Khotimah, Zuhrotul (2018) Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing dan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar melalui keterampilan berfikir kritis peserta didik di SMK Muhammadyah 5 Kepanjen / Zuhrotul Khotimah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Khotimah Zuhrotul. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Melalui Keterampilan Berfikir Kritis Peserta Didik Di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen. Skripsi Program Pendidikan Administrasi Perkantoran FE Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Hj. Madziatul Churiyah S.Pd. M.M. Kata Kunci Inkuiri Terbimbing Problem Based Learning (PBL) Berfikir Kritis Hasil Belajar. Pengembangan kurikulum 2013 terus dilakukan suatu perbaikan untuk menjawab tantangan paradigma pendidikan abad 21. Upaya untuk menjawab semua tantangan abad 21 salah satunya adalah dengan mengubah proses pembelajaran dari yang berpusat dari guru menjadi berpusat pada peserta didik dan dari pemikiran yang faktual menjadi pemikiran yang kritis. Untuk menjawab tantangan tersebut peneliti memilih model pembelajaran yang mampu mendorong peserta didik dalam kegiatan pembelajaran agar mampu memecahkan suatu permasalahan yang terjadi dalam dunia nyata secara kritis dan tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik yang memiliki keterampilan berfikir kritis tinggi dan keterampilan berfikir kritis rendah dan mengetahui pengaruh interaksi antara model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar melalui keterampilan berfikir kritis peserta didik di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen. Penelitian ini termasuk dalam quasy eksperimen. Desain penelitian yang digunakan berupa Posttest Only Control Group Design. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas X APK 1 (eksperimen 1 yang mendapat perlakuan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan kelas X APK 2 (eksperimen 2) yang mendapat perlakuan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Uji persyaratan analisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis anova dua jalur (Two Way Anova) yang dapat diselesaikan dengan bantuan program SPSS 22.0 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Terdapat perbedaan hasil belajar antara peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dibuktikan dengan nilai signifikan yang diperoleh yakni 0.036 yang lebih kecil dari 0.05. (2) Terdapat perbedaan hasil belajar antara keterampilan berfikir kritis tinggi dengan keterampilan berfikir kritis rendah dibuktikan dengan nilai signifikan yang diperoleh yakni 0.000 lebih kecil dari 0.05. (3) Terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dengan keterampilan berfikir kritis terhadap hasil belajar peserta didik dibuktikan dengan nilai signifikan 0.225 yang lebih besar dari 0.05. Berdasarkan hasil penelitian peneliti menyarankan kepada sekolah agar menerapkan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan model pembelajaran ii Problem Based Learning (PBL) menyarankan kepada guru agar memperhatikan alokasi waktu memperhatikan peserta didik yang acuh dan yang kurang pandai agar tetap berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran di kelas.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 09 Aug 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/29376 |
Actions (login required)
View Item |