Pengembangan modul teknologi perkantoran kompetensi dasar mengoperasikan aplikasi presentasi pendekatan kontekstual untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X Program Keahlian OTKP di SMK Muhammadiyah 3 Singosari / Fitri Dia Cahyani

Cahyani, Fitri Dia (2018) Pengembangan modul teknologi perkantoran kompetensi dasar mengoperasikan aplikasi presentasi pendekatan kontekstual untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X Program Keahlian OTKP di SMK Muhammadiyah 3 Singosari / Fitri Dia Cahyani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Cahyani, Fitri Dia. 2018. Pengembangan Modul Teknologi Perkantoran Kompetensi Dasar Mengoperasikan Aplikasi Presentasi Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X Program Keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran di SMK Muhammadiyah 3 Singosari. Pembimbing : Drs. H. Mohammad Arief, M.Si. Kata Kunci: modul, pembelajaran kontekstual, hasil belajar Keterbatasan sumber belajar Mata Pelajaran ÔÇ£Teknologi PerkantoranÔÇØ di SMK Muhammadiyah 3 Singosari menyebabkan hasil belajar kurang maksimal. Sehingga sangat dibutuhkan pengembangan modul yang dapat menunjang proses kegiatan pembelajaran. Melalui pengembangan modul diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X di SMK Muhammadiyah 3 Singosari. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah (1) Menghasilkan modul Mata Pelajaran ÔÇ£Teknologi PerkantoranÔÇØ (2) Mengetahui proses pengembangan, kelayakan dan respon peserta didik terhadap modul. (3) Mengetahui perbandingan hasil belajar pada peserta didik yang menggunakan modul ÔÇ£Teknologi PerkantoranÔÇØ dengan peserta didik yang tidak menggunakan modul ÔÇ£Teknologi PerkantoranÔÇØ. Penelitian pengembangan modul ini dilakukan dengan menggunakan model pengembangan Research and Development (R&D) oleh Dick and Carey dengan langkah-langkah yang telah disesuaikan dengan kebutuhan dan keterbatasan waktu, yaitu (1) Analisis kebutuhan dan tujuan. (2) Analisis Pembelajaran. (3) Analisis siswa dan konteks. (4) merumuskan tujuan performasi. (5) Mengembangkan instrumen. (6) Pengembangan strategi pembelajaran. (7) Pengembangan. (8) Merancang dan melakukan evaluasi formatif. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dengan teknik presentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata hasil validasi kelayakan modul sebesar 97,63%. Sedangkan, rata-rata hasil kelayakan instrumen oleh peserta didik uji coba kelompok kecil adalah sebesar 86%. Berdasarkan rumus yang telah ditetapkan, rata-rata hasil belajar aspek kognitif kelas kontrol adalah 73,5%, serta kelas eksperimen sebesar 84,7%. Sedangkan, rata-rata hasil belajar aspek psikomotorik kelas kontrol adalah 72,5%, dan kelas eksperimen sebesar 83%.. Dengan demikian, kesimpulan secara keseluruhan adalah modul Teknologi Perkantoran Pendekatan kontekstual sangat layak untuk digunakan. Saran untuk peserta didik dan guru. Penerapan modul ini dengan menggunakan fasilitas komputer atau laptop. Sehingga peserta didik dapat mempraktikkan langsung tahap-tahan pengoperasian aplikasi presentasi. Saran untuk peneliti selanjutnya adalah mengembangkan produk yang lebih mudah digunakan misalnya modul elektronik yang dapat diakses melalui smartphone android atau tablet.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29358

Actions (login required)

View Item View Item