Pengembangan modul administrasi umum berbasis discovery learning pada kompetensi dasar menerapkan tata ruang kerja dan kantor untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas X Program Keahlian Akuntansi di SMKN 1 Malang) / Yuni Purwandari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul administrasi umum berbasis discovery learning pada kompetensi dasar menerapkan tata ruang kerja dan kantor untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas X Program Keahlian Akuntansi di SMKN 1 Malang) / Yuni Purwandari

Purwandari, Yuni (2018) Pengembangan modul administrasi umum berbasis discovery learning pada kompetensi dasar menerapkan tata ruang kerja dan kantor untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas X Program Keahlian Akuntansi di SMKN 1 Malang) / Yuni Purwandari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Purwandari Yuni.2018. Pengembangan Modul Administrasi Umum Berbasis Discovery Learning pada Kompetensi Dasar Menerapkan Tata Ruang Kerja dan Kantor untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa (Studi pada siswa kelas X Akuntansi di SMKN 1 Malang). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Sarbini M.Pd. Kata Kunci Modul Administrasi Umum Discovery Learning Hasil Belajar Modul merupakan bahan ajar yang berupa buku yang sangat bermanfaat sekali untuk diterapkan dalam kegiatan pembelajaran. Penggunaan modul sangat berguna sebagai media pembelajaran dimana modul ini dapat digunakan berdampingan dengan penyampaian materi guru agar mencapai kompetensi yang diharapkan. Akan tetapi faktanya di SMK Negeri 1 Malang pada pelajaran Administrasi Umum masih belum menggunakan modul karena pada Kurikulim 2013 ini mata pelajaran Administrasi Umum merupakan mata pelajaran baru yang mana sebelumnya yaitu mata pelajaran Administrasi Perkantoran. Sehingga tujuan pembelajaran masih belum tercapai secara maksimal. Dalam penelitian ini dimaksudkan bertujuan untuk mampu menghasilkan sebuah modul dimana modul tersebut telah teruji validitasnya dan dianggap layak untuk diuji cobakan kemudian mampu meningkatkan hasil belajar siswa yang dapat diketahui melalui perbedaan hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen dimana melalui hasil pretest dan postest. Penelitian ini merupakan modifikasi dari model pengembangan 4D yang mana memuat 4 langkah pengembangan (1) pendefinisian (define) (2) perancangan (Design) (3) pengembangan (develop) (4) penyebaran (Disseminate). Tahapan-tahapan model pengembangan 4D ini kemudian dilakukannnya analisis data guna mengukur kelayakan dari penggunaan modul yaitu melalui proses validas ahli materi validasi angket ahli modul dan respon peserta didik. Dari masing-masing analisis data terdapat hasil dari validasi angket ahli materi yaitu sebesar 84 dengan prosentase 84% yang dinyatakan Valid . Untuk hasil validasi angket ahli modul sebesar 80 dengan prosentase sebesar 80% yang telah dinyatakan Valid . Sedangkan untuk respon dari peserta didik terdapat hasil uji coba sebesar 88 dengan rosentase 88% dikategorikan Valid . Peningkatan hasil belajar peserta didik diperoleh dari kelas eksperimen yang dapat dilihat dari perolehan hasil pretest dan hasil dari postest yang mana dari hasil pretest ini siswa belum menerapkan modul Administrasi Umum didalam proses pembelajaran sedangkan untuk hasil postest ini diperoleh dari hasil uji coba produk modul Administrasi Umum. Hasil pretest pada kelas X Akuntansi 2 sebesar 2.334 dengan prosentase keberhasilan sebesar 64 83% dan untuk hasil postest pada kelas X Akuntasi 2 sebesar 2.996 dengan prosentasee keberhasilan sebesar 83 22%. Sehingga hasil belajar yang dilihat dari hasil pretest dan postest mengalami kenaikan sebesar 18 39%. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa modul Administrasi Umum telah memenuhi tujuan dari penelitian dan pengembangan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29360

Actions (login required)

View Item View Item