Pengembangan Modul Teknologi Perkantoran Berbasis Learning Cycle 5E untuk meningkatkan Hasil Belajar (Studi pada Peserta Didik Kelas X OTKP di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen) / Dimas Dwi Prayoga - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan Modul Teknologi Perkantoran Berbasis Learning Cycle 5E untuk meningkatkan Hasil Belajar (Studi pada Peserta Didik Kelas X OTKP di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen) / Dimas Dwi Prayoga

Prayoga, Dimas Dwi (2018) Pengembangan Modul Teknologi Perkantoran Berbasis Learning Cycle 5E untuk meningkatkan Hasil Belajar (Studi pada Peserta Didik Kelas X OTKP di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen) / Dimas Dwi Prayoga. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Prayoga Dimas Dwi. 2018. Pengembangan Modul Teknologi Perkantoran Berbasis Learning Cycle 5E untuk meningkatkan Hasil Belajar (Studi pada Peserta Didik Kelas X OTKP di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Pembimbing Drs. I Nyoman Suputra M.Si. Kata kunci modul learning cycle 5E hasil belajar Penelitian pengembangan modul ini bertujuan untuk (1) Untuk menghasilkan bahan ajar berupa modul Teknologi Perkantoran berbasis Learning Cycle 5E untuk peserta didik kelas X Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran (2) Untuk mengetahui kelayakan modul Teknologi Perkantoran melalui uji validasi (3) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik menggunakan modul Teknologi Perkantoran berbasis Learning Cycle 5E dan peserta didik yang tidak menggunakan modul Teknologi Perkantoran berbasis Learning Cycle 5E. Metode penelitian pengembangan yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan Borg Gall yang telah dimodifikasi berdasarkan pada kebutuhan waktu keadaan lapangan dan biaya penelitian yaitu (1) Potensi dan masalah (2) Pengumpulan data (3) Penyusunan draft produk awal (4) Uji ahli modul dan materi (5) Revisi draft produk (6) Uji kelompok kecil (7) Penyempurnaan produk (8) Uji kelompok besar. Validasi modul dilaksanakan oleh 1 ahli modul 1 ahli materi dan 35 peserta didik. Jenis data yang terdapat dalam penelitian pengembangan ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah observasi pedoman wawancara angket/kuisioner tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk mengukur kelayakan modul perhitungan nilai dengan skala Likert. Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah menggunakan Independent Sample T-test program SPSS 16.0. Berdasarkan penelitian yang dilakukan diperoleh hasil validasi ahli modul sebesar 72 % dengan kriteria valid ahli materi sebesar 84% dengan kriteria sangat valid dan peserta didik (uji kelompok kecil) sebesar 80% dengan kriteria sangat valid. Hasil dari post test siswa kelas ekperimen dan kelas kontrol menunjukkan adanya perbedaan. rata-rata hasil belajar peserta didik sebesar 8 31 kelas eksperimen sebesar 85 71 sedangkan kelas kontrol sebesar 77 39. Berdasarkan perbandingan nilai post test tersebut menunjukkan bahwa modul Teknologi Perkantoran berbasis Learning Cycle 5E yang dikembangkan oleh peneliti dapat meningkatkan hasil belajar. Kajian dari produk penelitian pengembangan ini adalah (1) Produk yang dihasilkan berupa modul berbasis Learning Cycle 5E sebagai sumber belajar pada mata pelajaran Teknologi Perkantoran (2) modul Teknologi Perkantoran berbasis Learning Cycle 5E dinyatakan valid dan layak untuk digunakan (3) berdasarkan hasil post test terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. ii Saran pemanfaatan untuk peserta didik antara lain (1) Peserta didik disarankan untuk mempelajari materi terlebih dahulu sebelum memulai proses pembelajaran (2) Apabila ada hal-hal yang tidak dimengerti tanyakan kepada guru pengajar. Saran pemanfaatan bagi guru antara lain (1) guru diharapkan memperhatikan petuntuk penggunaan modul hasil pengembangan (2) Guru diharapkan memahami materi serta konsep yang digunakan dalam modul hasil pengembangan. Saran pengembangan produk lebih lanjut pada penelitian dan pengembangan ini antara lain (1) Adanya pengembangan lebih lanjut pada kompetensi dasar yang lain (2) Perlu diadakan penelitian lebih lanjut mengenai penggunaan modul hasil pengembangan dalam desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan fokus penelitian pada penggunaan modul pembelajaran berbasis Learning Cycle 5E untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 23 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29385

Actions (login required)

View Item View Item