Pengembangan modul Administrasi sarana dan Prasarana berbasis contextual Teaching and Learning (CTL) untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas XI Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK PGRI Turen) / Primadani Lutfi Fitriane - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul Administrasi sarana dan Prasarana berbasis contextual Teaching and Learning (CTL) untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas XI Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK PGRI Turen) / Primadani Lutfi Fitriane

Fitriane, Primadani Lutfi (2018) Pengembangan modul Administrasi sarana dan Prasarana berbasis contextual Teaching and Learning (CTL) untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas XI Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK PGRI Turen) / Primadani Lutfi Fitriane. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Fitriane Primadani Lutfi. 2018. Pengembangan Modul Administrasi Sarana dan Prasarana Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa (Studi pada Siswa Kelas XI Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK PGRI Turen). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. I Nyoman Suputra M.Si. Kata kunci Modul Contextual Teaching and Learning (CTL) Hasil Belajar Kondisi yang terjadi di SMK PGRI Turen adalah guru mengalami kesulitan mencari sumber referensi yang digunakan sebagai bahan ajar masih minimnya ketersediaan bahan ajar seperti modul atau LKS yang sesuai dengan silabus mata pelajaran. Selama ini guru menggunakan berbagai sumber referensi dari internet maupun dari buku yang kurang menarik perhatian siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan dan mengetahui kelayakan modul Administrasi Sarana dan Prasarana berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) pada mata pelajaran Sarana dan Prasarana untuk SMK kelas XI program keahlian Administrasi Perkantoran yang telah dikembangkan melalui hasil validasi ahli selain itu untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan modul dengan siswa tanpa menggunakan modul dalam proses pembelajaran. Pengembangan modul Administrasi Sarana dan Prasarana berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian Borg Gall. Adapun langkah-langkah penelitian dan pengembangan yang telah dimodifikasi oleh peneliti terdiri atas sembilan langkah sebagai berikut (1) Potensi dan masalah (2) Pengumpulan data (3) Desain produk (4) Validasi desain (5) Revisi desain (6) Uji coba produk (7) Revisi produk (8) Uji coba pemakaian (9) Produk Akhir. Hasil analisis validasi ahli modul menunjukkan sebesar 87% sedangkan hasil analisis validasi dari ahli materi menunjukkan sebesar 88 38% dan dari uji coba produk sebesar 86 66%. Dari hasil validasi ahli dan pengguna tersebut dapat diketahui bahwa modul Administrasi Sarana dan Prasarana berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) sangat valid dan tidak perlu direvisi. Modul Administrasi Sarana dan Prasarana berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) mampu meningkatkan hasil belajar. Hasil rata-rata nilai post test dari kelas kontrol sebesar 72 16 sedangkan pada kelas eksperimen sebesar 86 22 dengan selisih rata-rata skor sebesar 14 06. Rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi bila dibandingkan dengan nilai rata-rata hasil belajar pada kelas kontrol. Saran bagi guru agar menggunakan modul Administrasi Sarana dan Prasarana dalam proses pembelajaran untuk melatih pemahaman siswa terhadap materi dengan cara belajar secara mandiri guru disarankan menjadi fasilitator untuk membantu siswa jika mengalami kesulitan dalam memahami isi materi modul saran bagi peneliti selanjutnya agar dapat mengembangkan modul pembelajaran yang lebih menarik sehingga semakin banyak alternatif belajar yang dapat digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29369

Actions (login required)

View Item View Item