Pengembangan modul Administrasi Keuangan berbasis problem based learning untuk meningkatkan kemandirian peserta didik dan hasil belajar peserta didik di SMK PGRI 2 Malang / Nova Vesdiana Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul Administrasi Keuangan berbasis problem based learning untuk meningkatkan kemandirian peserta didik dan hasil belajar peserta didik di SMK PGRI 2 Malang / Nova Vesdiana Sari

Sari, Nova Vesdiana (2018) Pengembangan modul Administrasi Keuangan berbasis problem based learning untuk meningkatkan kemandirian peserta didik dan hasil belajar peserta didik di SMK PGRI 2 Malang / Nova Vesdiana Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Sari Nova.Vesdiana. 2018. Pengembangan Modul Administrasi Keuangan Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Dan Hasil Belajar Peserta Didik di SMK PGRI 2 Malang. Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Hj. Madziatul Churiyah S.Pd. M.M. Kata Kunci Modul Problem Based Learning Administrasi Keuangan Kemandirian Belajar Hasil Belajar Pengembangan Kurikulum menyebabkan kurangnya bahan ajar dalam bentuk modul untuk sekolah menengah kejuruan. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah (1) Menghasilkan Modul Administrasi Keuangan Berbasis Problem Based Learning untuk siswa kelas XI APK semester genap di SMK PGRI 2 Malang (2) Mengetahui kelayakan modul yang telah dikembangkan melalui hasil validasi yang dilakukan oleh subjek uji coba (3) Mengetahui perbedaan kemandirian belajar dan hasil belajar peserta didik dengan adanya penggunaan Modul Administrasi keuangan berbasis Problem Based Learning dan peserta didik yang tidak menggunakan modul administrasi keuangan berbasis problem based learning. Penelitian pengembangan ini menggunakan rancangan model Dicky And Carey dengan langkah-langkah pembelajaran (1) Analisis kebutuhan dan tujuan (2) Analisis pembelajaran (3) Analisis pembelajaran (siswa) dan konteks (4) Merumuskan tujuan performansi (5) Mengembangkan instrumen (6) Mengembangkan strategi pembelajaran (7) Mengembangkan dan memilih bahan pembelajaran (8) Merancang dan melakukan evaluasi sumatif. Subjek penelitian modul yang dikembangkan divalidasi oleh 1 orang dosen program Studi Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang sebagai ahli Media Teknologi 1 orang guru mata pelajaran Administrasi Keuangan di SMK PGRI 2 Malang sebagai ahli Materi dan 6 orang peserta didik kelas XI APK 1 sebagai subjek uji coba kelompok kecil. Metode Penelitian yang digunakan oleh peneliti antara lain angket wawancara dokumentasi dan teknik analisis data. Produk yang dikembangkan berupa Modul Administrasi Keuangan berbasis Problem Based Learning yang dilengkapi dengan Buku Pegangan Guru. Terdapat 1 Kompetensi Dasar yang dikembangkan oleh peneliti dalam modul ini yaitu Mempersiapkan dokumen pengajuan uang tunai. Analisis data dalam penelitian dan pengembangan ini dilakukan berdasarkan hasil validasi ahli modul ahli materi dan subjek uji coba kelompok kecil. Secara keseluruhan hasil analisis data tersebut menunjukkan presentase kelayakan modul 93.5 %. Artinya Modul Administrasi Keuangan Berbasis Problem Based Learning berkategori sangat valid dan layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Ditinjau dari segi efektivitas produk berdasarkan perhitungan hasil belajar peserta didik dapat diketahui perbedaan rata-rata hasil belajar peserta didik kelas kontrol yaitu 72 1% dan Kelas eksperimen 85 5 % Sedangkan hasil praktikum (psikomotorik) peserta didik mencapai rata-rata nilai kelas kontrol pada aspek psikomotorik 72 9 % dan ii kelas eksperimen mencapai 86 5 % Sedangkan hasil Validasi Angket yang dilakukan oleh Observer. Hasil Angket Kemandirian belajar menunjukkan nilai rata-rata kelas kontrol yaitu 61 4 % dan kelas eksperimen mencapai nilai rata-rata 89 7 %. Saran pemanfaatan bagi guru adalah sebagai referensi bahan ajar untuk mengajar peserta didik Sedangkan untuk peserta didik adalah sebagai Media belajar untuk menambah Pemahaman peserta didik dan dapat belajar lebih mandiri. iii ABSTRACT Sari Nova.V. 2018. Development of Financial Administration Module Based On Problem Based Learning To Increase Independence Learning And Learning Results Students in SMK PGRI 2 Malang. Sarjana s Thesis. Department of Economic Development Faculty of Economics Universitas Negeri Malang. Advisor. Hj. Madziatul Churiyah S.Pd. M.M. Keywords Module Problem Based Learning Financial Administration Learning Independence Learning Outcomes. Curriculum Development causes Lack of teaching materials in the form of modules for Vocational high schools. The purpose of this research and development are (1) Generating Problem Based Learning-based Financial Administration Module for grade XI APK students even in SMK PGRI 2 Malang (2) Knowing the feasibility of module which has been developed through validation result done by test subject 3) Knowing the differences of learning independence and learning outcomes of learners with the use of financial module based Problem Based Learning and students who do not use problem-based financial administration module based learning. This research the design using of Dicky and Carey model with learning steps (1) Needs and objectives analysis (2) Learning analysis (3) Analysis of learning (students) and context (4) Formulate performance goals (5) Developing the instrument (6) Developing learning strategies (7) Developing and choosing learning materials (8) Designing and conducting summative evaluation. The subjects of the module developed were validated by 1 lecturer of Education Technology Education Program of State University of Malang as Technology Technology expert 1 subject teacher of Financial Administration at SMK PGRI 2 Malang as Material Expert and 6 students of class XI APK 1 as test subjects try small groups. The product developed in the form of Problem Based Learning Fund-Based Financial Module equipped with Master Handbook. There is 1 Basic Competence developed by the researchers in this module namely Preparing documents for cash application. Data analysis in this research and development is done based on validation result of module expert material expert and subject of small group trial. Overall the data analysis results show the feasibility percentage of 93.5% module. This means that Financial Module Based Problem Based Learning categorized very valid and suitable for use in learning activities. In terms of product effectiveness based on the calculation of student learning outcomes it can be seen the difference in the average learning outcomes of control class learners that is 72.1% and 85.5% experimental class while the results of laboratory (psychomotor) learners achieve the average value of control class on the psychomotor aspect 72 9% and experimental class reached 86 5% while the result of Valetation of Questionnaire conducted by Observer. Results questionnaire Independence of learning shows the average value of control classes that is 61 4% and the experimental class reached an average value of 89 7%. iv Suggestion utilization for teacher is as reference of teaching materials to teach learners While for learners is as learning media to increase Understanding learners and can learn more independent.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29349

Actions (login required)

View Item View Item