Wibawanto, Hendrawan Aqmarina Gogor (2018) Pengembangan media pembelajaran berbasis adobe flash css pada mata pelajaran administrasi kepegawaian untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik (studi pada siswa kelas XII administrasi perkantoran di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi) / Hendrawan Aqmarina Gogor Wibawanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Wibawanto H.A.G. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Adobe Flash Cs5 Pada Mata Pelajaran Administrasi Kepegawaian Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XII Di Smk Muhammadiyah 7 Gondanglegi. Skripsi Jurusan Manajemen Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Heny Kusdiyanti S.Pd. M. M. Kata Kunci Media pembelajaran Adobe Flash Cs5 hasil belajar. Berdasarkan observasi yang dilakukan di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi khususnya pada mata pelajaran administrasi kepegawaian di jurusan administrasi perkantoran terdapat beberapa permasalahan yang berkaitan dengan proses pembelajaran. Masalahnya yaitu pada saat proses pembelajaran masih menggunakan metode ceramah sehingga siswa masih cenderung pasif. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Menghasilkan media pembelajaran berbasis Adobe Flash Cs5 dengan melakukan uji coba media pembelajaran berbasis Adobe Flash Cs5 2) Mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis Adobe Flash Cs5 pada kompetensi dasar Mengemukakan Tentang Tata Cara Pemberhentian Pegawai Dan Pensiun 3) Mengetahui perubahan hasil belajar pada kelas eksperimen sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran dan dibandingkan dengan hasil belajar kelas kontrol. Penelitian yang dilakukan di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi ini termasuk jenis penelitian pengembangan dengan menggunakan model research and development Dick and Carry yang terdiri dari 7 langkah yaitu (1) Analisis Kebutuhan (2) Merancang Produk (3) Revisi Produk (4) Uji Coba Produk (5) Revisi Produk (6) Ujicoba Pemakaian (7) Analisis Kelayakan. Berdasarkan hasil penilaian dari ahli media ahli materi dan ujicoba kelompok kecil media pembelajaran telah memenuhi kriteria valid dan layak digunakan serta media pembelajaran mampu meningkatkan hasil belajar yang dapat dilihat dari perbandingan peningkatan nilai antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian dapat disarankan bagi peneliti selanjutnya untuk melakukan penelitian tentang pengembangan media baik visual audio maupun audio visual pada pengajaran mata pelajaran yang sama atau mata pelajaran lainnya di tempat yang berbeda untuk mengembangkan media pembelajaran yang kreatif dan inovatif dalam proses kegiatan belajar mengajar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 13 Aug 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/29380 |
Actions (login required)
View Item |