Pengembangan modul Admimnistrasi Umum berbasis discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar (studi pada peserta didik kelas X Program keahlian Otomatisasi dan tata Kelola Perkantoran SMK Negeri 1 Turen) / Ulul Dessy Anggraini

Anggraini, Ulul Dessy (2018) Pengembangan modul Admimnistrasi Umum berbasis discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar (studi pada peserta didik kelas X Program keahlian Otomatisasi dan tata Kelola Perkantoran SMK Negeri 1 Turen) / Ulul Dessy Anggraini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Anggraini, Ulul Dessy. 2018. Pengembangan Modul Administrasi Umum Berbasis Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar (Studi Pada Peserta Didik Kelas X Program Keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran SMK Negeri 1 Turen). Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: Dr. Heny Kusdiyanti, S.Pd., M.M Kata Kunci : Pengembangan Modul, Discovery Learing, Hasil Belajar Diberlakukannya kurikulum 2013 di SMK menjadikan beberapa perubahan dan penambahan mata pelajaran yang harus ditempuh oleh siswa di setiap Jurusan. Pada saat ini penggunaan kurikulum 2013 revisi dan adanya tambahan matapelajaran yaitu Administrasi umum membuat guru kekurangan sumber bahan ajar berupa modul yang relevan sehingga hal tersebut menghambat proses belajar mengajar karena belum ada buku yang relevan sesuai dengan silabus. Modul merupakan salah satu bentuk bahan ajar cetak yang disusun secara sistematis, didesain untuk memudahkan peserta didik belajar secara mandiri dan mencapai tujuan pembelajaran . Dalam hal ini, peserta didik dapat melakukan kegiatan belajar sendiri tanpa kehadiran pengajar secara langsung. Metode Discovery Learning merupakan salah satu metode pembelajaran yang melibatkan siswa dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan guru. Siswa melakukan kegiatan penemuan (discovery) sedangkan guru bertugas untuk membimbing siswa ke arah yang tepat/benar. Penelitian pengembangan modul ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D) oleh Borg and Gall. Penelitian pengembangan modul berbasis Discovery Learning ini memiliki tujuan yaitu (1) Untuk menghasilkan bahan ajar yang berupa modul Administrasi Umum untuk siswa kelas X program keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran Berbasis Discovery Learning, (2) Untuk mengetahui kelayakan Modul Administrasi Umum untuk kelas X Program keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran Berbasis Discovery Learning melalui uji validasi, (3) Untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan Modul Administrasi Umum untuk kelas X Program keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran Berbasis Discovery Learning. Analisis data dilakukan dengan menggunakan bantuan tiga validator ahli yaitu ahli materi, ahli modul dan siswa. Penilaian kelayakan materi mencakup 3 komponen yaitu kelayakan isi, penyajian dan kegrafikan dan dieroleh rata-rata 78% dengan kriteria valid. Penilaian kelayakan modul mencakup empat komponen yaitu kelayakan isi, penyajian, kebahasaan dan kegrafikan dan diperoleh rata-rata persentase 88% dengan kriteria sangat Valid. Hasil analisis respons siswa pada uji coba terbatas diperoleh rata-rata persentase 87,88% dengan kriteria sangat valid. ii Dari keseluruhan validasi modul yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa modul berbasis penemuan terbimbing (discovery learning) pada materi Memilih Peralatan Kantor Dalam Kegiatan Administrasi sangat layak untuk digunakan sebagai bahan ajar dalam proses pembelajaran pada kelas X OTKP 3 SMK Negeri 1 Turen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29347

Actions (login required)

View Item View Item