Yaqin, Ainul (2018) Analisis kompetensi pedagogik guru dalam mengaktualisasikan komunikasi dengan peserta didik (studi pada guru program keahlian otomatisasi dan tata kelola perkantoran di SMK Negeri 1 Turen Kabupaten Malang) / Ainul Yaqin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Yaqin Ainul. 2018.Analisis Kompetensi Pedagogik Guru dalam Mengaktualisasikan Komunikasi Dengan Peserta Didik (Studi Pada Guru Program Keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran di SMK Negeri 1 Turen Kabupaten Malang). Skripsi. Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. H. Sutrisno M.M. Kata Kunci Kompetensi Pedagogik Guru Komunikasi Kompetensi pedagogik merupakan kemampuan mengelola pembelajaran peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai petensi yang dimiliki. Salah satu komponen kompetensi pedagogik adalah komunikasi guru dengan peserta didik yang menekankan pada tiga aspek komunikasi yaitu komunikasi yang efektif empati dan santun. Komunikasi tersebut sangat penting untuk terlaksanakanya proses belajar mengajar karena komunikasi yang harus dibangun oleh guru adalah komunikasi yang dapat mrngubah sikap dan perilaku anak didik menjadi lebih baik. Komunikasi yang tidak berjalan dengan baik akan menjadikan proses belajar mengajar tidak dapat berjalan dengan optimal. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan mengetahui kompetensi pedagogik guru program keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran di SMK Negeri 1 Turen Kabupaten Malang dalam menyelenggarakan proses pembelajaran kepada peserta didiknya dengan menguasai komunikasi yang efektif empati dan santun. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah guru dan peserta didik. Data penelitian berupa paparan komunikasi yang efektif empati dan santun yang dilakukan guru dengan peserta didiknya. Pengumpulan data dilakukan denga teknik observasi wawancara dan dokumentasi. Untuk menjaga keabsaan data dilakukan dengan kegiatan triangulasi sumber data. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap penelaah data indentifikasi data dan tahap evaluasi data. Berdasarkan hasil analisis diperoleh kesimpulan (1) Penyelenggaraan kompetensi pedagogik untuk aspek komunikasi guru dengan peserta didik secara efektif sudah cukup baik. Hal ini terlihat dari banyaknya indikator proses belajar mengajar yang menunjukan upaya guru untuk melakukan komunikasi yang efektif walaupun masih ditemukan beberapa kelemahan seperti adanya keterlambatan guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar tanpa pemberitahuan dan pemberian tugas sehingga situasi kelas menjadi tidak kondusif. Kurangnya upaya guru dalam pengelolaa kelas khususnya sebagai pengendali penerapan metode kelompok yang terlihat dari sikap guru yang membiarkan seorang siswa yang terdiam tanpa bergabung dengan kelompoknya untuk mengerjakan tugas kelompok. (2) Penyelenggaran kompetensi pedagogik untuk aspek komunikasi guru dengan peserta didik secara empati masih perlu ditingkatkan terutama perhatiaan pada siswa yang dapat meningkatkan dan memahami kondisi siswa. (3) Guru program keahlianOtomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran di SMK Negeri 1 Turen Kabupaten Malang sudah baik dalam menyelengarakan kompetensi pedagogik untuk aspek komunikasi guru dan peserta didik secara santun. Karena guru telah menerapkan komunikasi santun baik dari perilaku sopan bahasa yang lugas dan sopan maupun memperhatikan tatakrama dan etika yang berlaku.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 09 Aug 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/29375 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |