Manajemen ekstrakurikuler di Madrasah Ibtidaiyah sebagai wahana mendidik karakter peserta didik (studi multi situs di MI Manarul Islam dan MI Khadijah Kota Malang) / Erra Sanianingtyas</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Manajemen ekstrakurikuler di Madrasah Ibtidaiyah sebagai wahana mendidik karakter peserta didik (studi multi situs di MI Manarul Islam dan MI Khadijah Kota Malang) / Erra Sanianingtyas</p>

Sanianingtyas, Erra (2023) Manajemen ekstrakurikuler di Madrasah Ibtidaiyah sebagai wahana mendidik karakter peserta didik (studi multi situs di MI Manarul Islam dan MI Khadijah Kota Malang) / Erra Sanianingtyas</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Manajemen ekstrakurikuler merupakan salah satu proses manajemen pendidikan mulai dari perencanaan pengorganisasian pelaksanaan dan pengawasan. Manajemen ekstrakurikuler sangat perlu dilakukan untuk membentuk karakter peserta didik terkait pendidikan karakter yang dilakukan sekolah. Sebab peserta didik memiliki berbagai macam emosional mental maupun intelektual. Kegiatan ekstrakurikuler tersebut disesuaikan dengan visi sekolah sehingga dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) proses perencanaan kegiatan ekstrakurikuler sebagai wahana mendidik karakter peserta didik di MI Manarul Islam dan MI Khadijah Kota Malang (2) proses pengorganisasian kegiatan ekstrakurikuler sebagai wahana mendidik karakter peserta didik di MI Manarul Islam dan MI Khadijah Kota Malang (3) proses pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler sebagai wahana mendidik karakter peserta didik di MI Manarul Islam dan MI Khadijah Kota Malang (4) proses pengawasan kegiatan ekstrakurikuler sebagai wahana mendidik karakter peserta didik di MI Manarul Islam dan MI Khadijah Kota Malang (5) faktor pendukung manajemen ekstrakurikuler sebagai wahana mendidik karakter peserta didik di MI Manarul Islam dan MI Khadijah Kota Malang (6) faktor penghambat manajemen ekstrakurikuler sebagai wahana mendidik karakter peserta didik di MI Manarul Islam dan MI Khadijah Kota Malang dan (7) upaya pemecahan masalah dalam manajemen ekstrakurikuler sebagai wahana mendidik karakter peserta didik di MI Manarul Islam dan MI Khadijah Kota Malang. Pendekatan dalam penelitian ini adalah melalui pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang dipakai yakni studi multi situs. Lokasi penelitian ini di MI Manarul Islam dan MI Khadijah Kota Malang. Teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam observasi dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini yakni kepala madrasah korbid kesiswaan koordinator ekstrakurikuler dan guru atau pembina ekstrakurikuler. Pengumpulan data penelitian diperoleh dari hasil reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dalam pengecekan keabsahan data peneliti menerapkan ketekunan pengamatan triangulasi dan kecukupan bahan referensi. Simpulan penelitian ini menunjukkan bahwa (1) proses perencanaan kegiatan ekstrakurikuler berupa melakukan musyawarah tiap tahahunnya dengan beberapa tahap yaitu penetapan tujuan penetapan pihak yang terlibat penetapan jenis ekstrakurikuler dan langkah-langkah penetapan perencanaan (2) proses pengorganisasian kegiatan ekstrakurikuler sudah terstruktur terdiri dari kepala madrasah korbid kesiswaan koordinator ekstrakurikuler pembina ekstrakurikuler dan peserta didik (3) proses pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler meliputi proses pengarahan pengkoordinasian dan pengkomunikasian serta disesuaikan dengan perencanaan tiap tahunnya dan berdampak terhadap pembentukan karakter peserta didik yaitu bekerja sama religius bertoleransi saling membantu integritas menghormati perbedaan sportifitas menjaga kebersihan melatih kepemimpinan disiplin mandiri percaya diri bertanggungjawab ketaatan pantang menyerah bekerja keras berkonsentrasi dan fokus (4) proses pengawasan kegiatan ekstrakurikuler dilakukan melalui pemantauan atau pengawasan penilaian dan pelaporan yang berguna untuk memperbaiki program selanjutnya (5) faktor pendukung kegiatan ekstrakurikuler yakni SDM prasarana dan dukungan dari wali murid (6) faktor penghambat manajemen ekstrakurikuler yaitu keterbatasan biaya dana BOS yang belum dianggarkan terbatasnya sarana terkadang peserta didik merasa bosan ketidakhadiran guru faktor cuaca hujan (7) upaya pemecahan masalah dalam manajemen ekstrakurikuler yaitu melakukan musyawarah dan evaluasi dalam forum rapat pada akhir tahun ajaran mencari lahan pengganti apabila terjadi cuaca buruk menjadwalkan pada hari yang tidak terlalu padat mengupayakan penambahan fasilitas-fasilitas dan peningkatan mutu SDM sebelum kegiatan berjalan pihak madrasah mengomunikasikan dan memberi surat edaran kepada orang tua ketidakhadiran pelatih yang mencapai lebih dari tiga kali maka pelatih akan diganti. Berdasaran simpulan penelitian ini dapat disarankan kepada (1) Kepala Madrasah dengan adanya penelitian ini dapat menjadi masukan bagi kepala madrasah dalam pengambilan kebijakan sebagai upaya mengembangkan kegiatan ekstrakurikuler di madrasah (2) Koordinator Bidang Kesiswaan hendanya melakukan pengawasan secara langsung pada saat kegiatan berlangsung sehingga mengetahui apa saja hal yang kurang ataupun perlu perbaikan pada kegiatan ekstrakurikuler (3) Pembina Ekstrakurikuler hendaknya meningkatkan komunikasi dengan peserta ekstrakurikuler agar tidak terjadi miss komunikasi dan mengembangkan program kegiatan ekstrakurikuier sehingga ekstrakurikuler mempunyai program kegiatan yang lebih baik (4) Peserta Ekstrakurikuler hendaknya meningkatkan ketertiban dalam melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler dan juga menyeimbangkan antara kegiatan akademik dan non akademik sehingga tidak teralu condong ke kegiatan ekstrakurikuler (5) Peneliti Lain disarankan hasil penelitian ini dapat dijadikan referensi bagi peneliti lain yang akan menyusun skripsi dengan tema yang berkaitan dengan manajemen ekstrakurikuler. Selain itu peneliti lain dapat melakukan penelitian mengenai dampak ekstrakurikuler terhadap perkembangan karakter peserta didik di sekolah yang mana penelitian tersebut masih jarang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jul 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/293831

Actions (login required)

View Item View Item