Pengembangan media pembelajaran berbasis articulate storyline 2 untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran korespondensi (studi pada kelas X OTKP di SMKN 2 Blitar) / Anny Batama

Batama, Anny (2018) Pengembangan media pembelajaran berbasis articulate storyline 2 untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran korespondensi (studi pada kelas X OTKP di SMKN 2 Blitar) / Anny Batama. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Batama, Anny.2018. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Articulate Storyline 2 Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Korespondensi (Studi Pada Kelas X OTKP di SMK Negeri 2 Blitar), Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. H. Mohammad Arief, M.Si. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Hasil Belajar, Articulate Storyline 2, Media pembelajaran merupakan alat bantu yang digunakan guru untuk dalam menyampaikan materi pembelajaran kepada siswa. Tujuan penelitian ini adalah agar memudahkan siswa dalam memahami materi pembelajaran yang disampaikan oleh guru. Media pembelajaran dapat digunakan sebagai sumber belajar bagi siswa baik dalam kelas maupun belajar secara mandiri. Media pembelajaran berbasis Articulate Storyline 2 merupakan media yang terdiri dari berbagai macam kombinasi grafik, teks, suara, video, dan animasi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan yang diadaptasi dari model pengembangan milik Borg & Gall, kemudian dilakukan modifikasi sesuai dengan kebutuhan. Penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan media pembelajaran berbasis Articulate Storyline 2 dan kelas kontrol dengan menyampaikan materi tanpa media. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Kelas X OTKP berjumlah 120 siswa dengan sampel sebanyak 60 siswa. Sumber data diperoleh dari pengisi angket validasi ahli, angket tanggapan siswa terhadap media berbasis Articulate Storyline 2 serta hasil posttest siswa kelas eksperimen dan siswa kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif, teknik analisis data kuantitatif. Berdasarkan hasil validasi ahli materi mencapai rata-rata sebesar 98,75% yang menyatakan bahwa media pembelajaran berbasis Articulate Storyline 2 sangat valid dan layak diujicobakan. Sedangkan hasil validasi ahli media mencapai rata-rata 96,25% yang menyatakan bahwa media pembelajaran berbasis Articulate Storyline 2 sangat valid dan layak untuk diujicobakan. Hasil angket tanggapan siswa pada tahap uji coba produk dan uji coba pemakaian menghasilkan rata-rata presentase sebesar 86,55% dan 89,72% yang menyatakan bahwa media layak digunakan. Hasil posttest uji coba pemakaian pada kelas eksperimen dan kontrol untuk mengetahui hasil belajar siswa didapatkan rata-rata untuk kelas eksperimen sebesar 91,1% dan kontrol 84,4%. Kesimpulan umum yang dapat diambil dari penelitian ini adalah penggunaan media pembelajaran berbasis Articulate Stoyline 2 dinyatakan dapat membantu dan mendukung guru dalam menyampaikan materi sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29345

Actions (login required)

View Item View Item