Pengembangan media pembelajaran berbasis autoplay media studio 8 pada mata pelajaran Teknologi Perkantoran di SMK Negeri 2 Blitar / Alif Nur Rochman - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran berbasis autoplay media studio 8 pada mata pelajaran Teknologi Perkantoran di SMK Negeri 2 Blitar / Alif Nur Rochman

Rochman, Alif Nur (2018) Pengembangan media pembelajaran berbasis autoplay media studio 8 pada mata pelajaran Teknologi Perkantoran di SMK Negeri 2 Blitar / Alif Nur Rochman. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Rochman A.N. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Autoplay Media Studio 8 Pada Mata Pelajaran Teknologi Perkantoran di SMK Negeri 2 Blitar. Skripsi Jurusan Manajemen Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Pembimbing Prof. Dr. Ery Tri Djatmika RWW M.A. M.Si. Kata Kunci Media Pembelajaran Autoplay Media Studio 8 Teknologi Perkantoran. Pendidikan yang baik dan berkualitas tentunya membutuhkan sistem pendidikan yang baik. Pendidikan yang baik juga harus didukung dengan tenaga pendidik atau guru yang berkualitas. Untuk menunjang kegiatan pembelajaran sebaiknya seorang guru menggunakan bahan ajar ataupun media pebelajaran. Media pembelajaran merupakan alat bantu yang digunakan untuk menyampaikan materi pembelajaran berupa teks gambar suara atau video sehingga materi yang disampaikan dapat diterima peserta didik dengan baik. Media pembelajaran juga digunakan agar kegiatan pembelajaran lebih efektif dan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Di samping itu hasil wawancara terhadap guru Mata Pelajaran Teknologi Perkantoran di SMK Negeri 2 Blitar menyatakan perlu adanya media pembelajaran yang interaktif untuk menarik peserta didik untuk belajar. Dengan adanya sarana prasarana di SMK yang memadahi serta kurangnya media pembelajaran yang digunakan pada Mata Pelajaran Teknologi Perkantoran menjadi latar belakang dilakukannya pengembangan media pembelajaran berbasis Autoplay Media Studio 8. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini yaitu (1) untuk menghasilkan produk media pembelajaran berbasis Autoplay Media Studio 8 yang layak pada Kompetensi Dasar Menerapkan Pengoperasian Transaksi Online di kelas X jurusan Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran di SMK Negeri 2 Blitar (2) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar pada kelas eksperimen dan kontrol di jurusan Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran di SMK Negeri 2 Blitar pada Mata Pelajaran Teknologi Perkantoran. Produk media pembelajaran yang dihasilkan berupa aplikasi berbasis Autoplay Media Studio 8 yang dikemas dalam bentuk CD (compact disk) yang dielengkapi dengan buku panduan penggunaan. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model pengembangan dari Plomp dengan langkah-langkah yang telah ditempuh yaitu (1) fase investigasi awal (2) fase desain (3) fase realisasi/ konstruksi (4) fase tes evaluasi dan revisi dan (5) fase implementasi. Validasi media dilakukan oleh dosen Jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang validasi materi dilakukan oleh guru Mata Pelajaran Teknologi Perkantoran SMK Negeri 2 Blitar serta uji kelompok kecil yang dilakukan oleh 6 peserta didik kelas X OTKP di SMK Negeri 2 Blitar. Hasil validasi ahli media sebesar 95% validasi ahli materi sebesar 80% dan penilaian hasil uji coba kelompok kecil sebssar 93 3% sehingga apabila hasil tersebut dihitung secara keseluruhan dapat diperoleh rata-rata sebesar 89 4%. Adapun perbedaan hasil belajar peserta didik dapat dilihat dari hasil SPSS menunjukkan pada bagian output pertama menunjukkan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen yaitu 86 7 dan rata-rata hasil belajar pada kelas kontrol yaitu 72 84 yang ii berarti terdapat perbedaan hasil belajar. Dapat dilihat juga standar deviasi kelas eksperimen yaitu 15 869 dan standar deviasi kelas kontrol yaitu 12 031. Standar deviasi kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Hal ini menandakan bahwa kelas eksperimen lebih heterogen dari pada kelas kontrol. Pada uji t menujukkan probabilitas 0.00 yang memiliki arti bahwa 0 05 jadi H0 ditolak yang berarti bahwa ada perbedaan rata-rata hasil belajar yang siginifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis Autoplay Media Studio 8 dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hal ini menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol sehingga media pembelajaran berbasis Autoplay Media Studio 8 pada Mata Pelajaran Teknologi Perkantoran dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada Kompetensi Dasar Menerapkan Pengoperasian Transaksi Online. Penelitian dan pengembangan ini dapat disumpulkan bahwa (1) kegiatan penelitian dan pengembangan ini menghasilkan produk media pembelajaran berbasis Autoplay Media Studio 8 yang layak pada Kompetensi Dasar Menerapkan Pengoperasian Transaksi Online di kelas X jurusan Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran di SMK Negeri 2 Blitar (2) terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas eksprimen yang menggunakan media pembelajaran dengan kelas kontrol yang tidak menggunakan media pembelajaran. Saran pengembangan lebih lanjut yaitu diperlukannya wawasan tambahan mengenai aplikasi Autoplay Media Studio 8 agar menghasilkan produk yang yang lebih bagus dan baik untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik juga perlu adanya penambahan Kompetensi Dasar yang lebih banyak pada media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 03 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29354

Actions (login required)

View Item View Item