Pengembangan modul administrasi keuangan berbasis guided inquiry untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik (studi pada kelas XI Program Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Muhammadiyah 3 Singosari) / Dewi Chusnul Chotimah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul administrasi keuangan berbasis guided inquiry untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik (studi pada kelas XI Program Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Muhammadiyah 3 Singosari) / Dewi Chusnul Chotimah

Chotimah, Dewi Chusnul (2018) Pengembangan modul administrasi keuangan berbasis guided inquiry untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik (studi pada kelas XI Program Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Muhammadiyah 3 Singosari) / Dewi Chusnul Chotimah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Chotimah Dewi Chusnul. 2018. Pengembangan Modul Administrasi Keuangan Berbasis Guided Inquiry Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis dan Hasil Belajar Peserta Didik (Studi Pada Kelas XI Adminitrasi Perkantoran di SMK Muhammadiyah 3 Singosari). Skripsi. Jurusan Manajemen. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Hj. Madziatul Churiyah M.Si Kata kunci modul administrasi keuangan guided inquiry berfikir kritis hasil belajar Pengembangan modul Administrasi Keuangan Berbasis Guided Inquiry dilakukan karena kurangnya buku panduan yang digunakan dalam proses pembelajaran. Partisipasi peserta didik dalam proses pembelajaran sangat rendah sehingga perlunya strategi pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik juga mata pelajarannya. Strategi Guided Inquiry menekankan pada proses berfikir peserta didik untuk menemukan konsep materi sehingga dapat memecahkan masalah sendiri dan peserta didik akan percaya diri serta mampu berpartisipasi aktif dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah (1) menghasilkan Modul Administrasi Keuangan Berbasis Guided Inquiry Kompetensi Dasar Menerapkan Pendokumentasian Bukti Penggunaan Anggaran dan Menerapkan Pembuatan Laporan Pertanggungjawaban Keuangan (2) mengetahui kelayakan modul yang dikembangkan melalui hasil validasi ahli materi dan ahli teknologi pembelajaran (3) mengetahui perbedaan hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada kelas kontrol dan kelas eksperimen. Jenis penelitian dan pengembangan ini diadaptasi dari model penelitian Dick and Carrey. Validasi dilakukan oleh guru Administrasi Keuangan di SMK Muhammadiyah 3 Singosari selaku validator ahli materi dan dosen Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang selaku validator ahli teknologi pembelajaran. Uji kelompok kecil dilakukan kepada 6 peserta didik dengan kemampuan berbeda kemudian dilakukan uji coba lapangan pada kelas eksperimen yaitu XI Administrasi Perkantoran sejumlah 25 peserta didik. Data penelitian ini diperoleh dari hasil wawancara observasi angket dan tes. Data yang didapatkan dari penelitian ini berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh produk yang dikembangkan berupa modul Administrasi Keuangan Berbasis Guided Inquiry pada kompetensi dasar pendokumentasian bukti penggunaan anggaran dan pembuatan laporan keuangan. Hasil validasi modul kepada kedua validator ahli yang dinilai berdasarkan aspek kelayakan isi kelayakan bahasa kelayakan penyajian dan kelayakan kegrafikaan dinyatakan sangat valid/sangat layak digunakan dengan perolehan sebesar 98 005%. Hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan ditunjukkan dengan hasil kelas eksperimen sebesar 84 888% dan kelas kontrol sebesar 77 386% sehingga dapat dinyatakan bahwa penggunaan modul dapat dikatakan efektif. Sementara hasil berfikir kritis juga mengalami peningkatan ditunjukkan pada kelas kontrol sebesar 75 23% dan kelas eksperimen sebesar 89 25% sehingga dapat dinyatakan berfikir kritis kelas eksperimen lebih tinggi jika dibandingkan dengan kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian peneliti menyarakan (1) pemanfaatan modul bagi peserta didik dapat belajar secara mandiri dan melatih kemampuan berfikir kritis ii sehingga dapat meningkatkan hasil belajar. (2) pemanfaatan modul oleh guru dapat membantu memaksimalkan proses pembelajaran karena lebih efektif daripada pembelajaran konvensional sehingga materi banyak yang terserap oleh peserta didik. (3) saran bagi peneliti selanjutnya agar lebih memperhatikan bahasa yang mudah dipahami oleh peserta didik dan aspek kegrafikaan supaya modul terlihat lebih menarik inovatif dan kreatif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29342

Actions (login required)

View Item View Item