school / Afifatul 'Uyun - Repositori Universitas Negeri Malang

Manajemen pembelajaran bagi anak berkebutuhan khusus jenis slow learner, autism, dan down syndrome berbasis full day school / Afifatul 'Uyun

'uyun, Afifatul (2023) Manajemen pembelajaran bagi anak berkebutuhan khusus jenis slow learner, autism, dan down syndrome berbasis full day school / Afifatul 'Uyun. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Manajemen pembelajaran diartikan sebagai proses perencanaan pengorganisasian pelaksanaan dan evaluasi dalam pembelajaran untuk menciptakan sebuah pembelajaran yang terencana dan memiliki tujuan yang dimaksudkan untuk kesejahteraan pendidikan. Manajemen pembelajaran bagi anak berkebutuhan khusus jenis slow learner autism dan down syndrome yang berbasis full day school memerlukan pendekatan yang terstruktur dan disesuaikan dengan kebutuhan individu setiap anak. Didalam pemenuhan pembelajaran bagi anak-anak berkebutuhan di sekolah inklusi diperlukan sebuah pola pembelajaran mekanisme pembelajaran dan strategi pembelajaran yang tepat untuk menyamaratakan pendidikan yang diperoleh oleh anak-anak berekebutuhan khusus tersebut. Sehingga tidak ada perbedaan dalam penerimaan layanan pendidikan di sekolah reguler yang menerapkan sekolah inklusi dan berbasis full day school. Manajemen pembelajaran bagi anak berkebutuhan khusus jenis slow learner autism dan down syndrome berbasis full day school dapat mengetahui hal-hal yang berkaitan dengan pembelajaran anak yang memang disesuaikan dengan kebutuhan dari masing-masing anak dengan keistimewaan yang berbeda pula. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan mengenai manajemen pembelajaran anak berkebutuhan khusus jenis slow learner autism dan down syndrome berbasis full day school di SDN Sawojajar 1 Malang secara keseluruhan. Berdasarkan tujuannya penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan menggunakan jenis penelitian studi kasus. Lokasi penelitian dilaksanakan di Jalan Raya Sawojajar No.49 Sawojajar Kecamatan Kedungkandang Kota Malang Jawa Timur 65139. Teknik Pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dokumentasi dan observasi. Analisis data yang digunakan yaitu data collection (pengumpulan data) data condensation (kondensasi data) data display (penyajian data) dan conclusion drawing (penarikan kesimpulan). Pengecekan keabsahan data yang dgunakan dalam penelitian ini adalah kredibilitas dengan menggunakan beberapa teknik yaitu triangulasi pengecekan data kecukupan bahan refrensi. Tahap-tahap penelitian meliputi tahap pra-lapangan tahap pekerjaan lapangan tahap analisis data dan tahap pelaporan. Hasil temuan peneliti menunjukkan (1) pola pembelajaran yang digunakan bagi anak berkebutuhan khusus jenis slow learner autism dan down syndrome berbasis full day school di SDN Sawojajar 1 Malang yaitu dengan membedakan tiap-tiap pola pembelajaran pada masing-masing anak berkebutuhan khusus dikarenakan keistimewaannya pun sudah berbeda. Selain itu pola pembelajaran yang digunakan di kelas khusus adalah melakukan pembelajaran yang lebih sederhana diantara teman-teman sebayanya yang berada di kelas reguler pembelajaran disesuaikan dengan keistimewaan dan karakter belajar serta untuk pola pembelajaran di kelas reguler adalah dengan pola pembelajaran diferensiasi (2) mekanisme pembelajaran bagi anak berkebutuhan khusus jenis slow learner autism dan down syndrome berbasis full day school di SDN Sawojajar 1 Malang adalah dengan melakukan rangakaian perencanaan pembelajaran pengorganisasian pembelajaran pelaksanaan pembelajaran dan pengevaluasian pembelajaran dan (3) strategi pembelajaran bagi anak berkebutuhan khusus jenis slow learner autism dan down syndrome berbasis full day school di SDN Sawojajar 1 Malang yaitu dengan membentuk strategi yang tepat pada tiap anak-anak berkebutuhan khusus dilihat dari masing-masing keistimewaan anak. Saran penelitian ini disampaikan kepada (1) Kepada Dinas Pendidikan Kota Malang agar memberikan pelatihan khusus terhadap anak-anak berkebutuhan khusus di sekolah inklusi penyediaan sumber daya dan fasilitas yang mendukung pembelajaran (2) Kepada Kepala Bidang PAUD dan DIKMAS Kota Malang agar menyediakan pelatihan dan pengembangan kompetensi khusus bagi guru dan staf ikut menciptakan lingkungan yang mendukung dalam pendidikan inklusi (3) Kepala SDN Sawojajar 1 Malang melakukan intropeksi untuk meningkatkan pemahaman tentang pelaksanaan sekolah inklusi untuk lebih bisa memenuhi kebutuhan pembelajaran anak berkebutuhan khusus (2) Guru Pembimbing Khusus SDN Sawojajar 1 Malang mengembangkan rencana pembelajaran penggunaan beragam strategi pembelajaran program khusus yang bisa memenuhi peningkatan motorik dan kreativitas anak (3) Guru Kelas SDN Sawojajar 1 Malang memahami kebutuhan pembelajaran tiap individu anak inklusi yang berada di kelas reguler dan memfasilitasi dengan media pembelajaran yang mendukung (4) Departemen Administrasi Pendidikan disarankan dengan menjadikan manajemen pembelajaran bagi anak berkebutuhan khusus jenis slow learner autism dan down syndrome menjadi referensi yang disesuaikan dengan kebutuhan mahasiswa dan (5) Peneliti lain disarankan untuk melakukan penelitian serupa dengan sekolah yang berbeda memperluas fokus dan penggunaan metode yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 29 Aug 2023 04:29
Last Modified: 23 Sep 2024 01:38
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/293868

Actions (login required)

View Item View Item