Pengembangan modul teknologi perkantoran berbasis discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran di SMK PGRI 6 Malang / Imas Nurul Hidayah

Hidayah, Imas Nurul (2018) Pengembangan modul teknologi perkantoran berbasis discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran di SMK PGRI 6 Malang / Imas Nurul Hidayah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Hidayah, Imas Nurul. 2018. Pengembangan Modul Teknologi Perkantoran Berbasis Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran di SMK PGRI 6 Malang. Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Heny Kusdiyanti, S.Pd., M.M. Kata Kunci: Pengembangan Modul, Discovery Learning, Teknologi Perkantoran, Hasil Belajar. Perkembangan pendidikan saat ini semakin pesat dibuktikan dengan adanya penerapan Kurikulum 2013 yang penggunaannya mulai diberlakukan untuk seluruh sekolah. Dengan penerapan kurikulum baru tentunya ada tantangan tersendiri yang dialami masing-masing sekolah, salah satunya dengan adanya penerapan kurikulum baru terdapat perubahan pada bahan ajar, penambahan mata pelajaran mengakibatkan sekolah yang memiliki sedikit fasilitas bahan ajar harus menyediakan bahan ajar baru yang sesuai dengan pelaksanaan Kurikulum 2013 yang bercirikan peserta didik sebagai pusat dari aktivitas belajar. Modul merupakan salah satu bahan ajar yang dapat membantu peserta didik belajar secara mandiri memahami materi pembelajaran tanpa guru sebagai sumber pembelajaran tunggal. Salah satu modul yang dapat meningkatkan analisis peserta didik dalam menemukan konsep materi yaitu modul berbasis discovery learning. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk: (1) Menghasilkan Modul Mata Pelajaran Teknologi Perkatoran Berbasis Discovery Learning pada Kompetensi Dasar Menerapkan Prosedur Kegiatan Rapat untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik kelas X Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran di SMK PGRI 6 Malang; (2) Mengetahui kelayakan modul yang telah dikembangkan melalui hasil validasi ahli materi dan ahli modul; (3) Mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik kelas X Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran SMK PGRI 6 Malang sebelum menggunakan modul dan sesudah menggunakan modul Teknologi Perkantoran berbasis discovery learning. Rancangan penelitian ini diadaptasi dari model Dick & Carey tahun 2001 melalui 8 langkah pengembangan. Validasi modul dilakukan oleh 1 orang dosen jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang sebagai ahli modul, 1 orang guru mata pelajaran Teknologi Perkantoran sebagai ahli materi. Uji coba modul dilakukan pada 9 orang peserta didik kelas X Akuntansi SMK PGRI 6 Malang sebagai objek uji coba kelompok kecil dan 31 orang peserta didik kelas X Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran SMK PGRI 6 Malang sebagai uji coba lapangan. Hasil penelitian dan pengembangan modul, (1) Berdasarkan hasil validasi ahli modul diperoleh data sebesar 94,65% dan ahli materi sebesar 88,67%. Data tersebut menunjukkan bahwa modul dikategorikan ÔÇ£sangat validÔÇØ dengan kata lain modul layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. (2) Berdasarkan hasil penelitian dari hasil uji pretest dan posttest didapatkan data perolehan hasil rata-rata nilai posttest pada kelas eksperimen sebesar 80%. Hasil tersebut lebih tinggi dari perolehan rata-rata nilai pretest kelas eksperimen sebesar 63,3% dengan selisih ii nilai rata-rata 16,7%, selisih tersebut menunjukkan bahwa modul efektif dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan modul, saran yang dapat diberikan untuk pengembangan selanjutnya antara lain: (1) modul dapat digunakan guru dan peserta didik dalam proses pembelajaran Teknologi Perkantoran; (2) perlu dikembangkan modul Teknologi Perkantoran pada kompetensi dasar lainnya; (3) perlu diadakan penelitian lebih lanjut dengan menggunakan metode pembelajaran discovery learning dalam penelitian tindakan kelas pada pengembangan modul yang lain; (4) bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk mengukur tingkat keefektivan modul dari semua aspek penilaian kognitif, afektif, dan psikomotorik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29381

Actions (login required)

View Item View Item