Pengembangan modul Administrasi Umum berbasis guided inquiry untuk meningkatkan kemandirian belajar dan hasil belajar di SMK Negeri 1 Turen Kabupaten Malang / Harrisma Hindartik - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul Administrasi Umum berbasis guided inquiry untuk meningkatkan kemandirian belajar dan hasil belajar di SMK Negeri 1 Turen Kabupaten Malang / Harrisma Hindartik

Hindartik, Harrisma (2018) Pengembangan modul Administrasi Umum berbasis guided inquiry untuk meningkatkan kemandirian belajar dan hasil belajar di SMK Negeri 1 Turen Kabupaten Malang / Harrisma Hindartik. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Hindartik. H. 2018. Pengembangan Modul Administrasi Umum berbasis Guided Inquiry untuk Meningkatkan Kemandirian dan Hasil Belajar Peserta Didik di SMK Negeri 1 Turen Kabupaten Malang. Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Hj. Madziatul Churiyah S.Pd M.M. Kata Kunci Modul Guided Inquiry Administrasi Umum Kemandirian Belajar Hasil Belajar Pendidikan merupakan kegiatan belajar yang dilakukan manusia kapan saja dan dimana saja belajar tidak hanya dilakukan di sekolah atau pendidikan formal tetapi belajar juga dapat dilakukan di luar sekolah atau pendidikan non formal. Sekolah merupakan contoh dari pendidikan formal yang dapat ditempuh mulai dari sekolah dasar sampai sekolah menengah atas dengan tujuan mencerdaskan peserta didik. Keberhasilan peserta didik dalam belajar dapat dilihat dari nilai ujiannya atau nilai lainnya. Namun nilai tidak menjadi satu-satunya aspek dalam menentukan keberhasilan peserta didik dalam belajar. Aspek lainnya adalah kemandirian belajar peserta didik atau semangat peserta didik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Kemandirian sendiri dibagi menjadi 6 aspek meliputi (1) Evaluasi diri (2) Tujuan belajar (3) Perencanaan belajar (4) Mencari informasi (5) Menyimpan catatan (6) Dukungan Sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Menghasilkan bahan ajar modul (2) mengetahui kelayakan modul (3) mengetahui perbedaan kemandirian dan hasil belajar peserta didik yang menggunakan modul dan yang tidak menggunakan modul. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan metode Dick Carey. Peneliti telah memodifikasi langkah-langkah metode penelitian Dick and Carey dan disesuaikan dengan kebutuhan penelitian pengembangan Modul Administrasi Umum. Metode penelitian Dick Carey yang telah dimodifikasi menjadi delapan langkah untuk disesuaikan dengan pengembangan yang akan dikembangkan yaitu (1) Analisis kebutuhan (2) Analisis pembelajaran (3) Analisis pebelajar dan konteks (4) Tujuan umum dan khusus (5) Mengembangkan instrumen (6) Mengembangkan strategi pembelajaran (7) Mengembangkan dan memilih bahan pembelajaran (8) Merancang dan melakukan evaluasi formatif. Sebelum dilakukannya penelitian harus melalui tahap validasi yang dilakukan oleh ahli materi ahli modul dan kelompok kecil untuk menilai kelayakan produk. Setelah melewati tahap validasi dilanjutkan pada tahap uji coba lapangan yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Jenis data dalam penelitian berupa data kuantitatif dan kualitatif. Sumber data diperoleh dari angket dan juga wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan modul administrasi umum berbasis guided inquiry terbukti layak dengan hasil validasi ahli materi ahli modul dan kelompok kecil mencapai 94 95 5 dan 84 6. Hal tersebut menunjukkan bahwa modul Administrasi Umum valid untuk digunakan. Penggunaan modul Administrasi Umum telah terbukti dapat meningkatkan kemandirian dan hasil belajar peserta didik dengan perbedaan nilai post test. Nilai kemandirian kelas eksperimen sebesar 80. Nilai tersebut lebih besar dibanding dengan kelas ii kontrol sebesar 56 4 dengan selisih 23.74. Sedangkan nilai post test pada kelas eksperimen sebesar 80 14. Hasil tersebut lebih tinggi dari perolehan rata-rata nilai post test kelas kontrol sebesar 72 89 dengan selisih nilai rata-rata 7 25. Sedangkan hasil rat-rata nilai post test pada kelas eksperimen sebesar 80 14. Hasil tersebut lebih tinggi dari perolehan rat-rata nilai post test kelas kontrol sebesar 72 81 dengan selisih nilai rata-rata 7.33. Hal tersbut menunjukkan bahwa modul dapat meningkatkan kemandirian dan hasil belajar peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan modul saran yang dapat diberikan untuk pengembangan selanjutnya antara lain (1) perlu dikembangkan penelitian dan pengembangan modul mata pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran pada kompetensi dasar lainnya (2) perlu diadakan penelitian lebih lanjut dengan menggunakan metode pembelajaran guided inquiry dalam penelitian tindakan kelas pada pengembangan modul yang lain 3) bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk mengukur tingkat kegunaan modul dari semua aspek penilaian kognitif afektif dan psikomotorik 4) bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk mengukur tingkat kegunaan modul dari aspek yang lain tidak hanya aspek hasil belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29370

Actions (login required)

View Item View Item