Internalisasi nilai-nilai karakter religius peserta didik melalui program literasi al-quran (studi kasus di sma negeri 1 lawang) / Naura Dinda Nurulita - Repositori Universitas Negeri Malang

Internalisasi nilai-nilai karakter religius peserta didik melalui program literasi al-quran (studi kasus di sma negeri 1 lawang) / Naura Dinda Nurulita

Nurulita, Naura Dinda Nurulita (2023) Internalisasi nilai-nilai karakter religius peserta didik melalui program literasi al-quran (studi kasus di sma negeri 1 lawang) / Naura Dinda Nurulita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Internalisasi nilai-nilai karakter religius peserta didik melalui program literasi Al-Quran merupakan upaya sekolah dalam menanamkan nilai karakter religius pada diri peserta didik melalui program dan pembiasaan agama di sekolah. Tujuan penelitian ini antara lain mendiskripsikan (1) karakteristik program literasi Al-Quran di SMA Negeri 1 Lawang (2) strategi internalisasi karakter religius pada peserta didik melalui program literasi Al-Qur rsquo an di SMA Negeri 1 Lawang (3) bentuk nilai-nilai karakter religius yang hendak diinternalisasikan ke dalam diri peserta didik dari implementasi program literasi Al-Qur rsquo an di SMA Negeri 1 Lawang (4) hambatan-hambatan dalam internalisasi karakter religius peserta didik melalui program literasi Al-Qur rsquo an di SMA Negeri 1 Lawang dan (5) solusi terhadap hambatan-hambatan dalam internalisasi karakter religius peserta didik melalui program literasi Al-Qur rsquo an di SMA Negeri 1 Lawang. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis rancangan penelitian studi kasus. Lokasi penelitian di SMA Negeri 1 Lawang Kabupaten Malang. Informan kunci penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru mata pelajaran PAI serta didukung dengan guru peserta didik dan orang tua peserta didik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian dilakukan dengan wawancara observasi dan studi dokumenter. Proses analisis data dilakukan dengan kondensasi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Selanjutnya analisis keabsahan data yang diperoleh dilakukan dengan cara triangulasi pengecekan anggota perpanjangan waktu dan meningkatkan ketekunan serta uji transferabilitas. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan (1) program literasi Al-Quran dilaksanakan setiap 2 kali dalam seminggu selama 15 menit sebelum pembelajaran berlangsung yang bertujuan untuk mewujudkan peserta didik menjadi insan yang religius (2) strategi sekolah dalam upaya internalisasi nilai-nilai karakter religius peserta didik adalah dengan program dan pembiasaan kegamaan di sekolah serta adanya keterlibatan guru (3) bentuk nilai-nilai karakter religius yang ditanamkan ke dalam diri peserta didik melalui program literasi Al-Quran adalah antara lain perilaku sikap kedisiplinan kejujuran dan visioner (4) hambatan yang terjadi saat internalisasi nilai-nilai karakter religius peserta didik melalui program literasi Al-Quran adalah peserta didik kurang kondusif kurangnya disiplin dan kejujuran dari peserta didik guru yang datang terlambat dan guru yang kurang tegas serta kurang kooperatif (5) solusi yang dilakukan untuk menghadapi hambatan yang ada adalah ketua kelas mengingatkan teman kelas guru memberikan arahan untuk kelas dan ikut serta dalam kegiatan serta evaluasi guru berupa kegiatan baktiku harapanmu di tiap Jumat dan teguran personal dari kepala sekolah untuk guru. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan peneliti mengusulkan beberapa saran kepada (1) Kepala SMA Negeri 1 Lawang untuk dijadikan acuan dan pandangan ketika hendak mengembangkan bentuk nilai-nilai karakter religius peserta didik melalui literasi Al-Quran atau program lain (2) Guru SMA Negeri 1 Lawang untuk menjadi rujukan dalam mencari informasi terkait internalisasi nilai-nilai karakter religius peserta didik melalui program literasi Al-Quran serta dapat memberikan teladan dalam perilaku peserta didik di kehidupan sehari-hari dan pengembangan karakter peserta didik (3) Mahasiswa Departemen Administrasi Pendidikan dapat menjadi referensi para mahasiswa untuk mencari informasi mengenai internalisasi nilai-nilai karakter religius peserta didik melalui program literasi Al-Quran di sebuah lembaga pendidikan yang sedang menempuh mata kuliah manajemen peserta didik atau menyusun skripsi dengan topik terkait dan (4) Peneliti lain untuk dapat dimanfaatkan peneliti lain yang sedang menyusun penelitian dengan topik terkait sebagai acuan yang lebih mendalam dalam pengambilan data atau informasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Aug 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/293866

Actions (login required)

View Item View Item