Penerapan model pembelajaran TGT (Team Games Tournament) berbasis CTL (Contextual Teaching and Learning) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik mata pelajaran administrasi umum (studi pada kelas X APK SMK Mandiri Bajnarejo-Pagelaran Malang) / Moch. Yahya Nurkan Setiawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran TGT (Team Games Tournament) berbasis CTL (Contextual Teaching and Learning) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik mata pelajaran administrasi umum (studi pada kelas X APK SMK Mandiri Bajnarejo-Pagelaran Malang) / Moch. Yahya Nurkan Setiawan

Setiawan, Moch. Yahya Nurkan (2018) Penerapan model pembelajaran TGT (Team Games Tournament) berbasis CTL (Contextual Teaching and Learning) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik mata pelajaran administrasi umum (studi pada kelas X APK SMK Mandiri Bajnarejo-Pagelaran Malang) / Moch. Yahya Nurkan Setiawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Setiawan Moch Yahya nurkan. 2018. Penerapan Model Pembelajaran TGT (Team Games Tournament) Berbasis CTL (Contextual Teaching And Learning) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Administrasi Umum studi pada kelas X APK SMK Mandiri Banjarejo-Pagelaran Malang Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Pembimbing Dr. Heny Kusdiyanti S.Pd M.M Kata Kunci Model Pembelajaran TGT dan CTL Hasil Belajar Administrasi Perkantoran. Penelitian tindakan kelas bertujuan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik kelas X Administrasi Perkantoran pada mata pelajaran Administrasi Umum di SMK Mandiri Pagelaran dengan memberikan perlakuan menggunakan model pembelajaran TGT (Team Games Tournament) Berbasis CTL (Contextual Teaching And Learning). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi dokumentasi wawan cara tes dan angket. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 31 Maret sampai dengan 21 April 2018 dengan melakukan kegiatan proses belajar mengajar di kelas X APK di SMK Mandiri Pagelaran Malang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh penggunaan model pembelajaran TGT (Team Games Tournament) berbasis CTL (contextual teaching and learning) utuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dapat dikatakan signifikan. Hal ini ditunjukkan dengan hasil perhitungan yang diperoleh dari posttest yang menunjukkan rata-rata nilai peserta didik sebesar 80 73 yang mana 3 peserta didik mendapat nilai dibawah standar KKM dengan persentase 9 68% sedangkan peserta didik mendapat nilai diatas standar KKM dengan persentase 90 32%. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan yaitu (1) bagi guru mata pelajaran Administrasi umum disarankan agar menggunakan model-model pembelajaran kooperatif dan variatif yang sudah ada dengan inofatif yang baru dari guru sendiri sesuai dengan tujuan pembelajaran. (2) Peserta didik hendaknya mempersiapkan diri terlebih dahulu sebelum melaksanakan proses pembelajaran didalam kelas agar mengerti dan memahami materi apa yang akan dipelajari. (3) Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat melakukan kegiatan penelitian lebih lanjut dan maksimal untuk menerapkan model-model baru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29386

Actions (login required)

View Item View Item