Pengembangan modul Admimnistrasi Umum berbasis pendekatan saintifik untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik (studi pada peserta didik kelas X kompetensi Keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran di SMK Walisongo 1 Gempol-Pasuruan) / Tria Wahyuningsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul Admimnistrasi Umum berbasis pendekatan saintifik untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik (studi pada peserta didik kelas X kompetensi Keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran di SMK Walisongo 1 Gempol-Pasuruan) / Tria Wahyuningsih

Wahyuningsih, Tria (2018) Pengembangan modul Admimnistrasi Umum berbasis pendekatan saintifik untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik (studi pada peserta didik kelas X kompetensi Keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran di SMK Walisongo 1 Gempol-Pasuruan) / Tria Wahyuningsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi RINGKASAN Wahyuningsih Tria. 2018. Pengembangan Modul Administrasi Umum Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik (Studi Pada Peserta Didik Kelas X Kompetensi Keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran di SMK Walisongo 1 Gempol Pasuruan). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Lulu Nurul Istanti S.E. M.M. Ak. Kata Kunci administrasi umum modul pendekatan saintifik Penelitian dan pengembangan ini dilatarbelakangi oleh kurang siapnya SMK Walisongo 1 Gempol dalam menerapkan kurikulum 2013 Revisi tahun 2017 baik dari unsur peserta didik maupun guru terutama dalam bahan ajar dan media yang digunakan. Atas dasar permasalahan tersebut penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk 1) menghasilkan modul Administrasi Umum berbasis pendekatan saintifik 2) mengukur tingkat kelayakan modul dan 3) mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik setelah menggunakan modul. Modul tersebut dapat digunakan oleh guru sebagai bahan ajar dan peserta didik dapat menggunakannya untuk belajar secara mandiri sehingga mendorong peserta didik aktif di dalam kelas. Metode penelitian yang digunakan adalah modifikasi model penelitian dan pengembangan Dick Carey. Jenis data yang diambil merupakan data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari skor pada angket validasi dan nilai hasil peserta didik sedangkan data kualitatif diperoleh dari saran dan komentar para validator. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket dan tes. Angket digunakan untuk mengukur tingkat validitas produk atau modul yang dibuat sedangkan tes dilakukan untuk mengukur peningkatan hasil belajar peserta didik. Pelaksanaan uji coba lapangan dilakukan di SMK Walisongo 1 Gempol kelas X dengan jumlah 65 peserta didik. Berdasarkan hasil data dan analisis data yang diperoleh modul dinyatakan valid dan layak untuk digunakan dalam pembelajaran baik dilihat dari aspek materi modul maupun dari respons peserta didik kelompok kecil. Hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen meningkat dan lebih tinggi daripada kelas kontrol. Dengan adanya modul peserta didik lebih termotivasi dan mudah dalam mengumpulkan informasi. Selain itu guru juga mudah dalam menyampaikan materi. Pemanfaatan modul dapat dilakukan oleh peserta didik untuk belajar secara mandiri dan guru sebagai bahan ajar dalam upaya untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penyebaran modul dapat dilakukan melalui guru mata pelajaran. Modul juga dapat digunakan sebagai referensi dalam membuat modul baik pada mata pelajaran yang sama maupun berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29346

Actions (login required)

View Item View Item