Hubungan antara kompetensi manajerial kepala sekolah dan kinerja tenaga administrasi sekolah dengan kepuasan kerja tenaga administrasi sekolah di sma negeri kabupaten blitar / Galuh Armadani - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara kompetensi manajerial kepala sekolah dan kinerja tenaga administrasi sekolah dengan kepuasan kerja tenaga administrasi sekolah di sma negeri kabupaten blitar / Galuh Armadani

Armadani, Galuh Armadani (2023) Hubungan antara kompetensi manajerial kepala sekolah dan kinerja tenaga administrasi sekolah dengan kepuasan kerja tenaga administrasi sekolah di sma negeri kabupaten blitar / Galuh Armadani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Armadani Galuh. 2023. Hubungan antara Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah dan Kinerja Tenaga Administrasi Sekolah dengan Kepuasan Kerja Tenaga Administrasi Sekolah di SMA Negeri Kabupaten Blitar. Skripsi Departemen Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Djum Djum Noor Benty M.Pd. (II) Dr. Ahmad Yusuf Sobri S.Sos M.Pd. Kompetensi manajerial merupakan kemampuan individu dalam mengelola sumber daya potensial di lembaga pendidikan. Kinerja Tenaga Administrasi Sekolah merupakan hasil kinerja (performance) yang dicapai oleh TAS dalam merencanakan melakukan dan mengevaluasi kinerja dalam memberikan layanan baik kepada peserta didik maupun masyarakat dengan optimal. Kepuasan kerja merupakan perasaan seseorang mengenai pekerjaan yang dihasilkan oleh dirinya sendiri (internal) dan didukung dari luar (eksternal) atas keadaan kerja hasil kerja dan kerja itu sendiri. Faktor eksternal disini merupakan peran dari atasan yakni kepala sekolah dan lingkungan kerja. Oleh karena itu ketercapaian atau terwujudnya kinerja pegawai sangat bergantung kepada kemampuan manajerial kepala sekolah sehingga dapat menghasilkan kepuasan kerja bagi pegawai. Tujuan penelitian ini meliputi (1) mendeskripsikan tingkat kompetensi manajerial Kepala Sekolah di SMA Negeri Kabupaten Blitar (2) mendeskripsikan tingkat kinerja Tenaga Administrasi di SMA Negeri Kabupaten Blitar (3) mendeskripsikan tingkat kepuasan kerja Tenaga Administrasi Sekolah di SMA Negeri Kabupaten Blitar (4) mengetahui hubungan antara kompetensi manajerial Kepala Sekolah dan kepuasan kerja Tenaga Administrasi Sekolah di SMA Negeri Kabupaten Blitar (5) mengetahui hubungan antara kompetensi manajerial Kepala Sekolah dan Kinerja Tenaga Administrasi Sekolah di SMA Negeri Kabupaten Blitar (6) mengetahui hubungan antara kinerja Tenaga Administrasi Sekolah dan kepuasan kerja Tenaga Administrasi Sekolah di SMA Negeri Kabupaten Blitar (7) mengetahui hubungan antara kompetensi manajerial Kepala Sekolah dan Kinerja Tenaga Administrasi Sekolah dengan kepuasan kerja Tenaga Administrasi Sekolah di SMA Negeri Kabupaten Blitar. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif berdasarkan rancangan deskriptif korelasional. Penelitian menggunakan sampel 80. Teknik pengambilan sampel menggunakan Non Probability Sampling yakni dengan menggunakan Sampling Sensus atau Sampling Total. Lokasi penelitian adalah di SMA Negeri Kabupaten Blitar. Instrumen penelitian menggunakan angket tertutup. Analisis data dilakukan melalui program SPSS 25 for Windows dengan teknik analisis deskriptif korelasi Product Moment Pearson serta korelasi berganda. Penelitian ini menghasilkan (1) tingkat kompetensi manajerial Kepala Sekolah di SMA Negeri Kabupaten Malang termasuk pada kategori tinggi berdasarkan perolehan nilai mean sebesar 116 56 yang berada pada interval 115-120 (2) tingkat kinerja Tenaga Administrasi Sekolah di SMA Negeri Kabupaten Blitar termasuk pada kategori tinggi berdasarkan perolehan nilai mean sebesar 180 45 yang berada pada interval 177-184 (3) tingkat kepuasan kerja Tenaga Administrasi Sekolah di SMA Negeri Kabupaten Blitar termasuk pada kategori tinggi berdasarkan perolehan nilai mean sebesar 94 76 yang berada pada interval 93-98 (4) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kompetensi manajerial Kepala Sekolah dan kepuasan kerja Tenaga Administrasi Sekolah di SMA Negeri Kabupaten Blitar berdasarkan perolehan nilai koefisien korelasi sebesar 0 298 dan nilai signifikansi sebesar 0 007 (5) terdapat hubungan yang positif antara kompetensi manajerial Kepala Sekolah dan kinerja Tenaga Administrasi Sekolah di SMA Negeri Kabupaten Blitar berdasarkan perolehan nilai koefisien korelasi sebesar 0 245 dan nilai signifikansi sebesar 0 028 (6) terdapat hubungan yang positif antara kinerja Tenaga Administrasi Sekolah dan kepuasan kerja Tenaga Administrasi Sekolah di SMA Negeri Kabupaten Blitar berdasarkan perolehan nilai koefisien korelasi sebesar 0 864 dan nilai signifikansi sebesar 0 000 (7) secara simultan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kompetensi manajerial Kepala Sekolah dan kinerja Tenaga Administrasi Sekolah dengan kepuasan kerja Tenaga Administrasi Sekolah di SMA Negeri Kabupaten Blitar berdasarkan perolehan nilai koefisien korelasi sebesar 0 869 koefisien determinan sebesar 0 755 dan nilai signifikansi sebesar 0 000. Saran penelitian ditujukan pada (1) Kepala SMA Negeri Kabupaten Blitar Berdasarkan simpulan bahwa seluruh variabel termasuk kategori tinggi sehingga dapat melakukan pembinaan dan motivasi secara berkala kepada Tenaga Administrasi Sekolah. Namun jika dilihat dari deskripsi masing-masing sub-variabel dapat diketahui bahwa sub-variabel pengawasan memperoleh nilai mean paling rendah dibanding sub-variabel lain. Sehingga dapat diberikan rekomendasi untuk meningkatkan proses pengawasan kinerja tenaga administrasi sekolah selama proses menjalani tugas dan tanggung jawabnya (2) Tenaga Administrasi Sekolah di SMA Negeri Kabupaten Blitar dapat diketahui seluruh variabel termasuk pada kategori tinggi sehingga diharapkan dapat mempertahankan kinerja yang dimiliki dan kepuasan kerja yang dihasilkan dengan upaya mengikuti kegiatan workshop pelatihan dan pihak sekolah dapat mendatangkan narasumber guna menambah wawasan dan keahlian dengan latar pendidikan diploma dan Sarjana sedangkan yang latar belakang pendidikan SMP dan SMA/SMK dapat meningkatkan kinerjanya melalui studi lanjut diploma ataupun Sarjana. Namun jika dilihat dari deskripsi masing-masing sub-variabel nilai mean terendah merupakan sub-variabel penerapan teknologi informasi dan komunikasi sehingga dapat mengikuti pelatihan untuk dapat mengembangkan skill dan pengetahuan terkait teknologi informasi dan komunikasi lebih dalam. Sedangkan jika dilihat dari sub variabel kepuasan kerja nilai mean terendah merupakan sub-variabel kelompok kerja sehingga dapat dilakukan dengan meningkatkan komunikasi dan koordinasi secara berkala (3) Ketua Departemen Administrasi Pendidikan diharapkan dapat mengadakan berbagai seminar ataupun pelatihan bagi mahasiswa mengenai kompetensi manajerial Kepala Sekolah kinerja Tenaga Administrasi Sekolah dan kepuasan kerja Tenaga Administrasi Sekolah. Hal ini sangat bermanfaat sebagai bekal dan ilmu tambahan bagi mahasiswa untuk terjun di lapangan kerja pada dunia pendidikan (4) Mahasiswa Departemen Administrasi Pendidikan dan Peneliti lain diharapkan dapat melakukan melakukan penelitian serupa dengan menekankan pada variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Aug 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/293853

Actions (login required)

View Item View Item