Pengembangan media pembelajaran Edmodo untuk meningkatkan hasil belajar siswa / Ratih Putri Hardiana

Hardiana, Ratih Putri (2018) Pengembangan media pembelajaran Edmodo untuk meningkatkan hasil belajar siswa / Ratih Putri Hardiana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Hardiana, Ratih Putri, 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Edmodo untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. H Suharto S.M., M.Pd., M.M. Kata Kunci : Pengembangan, Media Pembelajaran, E-Learning, Edmodo dan Hasil Belajar. Kemajuan teknologi dalam era modern sekarang ini telah banyak mengubah dunia pendidikan ke arah yang lebih modern dan praktis, serta adanya perubahan kriteria dalam dunia kerja yang menuntut siswa untuk mampu mengikuti perkembangan jaman khususnya dibidang teknologi maka tujuan dari penelitian pengembangan media pembelajaran Edmodo adalah, untuk menjadi salah satu inovasi baru dalam belajar mengajar, pengembangan media pembelajaran ini ditujukan kepada guru selain sebagai inovasi baru tetapi juga sebagai alternatif dalam efisiensi waktu guru, karena media pembelajaran Edmodo dapat dijadikan wadah untuk memberikan materi, memberikan tugas atau kuis dan sebagai sarana untuk menerima dan menilai tugas siswa secara langsung. Media ini dirasa praktis karena guru dapat memantau diskusi kelas dan penerimaan tugas dari siswa secara langsung walaupun tidak sedang bertatap muka dengan para siswa, pada siswa media pembelajaran Edmodo dirasa sangat mudah digunakan karena memiliki platform mirip media sosial Facebook, dimana rata ÔÇô rata siswa sudah banyak memiliki sosial media tersebut dengan sarana prasarana yang menunjang seperti laptop, komputer dan ponsel pintar (smartphone) rata ÔÇô rata sudah dimilki oleh siswa. Selain itu media pembelajaran Edmodo dirasa mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian pengembangan media Edmodo ini dengan menggunakan model dari Borg and Gall yaitu penelitian dengan berrbasis Research and Development, yaitu penelitian dengan menggunakan alat atau media untuk menghasilkan produk tertentu dan produk tersebut dalam penelitian ini adalah Edmodo. Dalam penelitian ini berpacu pada sepuluh langkah yang dirasa sangat tepat untuk pengembangan media ini, sepuluh langkah tersebut terdiri dari potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi produk, revisi produk, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk, dan produk akhir. Hasil yang ditemukan dalam penelitian tersebut adalah untuk mengembangkan media belajar Edmodo kepada para siswa menengah kejuruan, serta untuk memvalidkan media kepada ahli validator. Hal ini nampak dari media yang telah valid dan layak digunakan karena telah melalui tahap validasi dari para validator yaitu ahli media, ahli materi dan pada uji coba kelompok kecil dengan validasi persentase media validasi dan media 93% dengan kriteria sangat valid, kemudian validasi materi I persentase validitas media dan material sebesar 97% pada materi pakar ini persentase validitas dan materi 100 % Sedangkan tes kelompok kecil berdasarkan kuesioner menghasilkan persentase sebesar 97% dimana angka ini sangat valid untuk media. Setelah media tervalidasi maka ii dilakukan pengujian produk akhir untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan kegiatan pretest dan posttest yang dilakukan pada siswa kelas eksperimen adalah sebagai kelas uji coba media dibandingkan dengan kelas kontrol tanpa menggunakan media. Dalam kegiatan pretest kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata lebih tinggi dari kelas eksperimen dengan perbandingan nilai-nilai dalam kelas kontrol 77,8 dan di kelas eksperimen 74,6. Setelah penggunaan Edmodo media, hasil posttest dari kelas eksperimen mengalami peningkatan rata-rata 92,4 dan kelas kontrol mencapai 80,8. Penelitian tersebut telah menunjukkan adanya peningkatan nilai dengan penggunaan media Edmodo sebagai alat atau media untuk belajar dengan persentase 90,02%. Saran oleh peneliti kepada pihak sekolah untuk lebih membenahi sarana dan prasarana pada laboratorium komputer, karena dalam laboratorium tersebut masih banyak komputer yang kurang memadahi untuk digunakan siswa, selain itu diharapkan pihak sekolah memperbarui sinyal wifi yang ada agar dapat digunakan siswa secara merata dan adil untuk proses belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29361

Actions (login required)

View Item View Item