Pengembangan media pembelajaran berbasis creator movavi dalam model pembelajaran kontekstual pada mata pelajaran korespodensi (studi pada kelas X Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran SMKN 2 Kediri) / Idris Umar Hamzah Pasarella Syafita Ahmad

Ahmad, Idris Umar Hamzah Pasarella Syafita (2018) Pengembangan media pembelajaran berbasis creator movavi dalam model pembelajaran kontekstual pada mata pelajaran korespodensi (studi pada kelas X Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran SMKN 2 Kediri) / Idris Umar Hamzah Pasarella Syafita Ahmad. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi RINGKASAN Ahmad, Idris Umar Hamzah P.S. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Creator Movavi Dalam Model Pembelajaran Kontekstual Pada Mata Pelajaran Korespodensi (Studi Pada Kelas X Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran SMKN 2 Kediri). Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. H. Sutrisno, M. M. Kata kunci: Media Pembelajaran, Creator Movavi, Model Pembelajaran Kontekstual, Korespodensi. Media Pembelajaran merupakan sarana belajar yang digunakan oleh guru dalam penyampaian materi dalam proses pembelajaran kepada peserta didik agar lebih mudah dipahami dan dimengerti. Pada pembelajaran di kelas, media pembelajaran merupakan salah satu komponen penting dalam menentukan keberhasilan belajar peserta didik. Namun pada kenyataannya, untuk mata pelajaran Korespodensi pada kelas X Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran di SMK Negeri 2 Kediri belum terdapat media pembelajar untuk mata pelajaran tersebut khususnya kompetensi dasar Menerapkan Pengelolaan Surat Elektronik (E-mail). Peneliti kemudian melakukan penelitian dengan tujuan: (1) mengembangkan media pembelajaran berbasis Creator Movavi untuk model pembelajaran kontekstual pada mata pelajaran Korespodensi materi Menerapkan Pengelolaan Surat Elektronik (Email), (2) mengetahui perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan tujuan tersebut, peneliti mengembangkan media pembelajaran dengan menggunakan model pengembangan Sugiyono yang terdiri dari 10 (sepuluh) langkah yaitu (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba produk, (7) revisi produk, (8) uji coba pemakaian, (9) revisi produk, dan (10) produksi masal. Hasil penelitian ini berupa media pembelajaran berbasis Creator Movavi pada Kompetensi Dasar Menerapkan Pengelolaan Surat Elektronik (E-mail) dalam model pembelajaran kontekstual pada mata pelajaran Korespodensi yang telah tervalidasi oleh ahli media dan ahli materi. Hasil validasi yang diperoleh dari ahli media yang dilakukan dua kali yaitu sebesar 87.1% pada validasi 1 dan 93,8% validasi 2 dalam kategori sangat valid dan ahli materi sebesar 98.8% dalam kategori sangat valid. Media juga mendapat respon positif peserta didik sebesar 93.61% dengan kategori sangat efektif yang dikumpulkan melalui angket subyek uji coba kelompok kecil. Selain data hasil validasi serta angket subyek uji coba kelompok kecil, pengembangan media pembelajaran ini juga melihat perbedaan hasil belajar peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol pada ranah kognitif sebesar 85 dan 78. Sedangkan belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol pada ranah psikomotor sebesar 93 dan 85. Dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas control baik pada ranah kognitif maupun psikomotorik. Berdasarkan hasil yang diperoleh diketahui bahwa media pembelajaran yang dikembangkan telah memenuhi tujuan dari penelitian pengembangan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29379

Actions (login required)

View Item View Item