Perdana, Irfannu Yulian (2018) Pengembangan e-modul berbasis flipbook pada mata pelajaran administrasi humas dan keprotokolan untuk meningkatan hasil belajar siswa kelas XI administrasi perkantoran di SMK PGRI Turen / Irfannu Yulian Perdana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
i ABSTRAK Yulian Irfannu P. 2018. Pengembangan E-modul Berbasis Flipbook Pada Mata Pelajaran Administrasi Humas dan Keprotokolan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Administrasi Perkantoran di SMK PGRI Turen. Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Agus Hermawan M.Si. Grad. Dip MGT. M.Bus. Kata Kunci e-modul flipbook dan hasil belajar. Penelitian dan pengembangan ini didasari oleh adanya keterbatasan bahan ajar yang sesuai dengan kurikulum 2013. Saat ini bahan ajar yang tersedia hanya sebatas menampilkan materi dan belum sesuai dengan kurikulum. Selain itu bahan ajar yang digunakan belum mampu mendorong peserta didik untuk aktif memperoleh pengetahuannya sendiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan mengetahui kelayakan dan mengetahui efektivitas e-modul berbasis flipbook yang dihasilkan peneliti. Produk yang dihasilkan dari penelitian dan pengembangan ini adalah e-modul berbasis flipbook pada mata pelajaran Administrasi Humas dan Keprotokolan dengan kompetensi dasar Mendeskripsikan ruang lingkup pertemuan/rapat. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model pengembangan Borg and Gall yang terdiri dari 10 (sepuluh) langkah yaitu (1) potensi dan masalah (2) pengumpulan data (3) desain produk (4) validasi desain (5) uji coba pemakaian (6) revisi produk (7) uji coba produk (8) revisi desain (9) revisi produk dan (10) produksi masal. Hasil dari penelitian pengembangan ini yaitu e-modul Administrasi Perkantoran pada Kompetensi Dasar Mendeskripsikan ruang lingkup pertemuan/rapat untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik yang telah tervalidasi oleh ahli materi dan ahli media. Hasil validasi yang diperoleh dari ahli materi sebesar 91 85% dalam kategori sangat valid dan ahli modul sebesar 98 57% yang juga termasuk dalam kategori sangat valid. E-modul juga mendapat respon peserta didik sebesar 93 66% dengan kategori sangat efektif yang dikumpulkan melalui angket subyek uji coba. Selain data hasil validasi serta angket subyek uji coba pengembangan e-modul ini juga melihat perbedaan hasil belajar peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol pada ranah kognitif sebesar 84 dan 83. Sedangkan belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol pada ranah psikomotor sebesar 87 dan 83. Berdasarkan hasil yang diperoleh diketahui bahwa e-modul Administrasi Perkantoran yang dikembangkan telah memenuhi tujuan dari penelitian pengembangan. Saran untuk penelitian pengembangan ini adalah lebih melihat situasi dan kondisi sasaran penelitian serta lebih meningkatkan kreatifitas untuk membuat produk e-modul berbasis Flipbook.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 09 Aug 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/29374 |
Actions (login required)
View Item |