Manajemen pembelajaran pada sekolah inklusi berbasis islam guna mewujudkan generasi rabbani (studi kasus di sdi al azhaar tulungagung) / Luthfia Amanda Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Manajemen pembelajaran pada sekolah inklusi berbasis islam guna mewujudkan generasi rabbani (studi kasus di sdi al azhaar tulungagung) / Luthfia Amanda Sari

Sari, Luthfia Amanda Sari (2023) Manajemen pembelajaran pada sekolah inklusi berbasis islam guna mewujudkan generasi rabbani (studi kasus di sdi al azhaar tulungagung) / Luthfia Amanda Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Proses pembelajaran di sekolah yang menerapkan pendidikan inklusi dilakukan berdasarkan kurikulum yang berlaku kemudian oleh sekolah diterapkan dengan mempertimbangkan kebutuhan dan kemampuan dari peserta didik khususnya Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Pada Lembaga Pendidikan berbasis Islam yang menyelenggarakan pendidikan inklusi dalam pemberian materi ajar mengikuti kurikulum tambahan/khusus yang telah diterapkan. Serangkaian kegiatan pembelajaran khususnya yang dilakukan kelas reguler (inklusi penuh) yang terdapat peserta didik berkebutuhan khusus program pembelajaran serta model kurikulum yang diterapkan di kelas reguler tidak lepas dari kegiatan Manajemen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui serangkaian kegiatan manajemen pembelajaran yang dilakukan di kelas reguler yang menjalankan pendidikan inklusi. Khususnya bagaimana kegiatan perencanaan pembelajaran pengaturan dan pembinaan oleh Guru yang bertanggung jawab di kelas reguler serta kegiatan evaluasi yang diterapkan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis rancangan penelitian studi kasus. Lokasi penelitian berlatar di SDI Al Azhaar Tulungagung. Informan kunci penelitian yakni Waka Kurikulum dan Koordinator Inklusi serta Kepala Sekolah Wali Kelas Guru Pembimbing Khusus (GPK) Guru Bidang Studi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara observasi dan studi dokumenter. Analisis data yang didapat dilakukan dengan pengumpulan data kondensasi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Selanjutnya hasil analisis data dilakukan keabsahan data dengan uji kredibilitas dengan cara triangulasi pengecekan anggota dan meningkatkan ketekunan serta dengan melakukan uji transferabilitas. Hasil temuan yang telah terangkum yakni pada kelas reguler yang menyelenggarakan pendidikan inklusi guna mewujudkan generasi rabbani dilakukan melalui tahap perencanaan dengan membuat Lesson Plan pada awal semester yang ditujukan pada seluruh peserta didik yang ada di kelas reguler. Lesson Plan disusun awal semester dengan menyusun tujuan pembelajaran Kompetensi Dasar Indikator Pembelajaran. Pada kegiatan pembinaan dan pembiasaan diri peserta didik dilakukan melalui pembelajaran Al Qur rsquo an dan Tahfidz diawal pembelajaran yang memang kurikulum khas Al Azhaar dan pembiasaan diri peserta didik dengan wajib melaksanakan sholat wajib dan sunnah berjamaah menjaga wudhu adab dan perilaku. Pengorganisasian pembelajaran dengan pengaturan guru secara paralel dalam setiap jenjang kelas dari kelas 1 ndash 6 serta semua guru harus bisa mengaji dan terus mengembangkan kemampuannya. Pelaksanaan pembelajaran umum dilakukan di dalam kelas serta pembelajaran Al Qur rsquo an dilakukan sesuai halaqohnya. Pelaksanaan pembelajaran dan pengkondisiannya dalam kelas reguler merupakan tanggungjawab penuh dari guru pengajar sesuai jadwal dengan dibantu oleh GPK. Tidak ada perbedaan dalam pemberian materi ajar bagi peserta didik biasa maupun ABK. Evaluasi yang berpusat pada peserta didik dalam penilaian hasil belajarnya dilakukan melalui ulangan harian PTS dan PAS serta output yang dihasilkan adalah portofolio yang berguna bagi peserta didik sebagai kenangan dalam usaha belajarnya serta melatih percaya diri dan tanggung jawab anak untuk menyampaikan hasil belajarnya selama di sekolah. Generasi rabbani dari peserta didik di sekolah tersebut dapat diwujudkan dengan melakukan pembinaan dan pembiasaan diri pada setiap peserta didik baik dalam pembelajaran di dalam kelas maupun diluar kelas saat pembelajaran Al Qur rsquo an sebagai upaya utama dalam membentuk generasi rabbani yang juga merujuk pada indikator rabbani yakni indikator keimanan indikator keilmuan indikator akhlak indikator sosial dan indikator kepemimpinan. serangkaian kegiatan manajemen tersebut melibatkan diantaranya yang utama adalah guru bidang studi waka kurikulum koordinator inklusi serta GPK wali kelas dan Kepala sekolah. Saran dari hasil penelitian ini adalah bagi (1) Kepala SDI Al Azhaar dapat digunakan sebagai referensi kajian dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas reguler yang menjalankan pendidikan inklusi guna mewujudkan generasi rabbani di SDI Al Azhaar Tulungagung (2) Guru pengajar di SDI Al Azhaat dapat digunakan sebagai referensi dan refleksi dalam pengembangan pembelajaran di kelas tersebut (3) Mahasiswa Departemen Administrasi Pendidikan dapat dijadikan referensi kajian untuk penelitian yang selanjutnya guna memperkaya penelitian dengan topik manajemen inklusi (4) Peneliti lain dapat digunakan untuk pengambilan data kajian hasil penelitian untuk memperkaya referensi dalam menyusun makalah artikel maupun karya tulis lainnnya

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Aug 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/293852

Actions (login required)

View Item View Item