Implementasi model pembelajaran talking stick untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Mengimplementasikan Sistem Kearsipan (studi pada siswa kelas XI APK di SMK Negeri 2 Kediri) / Putri Septiningsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi model pembelajaran talking stick untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Mengimplementasikan Sistem Kearsipan (studi pada siswa kelas XI APK di SMK Negeri 2 Kediri) / Putri Septiningsih

Septianingsih, Putri (2018) Implementasi model pembelajaran talking stick untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Mengimplementasikan Sistem Kearsipan (studi pada siswa kelas XI APK di SMK Negeri 2 Kediri) / Putri Septiningsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ii ABSTRAK Septianingsih Putri. 2018. Implementasi Model Pembelajaran Talking Stick Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Mengimplementasikan Sistem Kearsipan (Studi Pada Kelas XI Administrasi Perkantoran SMK Negeri 2 Kediri). Skripsi. Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. I Nyoman Suputra Kata Kunci model pembelajaran Talking Stick dan hasil belajar Berdasarkan observasi dan wawancara yang dilakukan di SMK Negeri 2 Kediri terdapat beberapa guru menggunakan metode ceramah tanya jawab dan penugasan serta pengelolaan kondisi kelas yang tidak kondusif informasi lain yang diperoleh adalah siswa pasif dalam proses pembelajaran dan pembelajaran lebih didominasi oleh guru. Hal ini pula yang berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami materi yang telah disampaikan dan mereka lebih memilih untuk membicarakan hal diluar konteks materi yang sedang dipelajari. Melihat permasalahan ini peneliti ingin menciptakan suasana pembelajaran yang aktif serta kondusif yaitu dengan cara menerapkan model pembelajaran Talking Stick. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu (1) bagaimanakah implementasi model pembelajaran Talking Stick pada mata pelajaran Kearsipan siswa kelas XI APK SMK Negeri 2 Kediri (2) apakah penerapan model pembelajaran Talking Stick pada mata pelajaran Kearsipan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI APK SMK Negeri 2 Kediri. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) subyek penelitian ini adalah kelas XI APK SMK Negeri 2 Kediri yang terdiri dari 38 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu (1) tahap perencanaan (2) tahap pelaksanaan (3) tahap pengamatan dan (4) tahap refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi wawancara tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif untuk mengetahui persentase keberhasilan tindakan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) penerapan model pembelajaran Talking Stick pada mata pelajaran Kearsipan kelas XI Administrasi Perkantoran SMK Negeri 2 Kediri dapat berjalan dengan sangat baik. (2) pada siklus 1 hasil belajar siswa yang diperoleh dari hasil pretest sebesar 62 85% dan hasil posttest sebesar 96 77% hasil belajar siswa ini mengalami kenaikan pada siklus 2 dari hasil pretest sebesar 64 29% dan dari hasil posttest sebesar 100%. Berdasarkan hasil penelitian ini terdapat beberapa saran sebagai berikut (1) bagi guru mata pelajaran Kompetensi Kejuruan Kelas XI APK SMK Negeri 2 Kediri sebaiknya memanfaatkan model pembelajaran kooperatif dan variatif yang sesuai dengan tujuan pembelajaran (2) bagi siswa Kelas XI APK 4 SMK Negeri 2 Kediri hendaknya mempersiapkan diri terlebih dahulu sebelum melaksanakan proses pembelajaran di kelas agar mengerti dan memahami materi apa yang akan dipelajari. Siswa juga diharapkan terus berperan aktif dalam proses pembelajaran agar tercipta suasana pembelajaran yang menarik dan efektif (3) bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat melakukan kegiatan penelitian lebih lanjut dan maksimal untuk menerapkan model pembelajaran Talking Stick yang disesuaikan iii dengan mata pelajaran yang akan diteliti sebagai salah satu bentuk upaya peningkatan kualitas pendidikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29362

Actions (login required)

View Item View Item