Pengaruh penggunaan internet, lingkungan pergaulan, dukungan sosial keluarga dan intensitas belajar terhadap hasil belajar peserta didik mata pelajaran Produktif kelas X SMK PGRI Turen Kabupaten Malang / Lily Nur Indah Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan internet, lingkungan pergaulan, dukungan sosial keluarga dan intensitas belajar terhadap hasil belajar peserta didik mata pelajaran Produktif kelas X SMK PGRI Turen Kabupaten Malang / Lily Nur Indah Sari

Sari, Lily Nur Indah (2018) Pengaruh penggunaan internet, lingkungan pergaulan, dukungan sosial keluarga dan intensitas belajar terhadap hasil belajar peserta didik mata pelajaran Produktif kelas X SMK PGRI Turen Kabupaten Malang / Lily Nur Indah Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sari L. N. I. 2018. Pengaruh Penggunaan Internet Lingkugan Pergaulan Dukungan Sosial Keluarga dan Intensitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Produktif Kelas X SMK PGRI Turen Kabupaten Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Pembimbing Drs. H. Gatot Isnani M.Si. Kata Kunci penggunaan internet lingkungan pergaulan dukungan sosial keluarga intensitas belajar hasil belajar Pendidikan merupakan kunci penting dalam proses pembangunan karakter. Melalui pendidikan karakter diharapkan mampu menciptakan manusia yang cerdas damai terbuka serta mempunyai budi pekerti dan sopan santun sehingga tujuan pembangunan nasional dapat tercapai. Tujuan penelitian (1) Mendeskripsikan penggunaan internet lingkungan pergaulan dukungan sosial pergaulan dan intensitas belajar (2) Mengetahui pengaruh penggunaan internet lingkungan pergaulan dukungan sosial pergaulan dan intensitas belajar secara parsial terhadap hasil belajar peserta didik (3) Mengetahui pengaruh dominan penggunaan internet lingkungan pergaulan dukungan sosial pergaulan dan intensitas belajar terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bersifat deskriptif korelasional. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penggunaan internet (X1) lingkungan pergaulan (X2) dukungan sosial keluarga (X3) dan intensitas belajar (X4) dengan variabel terikat hasil belajar (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMK PGRI Turen Kabupaten Malang yang berjumlah 138 peserta didik dengan sampel yang digunakan sebanyak 102 peserta didik. Teknik sampling menggunakan teknik proportionate random sampling. Skala pengukuran yang digunakan adalah Skala Likert dengan lima skala ukur dimulai dari opsi sangat setuju setuju cukup setuju tidak setuju dan sangat tidak setuju. Jenis datanya adalah data ordinal yang diubah menjadi data interval melalui MSI (Method of Successive Interval). Sumber data diperoleh dari data primer yang berasal dari responden dan data sekunder yang diperoleh dari TU dan Waka Kurikulum mengenai nilai peserta didik pada rapor semester ganjil tahun pelajaran 2017/2018. Teknik pengumpulan data menggunakan metode kuesioner dan dokumentasi. Uji kelayakan instrumen dilakukan uji validitas dan reliabilitas dengan memberikan kuesioner kepada kuesioner kepada 30 responden di luar sampel. Dalam hal ini kuesioner diberikan kepada peserta didik kelas X di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi. Teknik analisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Sebelum dilakukan analisis regresi linier berganda dilakukan uji asumsi klasik yaitu uji normalitas uji multikolinearitas dan uji heteroskedastisitas. ii Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa (1) penggunaan internet dalam klasifikasi baik (2) lingkungan pergaulan dalam klasifikasi baik (3) dukungan sosial keluarga dalam klasifikasi sangat baik (4) intensitas belajar dalam klasifikasi baik dan (5) hasil belajar peserta didik menunjukkan klasifikasi nilai cukup baik. Hasil uji asumsi klasik menunjukkan bahwa (1) model regresi tidak memenuhi asumsi normalitas (2) model regresi tidak terjadi gejala multikolinearitas (3) Uji heteroskedastisitas menunjukkan bahwa model regresi tidak terjadi gejala heteroskedastisitas. Perhitungan uji t diketahui bahwa (1) tidak ada pengaruh yang positif dan signifikan antara penggunaan internet terhadap hasil belajar peserta didik (2) tidak ada pengaruh yang positif dan signifikan antara dukungan sosial keluarga terhadap hasil belajar peserta didik (3) tidak ada pengaruh yang positif dan signifikan antara intensitas belajar terhadap hasil belajar peserta didik. Nilai Adjusted R Square sebesar 0 berarti hasil belajar peserta didik tidak dipengaruhi oleh variabel penggunaan internet lingkungan pergaulan dukungan sosial pergaulan dan intensitas belajar. Diduga dapat dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini seperti faktor kesehatan intelegensi perhatian ekonomi keluarga teman bergaul waktu sekolah metode belajar dan mass media. Tidak ada variabel yang dominan karena tidak ada pengaruh antara variabel bebas dengan variabel terikat. Penelitian menyarankan (1) diharapkan guru dapat mendengarkan curahan masalah peserta didik dan memotivasi peserta didik karena guru adalah orang tua kedua setelah orang tua di rumah. Dengan adanya motivasi yang kuat dari seorang guru maka peserta didik tidak akan merasa sendiri baik di sekolah maupun di rumah dan menganggap bahwa belajar merupakan suatu kebutuhan yang harus dilakukannya dengan baik dan mendapatkan hasil belajar yang maksimal (2) peserta didik seharusnya bisa menjadikan belajar sebagai prioritas dengan memanfaatkan waktu sebaik mungkin untuk belajar dengan cara memperhatikan penjelasan yang diberikan guru pada saat proses pembelajaran maka peserta didik akan lebih memahami apa yang telah disampaikan dan akan lebih mudah untuk mempelajarinya kembali serta bertanya ketika ada materi atau suatu hal yang tidak dimengerti. Dengan melakukan hal seperti itu maka dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dan (3) bagi peneliti selanjutnya sebaiknya perlu dilakukan penelitian lebih lanjut terkait variabel lain yang dapat mempengaruhi hasil peserta didik selain penggunaan internet lingkungan pergaulan dukungan sosial keluarga dan intensitas belajar. Misalnya seperti cacat tubuh intelegensi bakat motif kematangan kelelahan cara orang tua mendidik relasi antar anggota keluarga suasana rumah fasilitas belajar di rumah keadaan ekonomi keluarga pengertian orang tua latar belakang kebudayaan kegiatan peserta didik dalam masyarakat teman bergaul metode mengajar guru kurikulum relasi guru dengan peserta didik relasi antar peserta didik disiplin sekolah mass media dan bentuk kehidupan masyarakat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 30 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29372

Actions (login required)

View Item View Item