Pengaruh minat belajar dan pemanfaatan sumber belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran teknologi perkantoran di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi ÔÇô Malang / Venny Alfiolita Yolanda - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh minat belajar dan pemanfaatan sumber belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran teknologi perkantoran di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi ÔÇô Malang / Venny Alfiolita Yolanda

Yolanda, Venny Alfiolita (2018) Pengaruh minat belajar dan pemanfaatan sumber belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran teknologi perkantoran di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi ÔÇô Malang / Venny Alfiolita Yolanda. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Yolanda Venny Alfiolita. 2018. Pengaruh Minat Belajar dan Pemanfaatan Sumber Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Teknologi Perkantoran di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi. Skripsi. Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. I Nyoman Suputra M.Si Kata kunci minat belajar pemanfaatan sumber belajar hasil belajar Minat belajar merupakan sumber motivasi yang kuat untuk mencapai keberhasilan. Tanpa adanya minat belajar dalam diri peserta didik maka akan mengakibatkan kurang optimalnya hasil belajar dalam proses pembelajaran. Selain minat belajar pemanfaatan sumber belajar juga berpengaruh terhadap hasil belajar. Sumber belajar diperlukan agar peserta didik dapat mengoptimalkan dan memanfaatkan sumber belajar yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Kondisi minat belajar pemanfaatan sumber belajar dan hasil belajar peserta didik (2) Pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar (3) Pengaruh pemanfaatan sumber belajar terhadap hasil belajar Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif-kuantitatif yaitu penelitian dengan tujuan untuk memperoleh gambaran tentang variabel yang diteliti dan menemukan ada tidaknya pengaruh antar masing-masing variabel. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah minat belajar (X1) dan pemanfaatan sumber belajar (X2) dengan variabel terikat hasil belajar (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi yang berjumlah 47 peserta didik. Sampel yang diambil sebanyak 42 peserta didik dengan menggunakan teknik proportional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif dan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Minat belajar pada peserta didik dapat diklasifikasikan baik pemanfaatan sumber belajar peserta didik baik dan sebagian besar peserta didik memiliki hasil belajar yang baik (2) Ada pengaruh positif dan signifikan antara minat belajar terhadap hasil belajar peserta didik kelas X mata pelajaran Teknologi Perkantoran (3) Ada pengaruh positif dan signifikan antara pemanfaatan sumber belajar terhadap hasil belajar peserta didik kelas X mata pelajaran Teknologi Perkantoran. Dari hasil penelitian ini peneliti menyarankan (1) Bagi guru perlu meningkatkan minat belajar dengan cara melakukan pendekatan yang lebih agar dapat menumbuhkan minat belajar peserta didik serta berperan menyediakan sumber belajar yang dapat menunjang proses belajar mengajar salah satunya dengan menggunakan media pembelajaran pada saat kegiatan belajar berlangsung agar hasil belajar yang diperoleh peserta didik dapat meningkat (2) Bagi peserta didik yang minat belajarnya masih dalam kategori kurang hendaknya lebih ditingkatkan lagi dan menyarankan agar sumber belajar yang ada baik di sekolah maupun lingkungan sekitar dapat dimanfaatkan (3) Bagi peneliti selanjutnya diharapkan melakukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui variabel-variabel lain yang dapat mempengaruhi hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29383

Actions (login required)

View Item View Item