Peran kepala sekolah terhadap peningkatan kinerja guru dalam pembelajaran / Nifadila Millenia Shafira Ma\'ruf - Repositori Universitas Negeri Malang

Peran kepala sekolah terhadap peningkatan kinerja guru dalam pembelajaran / Nifadila Millenia Shafira Ma\'ruf

Ma'ruf, Nifadila Millenia Shafira Ma'ruf (2023) Peran kepala sekolah terhadap peningkatan kinerja guru dalam pembelajaran / Nifadila Millenia Shafira Ma\'ruf. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ma rsquo ruf N. M. S. 2022. Peran Kepala Sekolah Terhadap Peningkatan Kinerja Guru dalam Pembelajaran (Studi Kasus di SMA Panjura Malang). Skripsi Departemen Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Juharyanto M.M. M. Pd. (II) Dra. Djum Djum Noor Benty M.Pd. Kata Kunci peran kepala sekolah peningkatan kinerja kinerja guru dalam pembelajaran Peran kepala sekolah sangat menopang keberhasilan suatu lembaga pendidikan formal namun di pihak lain untuk mencari pemimpin ini bukan hanya menjadi masalah bagi dunia usaha akan tetapi juga merupakan masalah dunia pendidikan (Muflihah amp Haqiqi 2019). Dalam segi proses sebagai seorang pemimpin harus menjelaskan bahwa seorang kepala sekolah atau pemimpin hendaknya memiliki kepribadian pengetahuan terhadap tenaga kependidikan visi dan misi sekolah kemampuan mengambil keputusan serta kemampuan berkomunikasi dengan baik oleh karena itu peran sebagai kepala sekolah sangatlah dibutuhkan dalam dunia pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) peran kepala sekolah terhadap peningkatan kinerja guru dalam pembelajaran (2) faktor penghambat peran kepala sekolah terhadap peningkatan kinerja guru dalam (3) upaya mengatasi faktor penghambat peran kepala sekolah terhadap peningkatan kinerja guru dalam pembelajaran (4) faktor penunjang kepala sekolah terhadap peningkatan kinerja guru dalam pembelajaran (5) upaya memberdayakan faktor penunjang peran kepala sekolah terhadap peningkatan kinerja guru dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yaitu mengacu pada studi kasus di SMA Panjura Malang. Data yang dikumpulkan menggunakan wawancara observasi dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan yakni pengumpulan data reduksi data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan triangulasi pengecekan anggota dan perpanjangan waktu dalam pengamatan. Dengan menjalankan tugas dan kewajiban menciptakan penelitian agar mampu membikin kinerja gurunya semakin baik maka guru di sekolahan diharapkan untuk menguasai materi pembelajaran supaya mencapai tujuan bersama. Simpulan penelitian ini meliputi (1) peran kepala sekolah senantiasa menjalankan tugas dan kewajibannya dengan cara menciptakan strategi guna meningkatkan kualitas kinerja guru dalam pembelajaran. langkah awal menciptakan iklim kerja supaya para anggota sekolah merasakan kenyamanan saat bekerja memberikan motivasi kepada guru supaya lebih bersemangat lagi dalam bekerja karena peran utama guru adalah membimbing dan mengajar para siswa kepala sekolah harus mempunyai perencanaan yang matang untuk mengendalikan sekolah dan memahami karakter guru serta siswa agar menjalin komunikasi yang baik (2) faktor penghambat peran kepala sekolah dalam melaksanakan strategi untuk meningkatkan kinerja guru adalah guru kurang mampu menguasai materi pembelajaran yang dapat menghambat peningkatan kinerja guru (3) Upaya mengatasi faktor penghambat yakni harus bekerjasama saling percaya tidak egois dan komitmen agar program yang dijalankan sesuai dengan pondasi kepala sekolah. Selain itu kepala sekolah harus bersedia menjadi pengamat jika guru mengalami kesulitan dalam kegiatan mengajar di dalam kelas (4) Faktor penunjang peran kepala sekolah yakni harus mewujudkan peningkatan kinerja guru dan selalu menjaga suasana yang nyaman agar guru selalu merasa senang dan semangat ketika di dalam sekolah (5) Upaya memberdayakan peran kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru adalah kepala sekolah memberikan reward kepada guru yang telah mendidik para siswa. Selain itu kepala sekolah harus mengedepankan guru muda agar dapat membantu guru senior jika mengalami kesulitan dalam mengoperasikan alat teknologi modern. Saran yang dapat disampaikan dalam penelitian ini yaitu (1) Kepala SMA Panjura Malang diharapkan bisa memberikan contoh yang baik sebelum diterapkan ke anggota sekolah seperti selalu ikutserta dalam kegiatan pembelajaran dan juga melakukan penanganan lebih lanjut terkait peningkatan kinerja guru agar bisa di kenal oleh warga malang (2) Guru SMA Panjura Malang sebaiknya lebih membina dan membimbing para siswa dalam proses pembelajaran agar tidak malas jika di dalam kelas dan harus lebih telaten untuk menghadapi siswanya jika ada siswa yang susah diatur maka bisa langsung memberikan sanksi dengan cara memberitahukan ke orang tuanya agar siswa tersebut tidak mengalami hal yang sama (3) peneliti selanjutnya diharapkan peneliti lain bisa melanjutkan penelitian yang serupa tapi tak sama dengan fokus dan tema yang berbeda atau mungkin bisa meneliti di sekolah yang sama dengan tema yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Aug 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/293862

Actions (login required)

View Item View Item