Hubungan keterampilan membaca pemahaman dengan hasil belajar siswa kelas IV di SDN Bumiayu 1 Kota Malang - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan keterampilan membaca pemahaman dengan hasil belajar siswa kelas IV di SDN Bumiayu 1 Kota Malang

Zuliati, Wiwik (2023) Hubungan keterampilan membaca pemahaman dengan hasil belajar siswa kelas IV di SDN Bumiayu 1 Kota Malang. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Membaca dapat memperluas pengetahuan dan dapat memberikan informasi sesuai dengan kebutuhan atau tujuan membaca siswa. Mencapai tujuan membaca diperlukan adanya keterampilan membaca pemahaman, karena nantinya siswa akan dengan mudah mengikuti kegiatan pembelajaran di kelas. Melalui cara ini siswa juga dapat mencapai hasil belajar yang baik nantinya. Siswa dengan keterampilan membaca pemahaman baik akan bisa menyelesaikan tugas pada pembelajaran yang telah diberikan oleh guru dengan baik dan benar. Penelitian ini memiliki tujuan yaitu mengetahui hubungan keterampilan membaca pemahaman dengan hasil belajar pada muatan Bahasa Indonesia siswa kelas IV di SDN Bumiayu 1 Kota Malang. Penelitian yang dilakukan akan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian korelasi. Jumlah sampel sebanyak 30 siswa kelas IV di SDN Bumiayu 1 Kota Malang. Penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh dan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian akan dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan korelasi pearson product moment. Berdasarkan hasil rekapitulasi persentase keterampilan membaca pemahaman, siswa memiliki pemahaman yang sangat tinggi pada pemahaman literal dengan persentase sebesar 94% dan persentase hasil belajar pada muatan Bahasa Indonesia sebesar 40% (kategori tinggi). Berdasarkan dari hasil analisis korelasi pearson product moment dapat diketahui adanya hubungan yang signifikan antara variabel dengan nilai koefisien korelasi 0,539.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan membaca pemahaman, hasil belajar Bahasa Indonesia, hubungan keterampilan membaca pemahaman dengan hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: mr mahasiswa UM
Date Deposited: 06 Jul 2023 01:53
Last Modified: 06 Jul 2023 01:54
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/2938

Actions (login required)

View Item View Item