Pengembangan modul mata pelajaran Teknologi Perkantoran dengan model prpject based learning untuk meningkatkan kemandirian belajar dan hasil belajar peserta didik di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen Kabupaten Malang / Frisca Dwi Lorenza - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul mata pelajaran Teknologi Perkantoran dengan model prpject based learning untuk meningkatkan kemandirian belajar dan hasil belajar peserta didik di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen Kabupaten Malang / Frisca Dwi Lorenza

Lorenza, Frisca Dwi (2018) Pengembangan modul mata pelajaran Teknologi Perkantoran dengan model prpject based learning untuk meningkatkan kemandirian belajar dan hasil belajar peserta didik di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen Kabupaten Malang / Frisca Dwi Lorenza. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Lorenza Frisca Dwi. 2018. Pengembangan Modul Mata Pelajaran Teknologi Perkantoran dengan Model Proect Based Learning untuk Meningkatkan Kemandirian Belaar dam Hasil Belajar Peserta Didik di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen. Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Hj. Madziatul Churiyah S.Pd. M.M. Kata Kunci Modul Project Based Learning Teknologi Perkantoran Kemandirian Belaar Hasil Belajar Pendidikan memegang peranan penting untuk menentukan berhasil atau tidaknya peserta didik dalam belajar sehingga dibutuhkannya kreatifitas dari seorang guru dalam mengajar salah satunya seperti menggunakan bahan ajar modul. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah (1) Menghasilkan modul Teknologi Perkantoran dengan model Project Based Learning untuk SMK/MAK kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran (2) Mengetahui kelayakan modul Teknologi Perkantoran dengan model Project Based Learning melalui uji validasi ahli materi uji validasi ahli teknologi pembelajaran dan uji coba kelompok kecil (3) Mengetahui perbedaan kemandirian belajar dan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran Teknologi Perkantoran dengan model Project Based Learning pada peserta didik yang tidak menggunakan modul dengan peserta didik yang menggunakan modul. Penelitian pengembangan ini menggunakan rancangan model ADDIE dengan langkah-langkah (1) Analyze (2) Desain (3) Development (4) Implementation (5) Evaluasi. Subjek penelitian modul yang dikembangkan divalidasi oleh satu orang dosen program studi Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang sebagai ahli Teknologi Pembelaaran. Satu orang guru mata pelaaran Teknologi Perkantoran di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen sebagai ahli Materi dan 9 orang peserta didik kelas X APK 1 sebagai subek uji coba kelompok kecil. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti antara lain wawancara angket dokumentasi dan teknik analisis data. Hasil dari penelitian dan pengembangan adalah Modul Teknologi Perkantoran dengan Model Project Based Learning pada Kompetensi Dasar Pengelolaan Informasi Melalui Web Log (blog). Berdasarkan penilaian dari validator ahli materi diperoleh rata-rata sebesar 99% yang berarti modul sangat valid dan layak digunakan untuk penilaian dari validator ahli teknologi pembelajaran diperoleh rata-rata sebesar 99% yang berarti modul sangat valid dan sangat layak digunakan sedangkan untuk penilaian dari uji coba kelompok kecil diperoleh rata-rata sebesar 86% yang berarti modul sangat valid dan layak diganakan. Ditinjau dari segi efektivitas produk berdasarkan perhitungan hasil belajar peserta didik dapat diketahui perbedaan rata-rata hasil belajar kelas kontrol yaitu 78 9% dan kelas eksperimen 88 2% sedangkan hasil praktikum (psikomotorik) peserta didik mencapai rata-rata nilai kelas kontrol pada aspek ii psikomotorik 87% dan kelas eksperimen mencapai 89% sedangkan hasil validasi angket yang dilakukan oleh Observer. Hasil angket kemandirian belajar menunjukkan nilai rata-rata kelas kontrol yaitu 57% dan kelas ekperimen menunjukkan rata-rata kelas eksperimen yaitu 79%. Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara kemandirian belajar dan hasil belajar kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Kesimpulan dari penelittian dan pengembangan ini adalah Modul Teknologi Perkantoran dengan Model Project Based Learning dinyatakan layak dalam kegiatan pembelajaran . Bagi guru Teknologi Perkantoran disarankan untuk menggunakan modul sebagai pendukung kegiatan pembelajaran dan mendalami materi yang terdapat dalam modul. Sedangkan bagi peserta didik sebaiknya mempelajari modul sebelum melakukan pembelajaran agar memahami langkah-langkah yang ada dengan baik..

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 08 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29338

Actions (login required)

View Item View Item