Pengaruh kepemimpinan transformasional kepala Sekolah dan Budaya Sekolah terhadap kinerja guru dalam pelaksanaan kurikulum merdeka pada Sekolah penggerak tingkat SMP di Kabupaten Jombang / Silvia Annabila</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kepemimpinan transformasional kepala Sekolah dan Budaya Sekolah terhadap kinerja guru dalam pelaksanaan kurikulum merdeka pada Sekolah penggerak tingkat SMP di Kabupaten Jombang / Silvia Annabila</p>

Annabila, Silvia (2023) Pengaruh kepemimpinan transformasional kepala Sekolah dan Budaya Sekolah terhadap kinerja guru dalam pelaksanaan kurikulum merdeka pada Sekolah penggerak tingkat SMP di Kabupaten Jombang / Silvia Annabila</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kinerja guru dalam pelaksanaan kurikulum merdeka merupakan aktivitas guru dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar meliputi tahapan merencanakan pembelajaran melaksanakan pembelajaran dan penilaian pembelajaran. Pada konteks ini kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan budaya sekolah memiliki peran penting untuk kinerja guru. Kepemimpinan transformasional adalah gaya kepemimpinan kepala sekolah yang memotivasi anggotanya untuk melakukan kinerjanya secara maksimal untuk mencapai tujuan organisasi. Sedangkan budaya sekolah adalah nilai-nilai identitas yang menjadi pedoman setiap sekolah untuk melaksanakan aktivitas di sekolah. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui 1) tingkat kepemimpinan transformasional kepala sekolah 2) tingkat budaya sekolah 3) tingkat kinerja guru dalam pelaksanaan kurikulum merdeka 4) pengaruh kepemimpinan transformasional terhadap kinerja guru dalam pelaksanaan kurikulum merdeka 5) pengaruh budaya sekolah terhadap kinerja guru dalam pelaksanaan kurikulum merdeka dan 6) pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan budaya sekolah terhadap kinerja guru dalam pelaksanaan kurikulum merdeka. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu jenis pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif korelasional. Adapun lokasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu di Sekolah Penggerak tingkat SMP di Kabupaten Jombang. Untuk populasi dalam penelitian ini yaitu Guru dengan jumlah 119 orang dengan teknik pengambilan sampel jenuh (keseluruhan populasi). Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif berbantuan software IBM SPSS Statistic 25 dan teknik Partial Least Square (PLS) berbantuan software SmartPLS 3.0. Hasil dalam penelitian ini yaitu meliputi 1) tingkat kepemimpinan transformasional kepala sekolah termasuk dalam kategori sangat tinggi 2) tingkat budaya sekolah termasuk dalam kategori sangat tinggi 3) tingkat kinerja guru dalam pelaksanaan kurikulum merdeka termasuk dalam kategori tinggi 4) terdapat pengaruh positif tidak signifikan kepemimpinan transformasional terhadap kinerja guru dalam pelaksanaan kurikulum merdeka 5) terdapat pengaruh positif signifikan budaya sekolah terhadap kinerja guru dalam pelaksanaan kurikulum merdeka 6) pengaruh kepemimpinan transformasional dan budaya sekolah terhadap kinerja guru dalam pelaksanaan kurikulum merdeka secara bersamaan menyumbang sebesar 42 4% sedangkan sisanya 57 6% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian yang dilakukan oleh peneliti. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan maka dapat disarankan kepada 1) Kepala Sekolah Penggerak tingkat SMP di Kabupaten Jombang agar menjadi pertimbangan untuk menggunakan gaya kepemimpinan yang sesuai dengan situasi dan kondisi sekolah untuk menunjang kinerja guru 2) Guru Sekolah Penggerak tingkat SMP di Kabupaten Jombang agar selalu berupaya meningkatkan kinerjanya dalam melaksanakan pembelajaran kurikulum merdeka 3) Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang agar memberikan perhatian kepada sekolah terkait melalui kepala sekolah untuk besar harapan guru dapat meningkatkan kinerja dalam pembelajaran 4) Kepala Departemen Administrasi Pendidikan agar hasil penelitian ini dapat menjadi salah satu referensi untuk memperdalam pengetahuan bagi Mahasiswa Administrasi Pendidikan 5) Peneliti lain agar memperluas penelitian secara mendalam dengan menambahkan variabel lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jun 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/293841

Actions (login required)

View Item View Item