Ramadhany, Prama Ega (2018) Pengembangan modul menangani surat dan dokumen kantor sistem kartu kebdali dengan metode siantifik untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas XI Administrasi Perkantoran SMK Negeri 2 Kediri) / Prama Ega Ramadhany. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Ramadhany Prama Ega. 2018. PengambanganModulMenanganiSuratdanDokumen Kantor SistemKartuKendaliDenganMetodeSaintifikUntukMeningkatkanHasilBelajarSiswa (StudiPadaKelas XI APK SMK Negeri 2 Kediri). SkripsiJurusanManajemen FakultasEkonomi UniversitasNegeri Malang. Pembimbing Drs. Mohammad Arief .M.Si Kata Kunci modul menanganisuratdandokumenkantorsistemkartukendali metodesaintifik Modulmerupakansuatubahan ajar yang berisikankompetensidasarataubeberapakompetensidasar yang dipergunakandalamkegiatanpembelajaranuntukmencapaitujuanpembelajarantertentu. Tujuanpenelitiandanpengembanganiniadalah (1) untukmenghasilkanprodukmodulAdministrasiPerkantorandenganMetodeSaintifikpadamateripelajaranMenanganiSuratdanDokumen Kantor SistemKartuKendali (studipadasiswakelas XI APK SMK Negeri 2 Kediri) (2) untukmengetahuikelayakanmodul yang telahdikembangkanmelaluihasilvalidasimateridanahlimoduluntuksiswakkelas APK SMK Negeri 2 Kediri (3) untukmengetahuiadaatautidaknyapeningkatanhasilbelajarsiswakelas XI APK SMK Negeri 2 Kediri. PenelitianinimenggunakanmetodeResearch Development(R D)dan model Dick and Carey yang dimodifikasimenjadi 9 langkahsebagai modelpengembangangannya. Langkah-langkahpenelitiandanpengembanganmeliputianalisiskebutuhandantujuanumum analisispembelajaran analisispembelajar (pesertadidik) dankonteks merumuskantujuanperformansi mengembangkaninstrumen mengembangkanstrategipembelajaran mengembangkandanmemilihbahanpembelajaran merancangdanmelakukanevaluatifformatif danmelakukanrevisi. ModulinidivalidasiolehahlimoduldaridosenJurusanManajemendanahlimateridari guru matapelajaranMenanganiSuratdanDokumen Kantor danujicobakelompokkecil yang terdiridari 6 siswakelas XI APK 2 denganmasing-masing 2 anak yang memilikikemampuantinggi sedang danrendah. Hasilpenelitianiniterdiridari (1) hasilpengembanganberupamodulMenanganiSuratdanDokumen Kantor SistemKartuKendalidenganMetodeSaintifikdalambentukcetakdandilengkapidenganbukupegangan guru. (2) sesuaihasilvalidasimodulsebesar 82 5% validasiahlimateri 73 75% maka valid (layakdigunakan) tetapidariujicobakelompokkecilmemperolehhasilvalidasisebesar90 5% maka sangat valid (sangat layak digunakan). (3) keefektifanmoduldilihatdarihasilnilaiPost test yang dikerjakanolehkelaseksperimendankelaskontrol. Rata-rata nilaikelaseksperimensebesar 77% sedangkankelaskontrolsebesar 72 22% . karenanilaikelaseksperimenlebihtinggidaripadakelaskontrolmakamodul yang dikembangkandinyatakanefektifsebagaibahan ajar. Berdasarkanhasilpenelitianini saran yang dapatdisampaikanyaitu (1) bagi guru matapelajaranMenanganiSuratdanDokumen Kantor disarankan agar menggunakanmodulinidalamkegaiatanbelajarmengajarsebagaipendukungdanpenunjangkeberhasilan proses pembelajaran. (2) bagisiswasebaiknyadalammenggunakanmodul in dibacaterlebihdahulupetunjukpenggunaanmodulsehinggadapatmempermudahkandalampemahamanakanmateri yang termuatdalammodul. (3) bagipenelitiselanjutnya dapatmengembangkankompetensidasarpadamateriselanjutnya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Users 2 not found. |
Date Deposited: | 07 Jun 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/29337 |
Actions (login required)
View Item |