Pengembanganm modul kearsipan berbasis demonstrasi untuk meningkatkan kemandirian dan hasil belajar siswa kelas X OTKP di SMK Negeri 2 Kediri / Amanda Ayu Savitri - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembanganm modul kearsipan berbasis demonstrasi untuk meningkatkan kemandirian dan hasil belajar siswa kelas X OTKP di SMK Negeri 2 Kediri / Amanda Ayu Savitri

Savitri, Amanda Ayu (2018) Pengembanganm modul kearsipan berbasis demonstrasi untuk meningkatkan kemandirian dan hasil belajar siswa kelas X OTKP di SMK Negeri 2 Kediri / Amanda Ayu Savitri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Savitri Amanda Ayu. 2018. Pengembangan Modul Kearsipan Berbasis Demonstrasi untuk Meningkatkan Kemandirian dan Hasil Belajar Siswa Kelas X OTKP di SMK Negeri 2 Kediri. Skripsi. Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. H. Suharto S.M. M.Pd. M.M. Kata Kunci Demonstrasi Kemandirian Belajar Hasil Belajar Penelitian dan Pengembangan ini didasari oleh kurangnya pemahaman siswa pada mata pelajaran kearsipan dengan baik karena tidak adanya sumber belajar yang mendukung dalam melakukan proses pembelajaran di kelas guru lebih sering menjelaskan. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui kelayakan modul yang telah dikembangkan melalui hasil validasi ahli materi dan ahli modul 2) mengetahui kemandirian dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Kearsipan Kelas X pada kompetensi dasar Menerapkan Penyimpanan Arsip Sistem Abjad Kronologis Geografis Nomor dan Subjek di SMK Negeri 2 Kediri. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian dan Pengembangan dengan model Pengembangan ADDIE. Model ADDIE ini dikembangkan oleh Dick and Carry. Model ini terdiri dari 5 tahap yaitu 1) Analisis 2) Desain atau Perancangan 3) Pengembangan 4) Implementasi dan 5) Evaluasi. Produk ini divalidasi oleh validator ahli (materi modul) dan divalidasi oleh siswa (sebagai penguna) serta diujicobakan di dalam kelas. Produk pengembangan berupa modul kearsipan berbasis Demonstrasi merupakan bahan ajar cetak. Rata-rata hasil validasi produk oleh ahli modul (98 13%) ahli materi (88 33%) dan siswa (79 17%) menunjukkan adanya tanggapan positif untuk setiap indikator dan didapatkan rata-rata hasil validasi keseluruhan (88 55%) sehingga modul dapat dikatakan sangat valid dan sangat layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Sedangkan untuk rata-rata kemandirian belajar kelas kontrol (55 65%) dan kelas eksperimen (74 82%) dengan selisih (19 17%) sehingga dapat dikatakan pembelajaran dengan menggunakan modul dapat membuat siswa lebih mandiri dalam belajar. Dari hasil belajar di dapatkan rata-rata untuk nilai post test dan psikomotor kelas control 65 10 dan 80 33 sedangkan untuk rata-rata nilai post test dan psikomotor kelas eksperimen yaitu 80 00 dan 92 95. Dari hasil validasi dan uji coba kelompok besar di dapatkan bahwa mdul kearsipan berbasis demonstrasi ini dapat meningkatkan kemandirian dan hasil belajar pada siswa kelas X OTKP di SMK Negeri 2 Kediri. Saran Pemanfaatan produk lebih lanjut sebagai berikut (1) Penelitian dan pengembangan modul ini dilakukan sampai uji pemakaian dan revisi produk harapan untuk penelitian pengembangan yang selanjutnya dapat dilakukan sampai tahap produk missal (2) dapat dikembangkan juga pada Kompetensi Dasar yang lainnya (3) dapat diajarkan selama dua kali pertemuan pada setiap materinya untuk mengukur peningkatan keterampilan siswa dan kemandirian belajar dan (4) modul dapat diuji cobakan dengan mencetak sesuai dengan jumlah siswa untuk memperlancar proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29356

Actions (login required)

View Item View Item