Pengaruh lingkungan belajar dan fasilitas belajar di rumah terhadap prestasi belajar peserta didik kelas X Administrasi Perkantoran pada mata pelajaran Teknologi Perkantoran di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi / Triana Devina

Devina, Triana (2018) Pengaruh lingkungan belajar dan fasilitas belajar di rumah terhadap prestasi belajar peserta didik kelas X Administrasi Perkantoran pada mata pelajaran Teknologi Perkantoran di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi / Triana Devina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Devina, T. 2018. Pengaruh Lingkungan Belajar dan Fasilitas Belajar di Rumah Terhadap Prestasi Belajar Kelas X Pada Mata Pelajaran Teknologi Perkantoran di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi. Skripsi. Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. Sarbini, M.Pd. Kata kunci: lingkungan belajar, fasilitas belajar di rumah, prestasi belajar Pendidikan adalah usaha sadar yang dilakukan oleh keluarga, masyarakat dan pemerintah melalui kegiatan pembelajaran yang berlangsung di sekolah dan di luar sekolah sepanjang hayat untuk mempersiapkan peserta didik agar dapat memainkan peranan dalam berbagai lingkungan hidup secara tepat di masa yang akan datang. Peserta didik memiliki kebutuhan yang terus tumbuh dan berkembang sesuai dengan sifat dan karakteristiknya sebagai manusia. Karakteristik peserta didik sebagai keseluruhan kemampuan dan perilaku yang ada pada pribadi mereka sebagai hasil hubungannya antara pembawaan dengan lingkungan sosialnya yang dapat menentukan dalam mewujudkan harapan meraih masa depan. Oleh sebab itu sekolah sebagai pusat pendidikan harus dapat menjalankan tujuan pendidikan secara optimal dengan membentuk karakter peserta didik yang berkualitas. Usaha untuk mewujudkan tujuan pendidikan tidak lepas dari peran seorang guru, orang tua dan masyarakat untuk menciptakan kondisi lingkungan belajar yang kondusif dan mengoptimalkan fasilitas belajar di rumah . Untuk meningkatkan prestasi belajar yang baik, secara umum ada dua faktor yang mempengaruhi belajar peserta didik yaitu faktor internal dan faktor eksternal, misalnya lingkunga belajar, fasilitas belajar di rumah, dan sebagainya. Lingkungan belajar yang kondusif akan menumbuhkan semangat serta motivasi peserta didik terhadap proses pembelajaran untuk mendapatkan hasil yang baik. Selain lingkungan belajar peserta didik, fasilitas belajar di rumah juga berpengaruh terhadap prestasi belajar. Fasilitas belajar di rumah peserta didik diperlukan agar peserta didik lebih giat untuk mencapai prestasi belajar yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kondisi lingkungan belajar, fasilitas belajar di rumah, dan prestasi belajar peserta didik; (2) pengaruh lingkungan belajar terhadap prestasi belajar; (3) pengaruh fasilitas belajar di rumah terhadap prestasi belajar; (4) pengaruh lingkungan belajar dan fasilitas belajar di rumah terhadap prestasi belajar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif-korelasional yaitu penelitian dengan tujuan untuk memperoleh gambaran tentang variabel yang diteliti dan menemukan ada tidaknya pengaruh antar masing-masing variabel. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah lingkungan belajar (X1) dan fasilitas belajar di rumah (X2) dengan variabel terikat prestasi belajar (Y). Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi yang berjumlah 41 peserta didik. Pengambilan sampel ini menggunakan teknik proportional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Dalam penelitian ini menggunakan tiga model uji asumsi klasik, yaitu: (1) uji normalitas; (2) uji heteroskedastisitas; (3) uji multikolinearitas. Teknik analisis data yang digunakan ii dalam penelitian ini yaitu; (1) analisis statistik deskriptif; (2) analisis regresi linier berganda; (3) uji t; (4) uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) lingkungan belajar pada peserta didik dapat diklasifikasikan baik, fasilitas belajar di rumah peserta didik baik dan sebagian besar peserta didik memiliki prestasi belajar yang baik; (2) ada pengaruh positif yang signifikan antara lingkungan belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran Teknologi Perkantoran peserta didik kelas X; (3) ada pengaruh positif yang signifikan antara fasilitas belajar di rumah terhadap prestasi belajar mata pelajaran Teknologi Perkantoran peserta didik kelas X; (4) ada pengaruh positif yang signifikan antara lingkungan belajar dan fasilitas belajar di rumah terhadap prestasi belajar mata pelajaran Teknologi Perkantoran peserta didik kelas X. Dari hasil penelitian ini, peneliti menyarankan (1) Bagi guru perlu meningkatkan lingkungan belajar dan fasilitas belajar di rumah peserta didik, dan menjelaskan hal-hal yang menarik dan berguna bagi kehidupan peserta didik serta memotivasi dan mendorong peserta didik untuk mengembangkan kemampuan yang dimilikinya sehingga dapat menunjang prestasi belajar peserta didik; (2) Bagi peserta didik diharapkan agar lebih memperhatikan lingkungan belajarnya dan mengoptimalkan fasilitas belajar di rumah sehingga prestasi belajar menjadi maksimal; (3) Bagi orang tua hendaknya memberikan bimbingan ketika anak mengalami kesulitan dalam belajar dan memberikan dorongan kepada anak untuk lebih giat belajar. Orang tua juga harus mengontrol kegiatan anak agar prestasi belajar menjadi optimal; (4) Bagi peneliti selanjutnya yang tertarik dengan penelitian ini, sebaiknya dilakukan penelitian lebih lanjut tentang faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi prestasi belajar peserta didik misalnya kemandirian belajar, minat belajar, sumber belajar dan kepercayaan diri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29384

Actions (login required)

View Item View Item