Pengaruh technostress guru terhadap efektivitas pembelajaran sd negeri se-kota tegal / Tiara Wilda Anantika - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh technostress guru terhadap efektivitas pembelajaran sd negeri se-kota tegal / Tiara Wilda Anantika

Anantika, Tiara Wilda Anantika (2023) Pengaruh technostress guru terhadap efektivitas pembelajaran sd negeri se-kota tegal / Tiara Wilda Anantika. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Guru di era sekarang ini dituntut untuk dapat mengintegrasikan teknologi dalam kegiatan pembelajaran. Hal ini dilakukan supaya bidang pendidikan dapat mengikuti perkembangan zaman. Dan diharapkan mampu untuk mencetak peserta didik yang siap dengan berbagai perubahan dan pembaharuan teknologi pada masa yang akan datang. Pada praktiknya bagi guru yang dapat memanfaatkan teknologi secara sehat akan merasa terbantu dengan adanya teknologi. Namun bagi guru yang tidak mahir menggunakan teknologi dan merasa jenuh karena menggunakan teknologi secara berlebihan akan merasa tertekan. Kejadian tersebut disebut technostress yang akan berdampak negatif pada psikis dan fisik. Sehingga guru yang mengalami technostress tidak akan efektif dalam kegiatan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan tingkat technostress guru SD Negeri se-Kota Tegal (2) mendeskripsikan efektivitas pembelajaran SD Negeri se-Kota Tegal (3) mengetahui pengaruh technostress guru terhadap efektivitas pembelajaran SD Negeri se-Kota Tegal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan penelitian deskriptif korelasional. Terdapat beberapa teknik analisis data yang digunakan yaitu (1) analisis deskriptif (2) pengujian asumsi (3) analisis korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah guru SD Negeri se-Kota Tegal yang berjumlah 950 guru. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Proporsional Random Sampling yakni perpaduan antara teknik Proporsional Sampling dan teknik Random Sampling. Sehingga diperoleh sampel penelitian sebanyak 157 guru. Hasil dari penelitian ini adalah tingkat technostress guru SD Negeri se-Kota Tegal tergolong dalam kategori rendah dengan presentase sebesar 69 4%. Begitu pula pada kelima sub variabel X yaitu techno-overload techno-invasion techno-complexity techno-insecurity dan techno-uncertainty termasuk kategori rendah. Hal ini berarti guru SD Negeri se-Kota Tegal memiliki tingkat technostress yang rendah. Efektivitas pembelajaran SD Negeri se-Kota Tegal tergolong dalam kategori sangat tinggi dengan presentase sebesar 64 3%. Pada keenam sub variabel Y yaitu (1) pengorganisasian pembelajaran berkategori sangat tinggi (2) komunikasi aktif berkategori sangat tinggi (3) penguasaan dan antusiasme berkategori tinggi (4) sikap positif terhadap siswa berkategori tinggi (5) pemberian ujian dan nilai yang adil berkategori rendah (6) keluwesan dalam pendekatan pembelajaran berkategori rendah. Sehingga dapat disimpulkan bahwa efektivitas pembelajaran SD Negeri se-Kota Tegal sangat tinggi. Terdapat pengaruh signifikan dengan arah negatif antara technostress guru terhadap efektivitas pembelajaran SD Negeri se-Kota Tegal. Artinya kenaikan pada skor variabel technostress guru akan menurunkan skor pada variabel efektivitas pembelajaran begitu pula ketika skor pada variabel technostress guru menurun maka akan meningkatkan skor pada variabel efektivitas pembelajaran. Saran yang dapat diberikan antara lain bagi (1) guru SD Negeri se-Kota Tegal dalam pembelajaran diharapkan untuk dapat meningkatkan pemberian nilai yang adil dan keluwesan dalam pendekatan pembelajaran (2) kepala sekolah SD Negeri se-Kota Tegal diharapkan lebih memperhatikan guru dalam memberikan nilai yang adil dan keluwesan dalam pendekatan pembelajaran melalui supervisi dan memberikan pelatihan bagi guru (3) pengembang kurikulum departemen administrasi pendidikan diharapkan pada matakuliah Manajemen Sumber Daya Manusia lebih banyak mengulas terkait manajemen stress karena saat ini manusia banyak yang mengalami stress termasuk guru (4) peneliti lain diharapkan dapat mengumpulkan data melalui pengamatan secara langsung agar mengurangi adanya perbedaan jawaban responden dengan keadaan yang sebenarnya. Sehingga data yang diperoleh lebih mendalam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Aug 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/293856

Actions (login required)

View Item View Item