Pengembangan modul menangani surat dan dokumen kantor sistem kartu kebdali dengan metode siantifik untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas XI Administrasi Perkantoran SMK Negeri 2 Kediri) / Prama Ega Ramadhany - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul menangani surat dan dokumen kantor sistem kartu kebdali dengan metode siantifik untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas XI Administrasi Perkantoran SMK Negeri 2 Kediri) / Prama Ega Ramadhany

Ramadhany, Prama Ega (2018) Pengembangan modul menangani surat dan dokumen kantor sistem kartu kebdali dengan metode siantifik untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas XI Administrasi Perkantoran SMK Negeri 2 Kediri) / Prama Ega Ramadhany. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ramadhany Prama Ega. 2018. PengambanganModulMenanganiSuratdanDokumen Kantor SistemKartuKendaliDenganMetodeSaintifikUntukMeningkatkanHasilBelajarSiswa (StudiPadaKelas XI APK SMK Negeri 2 Kediri). SkripsiJurusanManajemen FakultasEkonomi UniversitasNegeri Malang. Pembimbing Drs. Mohammad Arief .M.Si Kata Kunci modul menanganisuratdandokumenkantorsistemkartukendali metodesaintifik Modulmerupakansuatubahan ajar yang berisikankompetensidasarataubeberapakompetensidasar yang dipergunakandalamkegiatanpembelajaranuntukmencapaitujuanpembelajarantertentu. Tujuanpenelitiandanpengembanganiniadalah (1) untukmenghasilkanprodukmodulAdministrasiPerkantorandenganMetodeSaintifikpadamateripelajaranMenanganiSuratdanDokumen Kantor SistemKartuKendali (studipadasiswakelas XI APK SMK Negeri 2 Kediri) (2) untukmengetahuikelayakanmodul yang telahdikembangkanmelaluihasilvalidasimateridanahlimoduluntuksiswakkelas APK SMK Negeri 2 Kediri (3) untukmengetahuiadaatautidaknyapeningkatanhasilbelajarsiswakelas XI APK SMK Negeri 2 Kediri. PenelitianinimenggunakanmetodeResearch Development(R D)dan model Dick and Carey yang dimodifikasimenjadi 9 langkahsebagai modelpengembangangannya. Langkah-langkahpenelitiandanpengembanganmeliputianalisiskebutuhandantujuanumum analisispembelajaran analisispembelajar (pesertadidik) dankonteks merumuskantujuanperformansi mengembangkaninstrumen mengembangkanstrategipembelajaran mengembangkandanmemilihbahanpembelajaran merancangdanmelakukanevaluatifformatif danmelakukanrevisi. ModulinidivalidasiolehahlimoduldaridosenJurusanManajemendanahlimateridari guru matapelajaranMenanganiSuratdanDokumen Kantor danujicobakelompokkecil yang terdiridari 6 siswakelas XI APK 2 denganmasing-masing 2 anak yang memilikikemampuantinggi sedang danrendah. Hasilpenelitianiniterdiridari (1) hasilpengembanganberupamodulMenanganiSuratdanDokumen Kantor SistemKartuKendalidenganMetodeSaintifikdalambentukcetakdandilengkapidenganbukupegangan guru. (2) sesuaihasilvalidasimodulsebesar 82 5% validasiahlimateri 73 75% maka valid (layakdigunakan) tetapidariujicobakelompokkecilmemperolehhasilvalidasisebesar90 5% maka sangat valid (sangat layak digunakan). (3) keefektifanmoduldilihatdarihasilnilaiPost test yang dikerjakanolehkelaseksperimendankelaskontrol. Rata-rata nilaikelaseksperimensebesar 77% sedangkankelaskontrolsebesar 72 22% . karenanilaikelaseksperimenlebihtinggidaripadakelaskontrolmakamodul yang dikembangkandinyatakanefektifsebagaibahan ajar. Berdasarkanhasilpenelitianini saran yang dapatdisampaikanyaitu (1) bagi guru matapelajaranMenanganiSuratdanDokumen Kantor disarankan agar menggunakanmodulinidalamkegaiatanbelajarmengajarsebagaipendukungdanpenunjangkeberhasilan proses pembelajaran. (2) bagisiswasebaiknyadalammenggunakanmodul in dibacaterlebihdahulupetunjukpenggunaanmodulsehinggadapatmempermudahkandalampemahamanakanmateri yang termuatdalammodul. (3) bagipenelitiselanjutnya dapatmengembangkankompetensidasarpadamateriselanjutnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29337

Actions (login required)

View Item View Item