Pengembangan Media Pembelajaran Smart Card Berbasis QR-Code Pada Materi Pantun Kelas V di SDN Pakunden 1 Kota Blitar. - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan Media Pembelajaran Smart Card Berbasis QR-Code Pada Materi Pantun Kelas V di SDN Pakunden 1 Kota Blitar.

Mayangsari, Linda (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Smart Card Berbasis QR-Code Pada Materi Pantun Kelas V di SDN Pakunden 1 Kota Blitar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Media pembelajaran Smart Card berbasis QR-Code merupakan salah satu alternatif media pembelajaran berbasis teknologi yang dapat digunakan dimana saja. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara didapatkan informasi bahwa masalah yang ditemui di SDN Pakunden 1 Kota Blitar yaitu kurang optimalnya pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi di sekolah tersebut, guru cenderung menggunakan media berupa buku saja sehingga siswa kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran khusunya pada pembelajaran bahasa Indonesia. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Smart Cardberbasis QR-Codepada materi pantun kelas V SD yang valid menurut ahli materi, ahli media, dan guru sebagai pengguna serta praktis bagi siswa. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian dan pengembangan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Jenis data yang dianalisis yaitu data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari hasil validasi oleh ahli materi, ahli media, dan pengguna, serta hasil uji kepraktisan oleh siswa kelas V. Data kualitatif diperoleh dari hasil observasi, wawancara dan masukan serta saran dari pada ahli. Berdasarkan hasil validasi ahli materi, diperoleh hasil presentase sebesar 93,75% yang termasuk kedalam kategori sangat valid dan dapat digunakan tanpa revisi. Kemudian hasil validasi ahli media, diperoleh hasil presentase sebesar 90% yang termasuk kedalam kategori sangat valid dan dapat digunakan tanpa revisi. Berikutnya untuk hasil validasi dari guru sebagai pengguna, diperoleh hasil presentase sebesar 100% yang termasuk kedalam kategori sangat valid dan dapat digunakan tanpa revisi. Selanjutnya hasil uji kepraktisan diperoleh hasil presentase sebesar 98,6% yang termasuk kedalam kategori sangat praktis sehingga layak digunakan sebagai media pembelajaran. Media pembelajaran Smart Card berbasis QR-Code pada materi pantun kelas V yang dikembangkan dinyatakan valid oleh ahli materi, ahli media, dan pengguna, serta praktis oleh siswa. Media pembelajaran Smart Card berbasis QR-Code dapat membantu siswa dalam memahami materi struktur dan ciri-ciri pantun, jenis dan contoh pantun, sampiran dan isi pantun, serta amanat pantun. Selain itu, media pembelajaran Smart Card berbasis QR-Code ini diharapkan dapat dikembangkan secara luas pada materi lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, pantun, Smart Card, QR-Code
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: mr mahasiswa UM
Date Deposited: 04 Jul 2023 08:00
Last Modified: 04 Jul 2023 08:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/2934

Actions (login required)

View Item View Item