Pengembangan modul korespondensi berbasis metode demonstrasi untuk meningkatkan kemandirian dan hasil belajar peserta didik Jurusan Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran di SMK Negeri 1 Turen / Wilis Saputri - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul korespondensi berbasis metode demonstrasi untuk meningkatkan kemandirian dan hasil belajar peserta didik Jurusan Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran di SMK Negeri 1 Turen / Wilis Saputri

Saputri, Wilis (2018) Pengembangan modul korespondensi berbasis metode demonstrasi untuk meningkatkan kemandirian dan hasil belajar peserta didik Jurusan Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran di SMK Negeri 1 Turen / Wilis Saputri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Saputri Wilis. 2018. Pengembangan Modul Korespondensi Berbasis Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Kemandirian dan Hasil Belajar Peserta Didik Jurusan Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran di SMK Negeri 1 Turen. Skripsi. Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Hj. Madziatul Churiyah S.Pd M.M Kata Kunci Modul Metode Demonstrasi Kemandirian Belajar Hasil Belajar Pada saat ini pendidikan di Indonesia menerapkan kurikulum 2013 revisi. Pembaharuan kurikulum tersebut menyebabkan keterbatasan bahan ajar dalam proses pembelajaran di sekolah. Dengan keterbatasan bahan ajar tersebut akan mempengaruhi proses pembelajaran di dalam kelas. Modul Korespondensi berbasis metode Demonstrasi merupakan salah satu bahan ajar yang dikembangkan dengan metode Demonstrasi. Dengan pengembangan modul Korespondensi berbasis metode Demonstrasi tersebut diharapkan dapat memaksimalkan peserta didik dalam melakukan kegiatan belajar dan dapat meningkatkan kemandirian belajar peserta didik karena modul yang dikembangkan disesuaikan dengan perkembangan kurikulum saat ini. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini yaitu (1) Menghasilkan modul Korespondensi pada kompetensi dasar Menganalisis Surat Niaga berbasis metode Demonstrasi pada Peserta Didik Kelas X Jurusan Otomatisasi Dan Tata Kelola Perkantoran di SMK Negeri 1 Turen (2) Mengetahui kelayakan modul yang telah dihasilkan melalui hasil validasi oleh ahli materi dan ahli teknologi pembelajaran (3) Mengetahui perbedaan kemandirian dan hasil belajar peserta didik antara kelas yang menggunakan modul berbasis metode Demonstrasi dengan kelas yang tidak menggunakan modul Korespondensi pada kompetensi dasar Menganalisis Surat Niaga. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan Research and Development (R D) oleh Dick and Carey yang telah dimodifikasi dan disesuaikan dengan keadaan lapangan. Subyek dalam penelitian ini adalah validator ahli materi dan validator ahli teknologi pembelajaran. Selain itu subyek uji coba kelompok kecil dalam penelitian ini terdiri dari enam peserta didik kelas OTKP 2. Sedangkan untuk subyek uji coba kelompok besar dalam penelitian ini terdiri dari peserta didik kelas OTKP 1 sebagai kelas kontrol dan kelas OTKP 3 sebagai kelas eksperimen yang masing-masing berjumlah 36 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi wawancara angket tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan bahwa persentase kelayakan modul sebesar 83 5% setelah di validasi oleh validator ahli materi dan validator ahli teknologi pembelajaran. Selain itu berdasarkan uji coba kelompok kecil kelayakan modul memperoleh persentase sebesar 90%. Berdasarkan rumus yang telah ditetapkan rata-rata hasil belajar dalam aspek kognitif kelas kontrol sebesar 31 serta rata-rata hasil belajar aspek kognitif untuk kelas eksperimen sebesar 37. Sedangkan untuk aspek psikomotorik rata-rata hasil belajar kelas kontrol sebesar 54 dan kelas eksperimen sebesar 57. Berdasarkan hasil dari kedua aspek tersebut maka jika dijumlahkan kelas kontrol memiliki rata-rata hasil belajar ii sebesar 85 sedangkan kelas eksperimen rata-rata hasil belajarnya sebesar 94. Selain itu ada perbedaan persentase rata-rata nilai kemandirian belajar antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen. Persentase rata-rata nilai kemandirian kelas kontrol sebesar 62% sedangkan kelas eksperimen sebesar 85%. Hal tersebut menunjukkan bahwa modul Korespondensi berbasis metode Demonstrasi efektif digunakan untuk meningkatkan kemandirian dan hasil belajar peserta didik. Saran pemanfaatan bagi guru yaitu dapat menggunakan modul Korespondensi berbasis metode Demonstrasi ini sebagai referensi dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Sedangkan saran pemanfaatan bagi peserta didik yaitu agar menggunakan modul Korespondensi berbasis metode Demonstrasi ini sebagai sumber belajar dalam melakukan kegiatan belajar mereka.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29353

Actions (login required)

View Item View Item