Hubungan pembelajaran berbasis entrepreneurship dengan minat berwirausaha siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri di Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung / Nafida Lucky Rosabela</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan pembelajaran berbasis entrepreneurship dengan minat berwirausaha siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri di Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung / Nafida Lucky Rosabela</p>

Rosabela, Nafida Lucky (2021) Hubungan pembelajaran berbasis entrepreneurship dengan minat berwirausaha siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri di Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung / Nafida Lucky Rosabela</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendidikan berbasis kewirausahaan saat ini sangat memungkinkan untuk mencetak generasi yang diharapkan untuk mengembangkan usaha-usaha yang ada di dalam negeri. Siswa tidak hanya diberikan teori-teori tentang bisnis tapi juga mempraktekkan langsung pembelajarannya dalam suatu bisnis. Dengan demikian maka diusulkan sebuah penelitian berjudul ldquo Hubungan Pembelajaran Berbasis Entrepreneurship dengan Minat Berwirausaha Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri di Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung rdquo untuk mengetahui bagaimana hal ini terjadi di Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung. Tujuan dari penelitian ini (a) mengetahui pentingnya pembelajaran berbasis entrepreneurship siswa SMK Negeri di Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung (b) mengetahui seberapa tinggi minat berwirausaha siswa SMK Negeri di Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung (c) mengetahui hubungan pembelajaran entrepreneurship terhadap minat berwirausaha siswa SMK Negeri di Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung. Berdasarkan pendekatannya termasuk dalam penelitian kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa-siswi SMK Negeri di Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung semester ganjil 2020/2021 dengan total jumlah sampel 339 siswa. Metode pengumpulan data variabel (X dan Y) menggunakan kuisioner yang disusun dengan menyediakan 4 alternatif jawaban yaitu SL (Selalu) SR (Sering) JR (Jarang) TP (Tidak Pernah). Untuk menguji validitas skala menggunakan validitas isi (Content Validity). Reliabilitas diuji dengan menggunakan teknik Alpha Cronbach dan perhitungannya menggunakan program SPSS 22.0 for Windows. Data kedua variabel diolah dengan menggunakan teknik korelasi Product Moment dengan taraf signifikansi 1 %. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Pembelajaran berbasis kewirausahaan di Sekolah Menengh Kejuruan Negeri di Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung tergolong baik 2) minat berwirausaha siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri di Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung tergolong tinggi dan 3) terdapat hubungan positif dan signifikan pada pembelajaran berbasis entrepreneurship dengan minat berwirausaha siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri di Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung. Hal ini ditunjukkan dengan hasil pengujian regresi sederhana koefisien regresi X sebesar 0 111 menyatakan bahwa setiap penambahan 1% nilai variabel X maka nilai variabel Y bertambah sebesar 0 111. Koefisiensi regresi tersebut bernilai positif sehingga dapat dikatakan bahwa arah pengaruh variabel X terhadap y adalah positif dan persamaan garis linier sederhana Y 288 125 0 111X.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 11 Jul 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/293833

Actions (login required)

View Item View Item