Pengembangan modul korespondensi berbasis guided inquiry untuk meningkatkan hasil belajar / Regina Yogi Laraswati

Laraswati, Regina Yogi (2018) Pengembangan modul korespondensi berbasis guided inquiry untuk meningkatkan hasil belajar / Regina Yogi Laraswati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Laraswati, Regina Yogi. 2018. Pengembangan Modul Korespondensi Berbasis Guided Inquiry untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. H. Suharto S. M., M.Pd, M.M. Kata Kunci: modul pembelajaran, guided inquiry, hasil belajar. Penelitian pengembangan dilatar belakangi tidak adanya bahan ajar bagi siswa untuk kegiatan pembelajaran. Modul yang seharusnya digunakan oleh siswa juga belum disediakan sebagai penunjang bagi siswa untuk proses pembelajaran mandiri. Siswa dan guru merasa kesulitan untuk mencari materi yang sesuai dengan silabus SMK Negeri 2 Kediri. Pembelajaran yang tidak menggunakan modul pasti akan berpusat kepada guru, maka dari itu diperlukan bahan ajar yang dapat digunakan oleh siswa untuk belajar secara mandiri yang berupa modul Korespondensi berbasis Guided Inquiry. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah: 1) untuk menghasilkan modul Korespondensi dengan model Guided Inquiry pada materi menganalisis surat niaga dan membuat surat niaga untuk siswa SMK kelas X Program Keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran, 2) untuk mengetahui kelayakan modul Korespondensi yang telah dikembangkan melalui hasil validasi dan hasil uji coba modul pada kelompok terbatas, dan 3) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan modul Korespondensi berbasis Guided Inquiry dengan siswa yang tidak menggunakan modul Korespondensi berbasis Guided Inquiry. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan dari Borg & Gall (2003) yang terdiri dari 10 langkah penelitian dan pengembangan, yaitu: 1) potensi dan masalah; 2) pengumpulan data; 3) desain produk; 4) validasi desain; 5) revisi desain; 6) ujicoba produk; 7) revisi produk; 8) ujicoba pemakaian; 9) revisi produk; dan 10) produksi masal. Validasi produk yang berupa modul terdiri dari tiga tahapan yaitu: 1) validasi modul oleh dosen dari Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang, yaitu Bapak Eka Pramono Adi, S.IP, M.Si, 2) validasi materi oleh guru Korespondensi dari SMK Negeri 2 Kediri, yaitu Ibu Ita Nur Santi, S.Pd, M.Pd, dan 3) validasi pengguna oleh enam siswa kelas X OTKP 2 SMK Negeri 2 Kediri. Produk yang dihasilkan adalah modul Korespondensi berbasis Guided Inquiry yang didalamnya terdapat empat aspek, yaitu: 1) kelayakan isi, 2) kelayakan kepenyajian, 3) kelayakan kebahasaan, dan 4) kelayakan kegrafikan. Berdasarkan hasil belajar diperoleh persentase rata-rata hasil belajar kelas eksperimen dan persentase rata-rata hasil belajar kelas kontrol, sehingga dapat diperoleh hasil bahwa modul ÔÇ£Sangat ValidÔÇØ yang dapat digunakan dalam proses kegiatan pembelajaran. Sangat disarankan kepada guru untuk menggunakan modul Korespondensi ini sebagai referensi dalam proses kegiatan pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengembangkan kemampuan berfikir kognitif dan psikomotorik siswa, sehingga dalam proses pembelajaran siswa dapat berperan aktif dan tidak hanya guru yang mendominasi selama proses kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29357

Actions (login required)

View Item View Item