Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik (studi pada kelas X Manajemen Perkantoran 2 pada mata pelajaran Administrasi Umum di SMKN 1 Boyolangu Tulungagung) / Intan Eka Yudianasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik (studi pada kelas X Manajemen Perkantoran 2 pada mata pelajaran Administrasi Umum di SMKN 1 Boyolangu Tulungagung) / Intan Eka Yudianasari

Yudianasari, Intan Eka (2018) Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik (studi pada kelas X Manajemen Perkantoran 2 pada mata pelajaran Administrasi Umum di SMKN 1 Boyolangu Tulungagung) / Intan Eka Yudianasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Yudianasari I. E. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik (Studi pada Kelas X Manajemen Perkantoran 2 pada Mata Pelajaran Administrasi Umum di SMKN 1 Boyolangu Tulungagung). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Sarbini M.Pd. Kata Kunci model pembelajaran problem based learning motivasi belajar hasil belajar Pendidikan merupakan suatu bidang perilmuan yang penting dalam menunjang keberhasilan pembangunan suatu bangsa. Dalam hal ini peran dari guru juga harus mampu merencanakan strategi pembelajaran yang tepat agar tujuan pembelajaran dapat tercapai. Proses belajar mengajar dapat berhasil jika adanya intensitas dari keterlibatan peserta didik di dalam kelas. Penelitian ini memiliki tujuan untuk (1) Mengetahui bagaimanakah penerapan model pembelajaran problem based learning pada mata pelajaran Administrasi Umum kelas X Manajemen Perkantoran 2. (2) Apakah dengan penerapan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan motivasi belajar pada mata pelajaran Administrasi Umum. Dan (3) Apakah dengan penerapan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Administrasi Umum. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas X Manajemen Perkantoran di SMKN 1 Boyolangu Tulungagung yang berjumlah 36 peserta didik. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam 2 siklus dimana setiap siklusnya dilakukan 4 kali pertemuan dengan alokasi waktu (2 x 45) menit setiap pertemuan. Teknik pengumpulan data yaitu dengan menggunakan tes observasi wawancara angket dan catatan lapangan. Adapun tahapan pada penelitian yaitu (1) Perencanaan (2) Pelaksanaan (3) Pengamatan dan (4) Refleksi. Berdasarkan hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Kegiatan guru meningkat pada siklus I yaitu 90 66% meningkat menjadi 99 33% pada siklus II. (2) Kegiatan peserta didik meningkat pada siklus I yaitu 91 53% menjadi 96 92% pada siklus II. (3) Motivasi belajar mengalami peningkatan dengan perolehan rata-rata 70 83 pada siklus I dan meningkat menjadi 74 88 pada siklus II. (4) Hasil belajar meningkat pada aspek kognitif sebesar 78 05% siklus I menjadi 83 42% pada siklus II dengan persentase 5 37%. Pada aspek afektif memperoleh 61 94% siklus I menjadi 77 63% pada siklus II dengan persentase 15 69%. Pada aspek psikomotorik memperoleh 69 11% siklus I menjadi 76 38% dengan persentase 7 27%. Model pembelajaran problem based learning dapat membantu meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik. Untuk mengetahui hasil belajar dari peserta didik menggunakan post-test pada aspek kognitif. Sebelum penelitian dilakukan menggunakan post-test terlebih dahulu soal diuji cobakan ii menggunakan taraf kesukaran dan daya pembeda soal. Sedangkan pada aspek afektif dan psikomotorik diperoleh dari praktik. Saran bagi peneliti adalah peserta didik disarankan agar dapat mengikuti proses pembelajaran problem based learning yang diterapkan oleh guru dengan baik dan tertib. Serta bagi guru disarankan dapat menjadi alternatif dari model pembelajaran. Masukan bagi peneliti yaitu disarankan selanjutnya dapat melakukan persiapan secara matang sebelum melakukan pembelajaran dengan menggunakan media surat sebagai bahan praktik agar dapat menjadi penelitian yang lebih baik lagi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29348

Actions (login required)

View Item View Item