Pengaruh minat belajar dan kepercayaan diri terhadap hasil belajar peserta didik kelas X pada mata pelajaran Teknologi Perkantoran di SMK Negeri 1 Pasuruan / Siti Rohmah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh minat belajar dan kepercayaan diri terhadap hasil belajar peserta didik kelas X pada mata pelajaran Teknologi Perkantoran di SMK Negeri 1 Pasuruan / Siti Rohmah

Rohmah, Siti (2018) Pengaruh minat belajar dan kepercayaan diri terhadap hasil belajar peserta didik kelas X pada mata pelajaran Teknologi Perkantoran di SMK Negeri 1 Pasuruan / Siti Rohmah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Rohmah S. 2018. Pengaruh Minat Belajar dan Kepercayaan Diri terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X Pada Mata Pelajaran Teknologi Perkantoran di SMK Negeri 1 Pasuruan. Skripsi. Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing H. Imam Bukhori S.Pd. M.M. M.Pd. Kata kunci minat belajar kepercayaan diri hasil belajar Pendidikan adalah proses transformasi atau perubahan tingkah laku (change of behavior) peserta didik. Peserta didik memiliki kebutuhan yang terus tumbuh dan berkembang sesuai dengan sifat dan karakteristiknya sebagai manusia. Karakteristik peserta didik sebagai keseluruhan kemampuan dan perilaku yang ada pada pribadi mereka sebagai hasil hubungannya antara pembawaan dengan lingkungan sosialnya yang dapat menentukan dalam mewujudkan harapan meraih masa depan. Oleh sebab itu sekolah sebagai pusat pendidikan harus dapat menjalankan tujuan pendidikan secara optimal dengan membentuk karakter peserta didik yang berkualitas. Usaha untuk mewujudkan tujuan pendidikan tidak lepas dari peran seorang guru disekolah dan bagaimana guru menumbuhkan minat dan kepercayaan diri disekolah. Untuk meningkatkan hasil belajar yang baik secara umum ada dua faktor yang mempengaruhi belajar peserta didik yaitu faktor internal dan faktor eksternal misalnya minat belajar kepercayaan diri dan sebagainya. Minat belajar akan menumbuhkan ketertarikan peserta didik terhadap proses pembelajaran untuk mendapatkan hasil yang baik. Selain minat belajar peserta didik kepercayaan diri juga berpengaruh terhadap hasil belajar. Kepercayaan diri peserta didik diperlukan agar peserta didik yakin terhadap kemampuan yang dimiliknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kondisi minat belajar kepercayaan diri dan hasil belajar peserta didik (2) pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar (3) pengaruh kepercayaan diri terhadap hasil belajar (4) pengaruh minat belajar dan kepercayaan diri terhadap hasil belajar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif-korelasional yaitu penelitian dengan tujuan untuk memperoleh gambaran tentang variabel yang diteliti dan menemukan ada tidaknya pengaruh antar masing-masing variabel. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah minat belajar (X1) dan kepercayaan diri (X2) dengan variabel terikat hasil belajar (Y). Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Pasuruan yang berjumlah 70 peserta didik. Pengambilan sampel ini menggunakan teknik sampling jenuh (sensus). Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Dalam penelitian ini menggunakan tiga model uji asumsi klasik yaitu (1) uji normalitas (2) uji heteroskedastisitas (3) uji multikolinearitas. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu (1) analisis statistik deskriptif (2) analisis regresi linier berganda (3) uji t (4) uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) minat belajar pada peserta didik dapat diklasifikasikan baik kepercayaan diri peserta didik baik dan sebagian besar ii peserta didik memiliki hasil belajar yang baik (2) ada pengaruh positif yang signifikan antara minat belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran Teknologi Perkantoran peserta didik kelas X (3) ada pengaruh positif yang signifikan antara kepercayaan diri terhadap hasil belajar mata pelajaran Teknologi Perkantoran peserta didik kelas X (4) ada pengaruh positif yang signifikan antara minat belajar dan kepercayaan diri terhadap hasil belajar mata pelajaran Teknologi Perkantoran peserta didik kelas X. Dari hasil penelitian ini peneliti menyarankan (1) Bagi guru perlu meningkatkan minat belajar dan kepercayaan diri peserta didik dan menjelaskan hal-hal yang menarik dan berguna bagi kehidupan peserta didik serta memotivasi dan mendorong peserta didik untuk mengembangkan kemampuan yang dimilikinya sehingga dapat mengoptimalkan hasil belajar peserta didik (2) Bagi peserta didik diharapkan agar lebih aktif bertanya dan percaya diri ketika pembelajaran berlangsung dan mengerjakan latihan meskipun tidak ditunjuk oleh guru sehingga hasil belajar menjadi optimal (3) Bagi orang tua hendaknya memberikan bimbingan ketika anak mengalami kesulitan dalam belajar dan memberikan dorongan kepada anak untuk lebih giat belajar dan tampil percaya diri ketika mengembangkan bakatnya. Orang tua juga harus mengontrol kegiatan anak agar hasil belajar menjadi optimal (4) Bagi peneliti selanjutnya yang tertarik dengan penelitian ini sebaiknya dilakukan penelitian lebih lanjut tentang faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi hasil belajar peserta didik misalnya kemandirian belajar lingkungan belajar sumber belajar dan fasilitas belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29359

Actions (login required)

View Item View Item