Analisis pendidikan karakter yang terintegrasi ke dalam mata pelajaran korespondensi pada siswa kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran (APK) SMK PGRI 6 Malang / Willy Adam Pangestu - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis pendidikan karakter yang terintegrasi ke dalam mata pelajaran korespondensi pada siswa kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran (APK) SMK PGRI 6 Malang / Willy Adam Pangestu

Pangestu, Willy Adam (2018) Analisis pendidikan karakter yang terintegrasi ke dalam mata pelajaran korespondensi pada siswa kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran (APK) SMK PGRI 6 Malang / Willy Adam Pangestu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Pangestu Willy Adam. 2018. Analisis Pendidikan Karakter yang Terintegrasi ke Dalam Mata Pelajaran Korespondensi pada Siswa Kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran (APK) SMK PGRI 6 Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Heny Kusdiyanti S.Pd. M.M. Kata Kunci Pendidikan karakter mata pelajaran Korespondensi Pemerintah merumuskan dalam Undang-Undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional yang menjelaskan bahwa pendidikan dilakukan agar mendapatkan tujuan yang diharapkan bersama yaitu pendidikan nasional untuk mengembangkan kemampuan dan membentuk watak peserta didik dalam rangka mencerdaskan kehidupan bagsa. Melihat dari adanya peraturan Pemerintah untuk membentuk karakter maka pendidikan karakter harus diterapkan di sekolah untuk menjadikan peserta didik yang mempunyai nilai-nilai karakter yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter yang dilakukan oleh sekolah khususnya yang terintegrasi ke dalam mata pelajaran Korespondensi pada siswa kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK PGRI 6 Malang. Penelitian ini didasarkan dengan adanya masalah yang sering terjadi yaitu adanya siswa yang tidak mengerjakan tugas Korespondensi. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian studi kasus. Subyek penelitian ini adalah guru pengampu mata pelajaran Korespondensi dan siswa kelas X APK di SMK PGRI 6 Malang. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi wawancara dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data yakni instrumen manusia yaitu peneliti sendiri. Teknik analisis data yang digunakan ini ada tiga langkah yaitu reduksi data (data reduction) penyajian data (data display) dan penarikan kesimpulan dan verifikasi (conclusion drawing and verification). Teknik untuk memperoleh keabsahan data menggunakan triangulasi yang meliputi triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Berdasarkan penelitian diperoleh simpulan bahwa yang dilakukan dalam pendidikan karakter khususnya dalam mata pelajaran Korespondensi kelas X yaitu guru harus memasukkan nilai-nilai karakter ke dalam skenario pembelajaran sebagai perencanaan. Pelaksanaan dilakukan dengan pembiasaan keteladanan dan penerapan nilai-nilai karakter yang sudah direncanakan ke dalam pembelajaran Korespondensi saat kegiatan awal inti dan penutup pada pembelajaran Korespondensi. Penanaman nilai-nilai karakter dalam pembelajaran Korespondensi dinilai dalam aspek afektif melalui pengamatan dari guru kepada siswa. Setelah adanya penilaian guru memberikan tindak lanjut/umpan balik kepada siswa dengan pemberian pujian dan hukuman. Pemberian pujian dilakukan dengan cara memberikan nilai yang baik kepada siswa tetapi selain adanya pujian ii ada juga tindakan dari guru untuk menegur menasehati memberikan arahan serta bimbingan kepada siswa yang melakukan pelanggaran pada saat mengikuti pembelajaran Korespondensi. Guru juga melakukan komunikasi dengan orang tua untuk mengajak orang tua untuk mendukung guru untuk menerapkan pendidikan karakter. Saran kepada guru adalah untuk penerapan umpan balik kepada siswa guru harus melihat kepribadian dari siswa dan guru lebih mengawasi siswa pada saat praktik ataupun pengerjaan tugas. Sedangkan saran untuk siswa adalah dalam mengikuti pembelajaran harus selalu disiplin dan tanggung jawab ada atau tidak ada gurunya dan siswa harus mengikuti arahan yang diberikan guru untuk menerapkan nilai-nilai karakter yang diajarkan oleh guru di sekolah khususnya dalam mata pelajaran Korespondensi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29340

Actions (login required)

View Item View Item