Pengaruh disiplin belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar administrasi umum (study pada kelas X SMK PGRI 6 Malang) / Uswatun Hasanah

Hasanah, Uswatun (2018) Pengaruh disiplin belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar administrasi umum (study pada kelas X SMK PGRI 6 Malang) / Uswatun Hasanah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Hasanah Uswatun. 2018. Pengaruh Disiplin Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Administrasi Umum Studi pada Kelas X SMK PGRI 6 Malang.Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Heny Kusdiyanti S.Pd M.M Kata kunci disiplin belajar motivasi belajar hasil belajar. Disiplin belajar dan motivasi belajar adalah dua factor yang memiliki pengaruh untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Siswa yang memiliki motivasi belajar yang kuat akan mempunyai keinginan untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar demi menggapai tujuannya. Semakin kuat motivasi yang memiliki siswa akan mendorong siswa belajar lebih giat lagi dan frekuensi belajarnya menjadi yang tinggi akan dapat mendorong motivasi dan menimbulkan rasa ingin bersaing siswa yang dengan temannya untuk meraih hasil belajar yang maksimal. Rumusan masalah dalam peneliti ini yaitu (1) Bagaimana deskripsi disiplin motivasi belajar dengan hasil belajar siswa kelas X pada pelajaran administrasi umum di SMK PGRI 6 Malang (2) Apakah ada pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X pada pelajaran administrasi umum di SMK PGRI 6 Malang (3) Apakah ada pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X pada pelajaran administrasi umum di SMK PGRI 6 Malang (4)Apakah ada pengaruh disiplin belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X pada pelajaran administrasi umum di SMK PGRI 6 Malang Rancangan dalam penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif deskriptif. Teknik pengambilan sampel adalah random sampling dari 82 siswa diambil 68 siswa. Instrument yang digunakan berupa angket atau kuesioner. Analisi yang digunakan yaitu analisis regresi berganda. Variable penelitian ini meliputi disiplin belajar (X1) motivasi belajar (X2) hasil belajar (Y). Berdasarkan hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa disiplin belajar dan motivasi belajar terhadap variable hasil belajar. Sedangkan disiplin belajar terhadap variabel hasil belajar. Hal ini berarti terdapat pengaruh yang signifikan secara parsial variabel disiplin belajar terhadap variabel hasil belajar. Dan terdapat pengaruh yang signifikan secara parsial variabel motivasi belajar terhadap variabel hasil belajar. Berdasarkan hasil analisis tersebut hal ini menunjukkan bahwa jumlah disiplin belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar administrasi umum studi pada kelas X SMK PGRI 6 Malang. Dengan demikian penelitian memberikan saran kepada (1) kepada guru diharapkan untuk selalu memperhatikan prestasi belajar siswa sehingga guru sebagai pendidikan dapat mengetahui seberapa penting motivasi belajar harus diberikan kepada peserta didik (2) kepada orang tua siswa agar dapat meningkatkan perhatian memberikan bimbingan arahan dan motivasi serta memantau putra-putrinya dalam belajar (3) bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat menggali mengenai factor-faktor lain yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29336

Actions (login required)

View Item View Item