Monica, Rica (2018) Pengembangan modul mata pelajaran administrasi umum berbasis pendekatan saintifik pada kompetensi dasar menerapkan prosedur penataan surat untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik (studi pada peserta didik kelas X Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran di SMK Muh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
i RINGKASAN Monica R. 2018. Pengembangan Modul Mata Pelajaran Administrasi Umum Berbasis Pendekatan Saintifik pada Kompetensi Dasar Menerapkan Prosedur Penataan Surat untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik (Studi pada Peserta Didik Kelas X Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran Di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen Kabupaten Malang). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. H. Mohammad Arief M.Si. Kata Kunci pendekatan saintifik modul pembelajaran hasil belajar Pengembangan modul Administrasi Umum berbasis Pendekatan Saintifik yang sesuai dengan kurikulum 2013 edisi revisi sangat dibutuhkan karena pada kurikulum ini peserta didik diharapkan dapat belajar secara mandiri dan berpartisipasi lebih ketika peserta didik melaksanakan pembelajaran. Modul Administrasi Umum berbasis Pendekatan Saintifik ini diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X. Pengembangan modul ini bertujuan untuk (1) menghasilkan Modul Administrasi Umum berbasis Pendekatan Saintifik dengan kompetensi dasar menerapkan prosedur dan melakukan penataan surat sesuai sistem kearsipan yang berlaku (2) untuk mengetahui kelayakan modul yang telah dihasilkan melalui hasil validasi (3) untuk mengukur tingkat efektifitas modul Administrasi Umum berbasis Pendekatan Saintifik melalui hasil belajar peserta didik kelas X. Model penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah model penelitian dan pengembangan Dick and Carey. Produk yang dikembangkan dengan menggunakan model Dick and Carey adalah produk yang dapat digunakan untuk belajar secara mandiri. Terdapat 10 tahapan dalam model pengembangan pembelajaran Dick and Carey yaitu sebagai berikut (1) mengidentifikasi tujuan pembelajaran (2) melakukan analisis pembelajaran (3) mengidentifikasi karakteristik peserta didik (4) merumuskan tujuan khusus (5) mengembangkan butir tes (6) mengembangkan strategi pembelajaran (7) mengembangkan dan memilih bahan ajar (8) merancang dan melaksanakan evaluasi formatif (9) melakukan revisi pembelajaran dan (10) melakukan evaluasi sumatif namun dalam penelitian dan pengembangan ini peneliti hanya sampai pada tahap ke-8. Validasi Modul dilakukan oleh dua ahli modul dua ahli materi dan enam peserta didik sebagai kelompok kecil. Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah menggunakan uji t. Hasil modul yang telah divalidasi oleh ahli modul adalah 88 95 yang menunjukkan bahwa modul dinyatakan sangat valid hasil validasi ahli materi adalah 79 02 yang menunjukkan modul tersebut cukup valid dan hasil validasi user adalah 78 09 yang menunjukkan bahwa modul cukup valid. Setelah melaksanakan pembelajaran pada kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh rata-rata nilai posttest 91 14 untuk kelas eksperimen dan 79 51 untuk kelas kontrol. Selanjutnya untuk mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik adalah dengan menggunakan analisis uji t dari analisis uji t menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan rata-rata hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 Jul 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/29355 |
Actions (login required)
View Item |