Pramesti, Fitria Kartika (2018) Pengaruh keaktifan mahasiswa dalam unit kegiatan mahasiswa dan motivasi belajar terhadap prestasi akademik / Fitria Kartika Pramesti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
i ABSTRAK Pramesti Fitria Kartika. 2018. Pengaruh Keaktifan Mahasiswa Dalam Unit Kegiatan Mahasiswa dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Akademik. Skripsi. Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. H. Suharto S.M. M.Pd. M.M. Kata Kunci Keaktifan Keaktifan Mahasiswa Motivasi Belajar Prestasi Akademik Keberhasilan mahasiswa dalam proses belajar dapat ditunjukkan dengan pencapaian Indeks Prestasi yang tinggi. Mahasiswa yang aktif dalam Unit Kegiatan Mahasiswa cenderung teralihkan perhatiannya karena padatnya aktivitas Unit Kegiatan Mahasiswa. Selain itu motivasi belajar juga akan mempengaruhi arah mahasiswa dalam bersikap terutama dalam belajarnya dan berdampak pada prestasi akademik yang dicapai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) deskripsi keaktifan mahasiswa dalam Unit Kegiatan Mahasiswa motivasi belajar dan prestasi akademik (2) pengaruh keaktifan mahasiswa dalam Unit Kegiatan Mahasiswa terhadap prestasi akademik (3) pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi akademik (4) pengaruh keaktifan mahasiswa dalam Unit Kegiatan Mahasiswa dan motivasi belajar terhadap prestasi akademik. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kuantitatif bersifat deskriptif korelasional menggunakan analisis regresi linear berganda. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa aktif Unit Kegiatan Mahasiswa Universitas Negeri Malang angkatan 2015/2016 yang terdiri dari 256 mahasiswa dengan sampel yang diambil sebanyak 154 mahasiswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik adalah proportionate stratified random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa (1) keaktifan mahasiswa dalam Unit Kegiatan Mahasiswa tergolong tinggi (2) motivasi belajar tergolong tinggi (3) prestasi akademik tergolong sangat tinggi. Hasil analisis menggunakan SPSS 24.0 menunjukkan bahwa (1) Keaktifan mahasiswa dalam Unit Kegiatan Mahasiswa tidak berpengaruh terhadap prestasi akademik artinya H1 ditolak (2) Motivasi belajar tidak berpengaruh terhadap prestasi akademik artinya H2 ditolak (3) Keaktifan mahasiswa dalam Unit Kegiatan Mahasiswa dan motivasi belajar berpengaruh secara simultan terhadap prestasi akademik artinya H3 diterima. Kesimpulan penelitian ini yakni tidak terdapat pengaruh keaktifan mahasiswa dalam Unit Kegiatan Mahasiswa dan motivasi belajar terhadap prestasi akademik secara parsial namun berpengaruh secara simultan. Berdasarkan hasil penelitian peneliti menyarankan (1)bagi pihak Universitas Negeri Malang diharapkan dapat memberikan fasilitas yang lebih baik untuk mahasiswa yang aktif Unit Kegiatan Mahasiswa (2)bagi mahasiswa diharapkan dapat tetap mempertahankan Indeks Prestasi dengan baik di samping keaktifan organisasi (3)bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk mencari variabel-variabel lain yang dapat mempengaruhi prestasi akademik mahasiswa dan menggunakan teknik analisis yang lain agar mendapatkan hasil yang lebih baik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 09 Aug 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/29377 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |