Pengembangan modul Korespondensi berbasis guided inquiry pada kompetensi dasar Menganalisis Pembauatan Surat Niaga untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen) / Nadya Olivia Anggelina

Anggelina, Nadya Olivia (2018) Pengembangan modul Korespondensi berbasis guided inquiry pada kompetensi dasar Menganalisis Pembauatan Surat Niaga untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen) / Nadya Olivia Anggelina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Anggelina Nadya Olivia. 2018. Pengembangan Modul Korespondensi Berbasis Guided Inquiry pada Kompetensi Dasar Menganalisis Pembuatan Surat Niaga untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa (Studi pada Siswa Kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen). Skripsi. Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran. Jurusan Manajemen. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. I Nyoman Suputra M.Si Kata Kunci Pengembangan Modul Guided Inquiry Pembuatan Surat Niaga Hasil Belajar. Modul Korespondensi Berbasis Guided Inquiry adalah modul yang menuntut siswa untuk lebih aktif dan mandiri sedangkan guru hanya bertindak sebagai fasilitator. Dimana langkah-langkahnya adalah orientasi merumuskan masalah mengajukan hipotesis mengumpulkan data menguji hipotesis dan merumuskan kesimpulan. Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah untuk menghasilkan (1) Bahan ajar berupa modul korespondensi yang sesuai dengan metode guided inquiry pada kompetensi dasar menganalisis pembuatan surat niaga untuk siswa kelas X program keahlian administrasi perkantoran di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen (2) Kelayakan modul korespondensi yang telah dikembangkan melalui hasil validasi oleh ahli modul dan ahli materi sebelum dinyatakan layak digunakan. (3) Peningkatan hasil belajar siswa melalui modul pengembangan berbasis guided inquiry pada kompetensi dasar mengananlisis pembuatan surat niaga kelas X program keahlian administrasi perkantoran di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen. Penelitian ini menggunakan model pengembangan dari Borg and Gall dengan 10 tahapannya yaitu potensi dan masalah pengumpulan data desain produk validasi desain revisi desain uji coba produk revisi produk uji coba pemakaian revisi produk dan produksi massal. Data yang diperoleh adalah data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif didapatkan dari hasil angket 1 validator ahli modul 1 validator ahli materi dan 6 uji coba kelompok kecil. Sedangkan data kualitatif didapatkan dari hasil kritik dan saran dari validator ahli modul validator ahli materi dan 6 siswa uji kelompok kecil. Produk yang dikembangkan berupa modul Korespondensi pada Kompetensi Dasar Menganalisis Pembuatan Surat Niaga dengan menggunakan model Guided Inquiry yang dilengkapi dengan buku pegangan untuk guru. Sajian dan analisis data pada penelitian ini berdasarkan validator ahli modul memiliki kriteria sangat valid atau dapat digunakan validator ahli materi memiliki kriteria valid yang berarti dapat digunakan tetapi masih ada beberapa yang harus direvisi dan uji coba kelompok kecil yang memiliki kriteria sangat valid. Ditinjau dari efektifitas produk berdasarkan data dari analisis hasil tes perbedaan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol aspek kognitif yaitu 84 4 dengan 71 3. Sedangkan aspek psikomotorik yaitu 74 dengan 71 1. Dari sajian dan analisis data yang memiliki kriteria sangat valid atau dapat digunakan dan hasil tes perbedaan rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen yang lebih tinggi dari kelas kontrol maka dapat disimpulkan modul ini efektif untuk digunakan. Saran untuk peneliti yang mengembangkan modul pembelajaran adalah ditambahkan lagi kompetensi dasarnya tidak hanya terbatas pada satu kompetensi dasar saja. Modul juga perlu ditambahkan lagi referensi-referensi yang diambil dari buku-buku lain. Dibuat pula tampilan modul yang inovasinya lebih segar tidak hanya dari ilustrasi cover tetapi juga dibuat lebih menarik lagi di bagian dalamnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29363

Actions (login required)

View Item View Item