Pengaruh lingkungan belajar dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X Administrasi Perkantoran pada mata pelajaran teknologi perkantoran di SMK Negeri 1 Pasuruan / Karsela

Karsela (2018) Pengaruh lingkungan belajar dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X Administrasi Perkantoran pada mata pelajaran teknologi perkantoran di SMK Negeri 1 Pasuruan / Karsela. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Karsela. 2018. Pengaruh Lingkungan Belajar dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Administrasi Perkantoran Pada Mata Pelajaran Teknologi Perkantoran di SMK Negeri 1 Pasuruan. Skripsi. Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. I Nyoman Suputra, M.Si Kata kunci: lingkungan belajar, kemandirian belajar, hasil belajar Pendidikan merupakan usaha untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Melalui pendidikan akan dapat dihasilkan sumber daya manusia yang berkualitas dan mampu bersaing. Proses belajar mengajar adalah kegiatan utama dalam pendidikan. Untuk mencapai keberhasilan dalam pencapaian proses belajar dilihat dari hari belajar yang optimal. Hasil belajar optimal dipengaruhi oleh beberapa faktor misalnya lingkungan belajar, kemandirian belajar, dan sebagainya. Lingkungan belajar yang nyaman memudahkan siswa untuk berkonsentrasi, dengan mempersiapkan lingkungan belajar yang tepat siswa akan mendapatkan hasil belajar yang baik. Selain lingkungan belajar siswa, kemandirian belajar juga berpengaruh terhadap hasil belajar. Kemandirian belajar siswa diperlukan agar siswa mempunyai tanggung jawab dalam mengatur dan mendisiplinkan dirinya, serta mengembangkan kemampuan belajar atas kemauan sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) lingkungan belajar, kemandirian belajar, dan hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran teknologi perkantoran; (2) pengaruh lingkungan belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X Administrasi Perkantoran pada mata pelajaran teknologi perkantoran; (3) pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X Administrasi Perkantoran pada mata pelajaran teknologi perkantoran; (4) pengaruh lingkungan belajar dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X Administrasi Perkantoran pada mata pelajaran teknologi perkantoran di SMK Negeri 1 Pasuruan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif-korelasional yaitu penelitian dengan tujuan untuk memperoleh gambaran tentang variabel yang diteliti dan menemukan ada tidaknya pengaruh antara masing-masing variabel. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah lingkungan belajar (X1) dan kemandirian belajar (X2) dengan variabel terikat hasil belajar (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Pasuruan yang berjumlah 71 siswa dengan sampel yang digunakan sebanyak 60 siswa. Pengambilan sampel ini menggunakan teknik proportional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Dalam penelitian ini menggunakan tiga model uji asumsi klasik, yaitu: (1) uji normalitas; (2) uji heteroskedastisitas; (3) uji multikolinearitas. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: (1) analisis deskriptif; (2) analisis regresi linier berganda; (3) uji t; (4) uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) lingkungan belajar pada siswa dapat diklasifikasikan baik, kemandirian belajar siswa baik, dan sebagian besar ii siswa memiliki hasil belajar yang baik; (2) ada pengaruh positif yang signifikan antara lingkungan belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran Teknologi Perkantoran siswa kelas X Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Pasuruan; (3) ada pengaruh positif yang signifikan antara kemandirian belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran Teknologi Perkantoran siswa kelas X SMK Negeri 1 Pasuruan; (4) ada pengaruh positif yang signifikan antara lingkungan belajar dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran Teknologi Perkantoran siswa kelas X Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Pasuruan. Dari hasil penelitian ini, peneliti menyarankan (1) Bagi guru perlu menciptakan suasana belajar yang nyaman untuk siswa, serta melengkapi fasilitas-fasilitas sekolah seperti perpustakaan dan laboratorium yang lengkap komputernya, dan memberikan tugas-tugas mandiri yang kreatif sehingga dapat mengoptimalkan hasil belajar siswa; (2) Bagi siswa diharapkan sebelum pembelajaran membersihkan ruang kelas, dan tertib ketika pembelajaran berlangsung agar lingkungan belajar siswa menjadi tenang dan nyaman, dan siswa diharapkan agar lebih aktif, berinisiatif, dan kreatif untuk mempelajari materi sehingga hasil belajar akan lebih optimal; (3) Bagi orang tua hendaknya memberikan bimbingan ketika anak mengalami kesulitan dalam belajar, memantau dan memberikan dorongan kepada anak untuk lebih giat belajar, serta menciptakan suasana rumah yang tenang dan nyaman untuk anak belajar, dan berusaha memberikan fasilitas untuk memenuhi kebutuhan belajar anak agar hasil belajar lebih optimal; (4) Bagi peneliti selanjutnya yang tertarik melanjutkan penelitian ini, sebaiknya meneliti dengan menggunakan populasi yang lebih luas, atau kompetensi keahlian yang berbeda serta dapat menambahkan variabel lain karena masih banyak faktor lain yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29351

Actions (login required)

View Item View Item