Pemanfaatan media sosial sebagai sarana promosi dalam berbisnis online di kalangan mahasiswa Prodi Administrasi Perkantoran Jurusan Manajemen FE UM angkatan 2015/2016 / Putri Indah Kurniawan

Kurniawan, Putri Indah (2018) Pemanfaatan media sosial sebagai sarana promosi dalam berbisnis online di kalangan mahasiswa Prodi Administrasi Perkantoran Jurusan Manajemen FE UM angkatan 2015/2016 / Putri Indah Kurniawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Kurniawan, P. I. 2018. Pemanfaatan Media Sosial sebagai Sarana Promosi dalam Berbisnis Online di Kalangan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Angkatan 2015/2016. Skripsi. Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : H. Imam Bukhori, S.Pd., M.M., M.Pd. Kata Kunci: promosi, media sosial, bisnis online Saat ini fenomena bisnis online tidak hanya dilakukan oleh kalangan pengusaha, namun bisnis online kini sudah merambah di kalangan mahasiswa. Tidak sedikit mahasiswa yang mulai terjun ke dunia usaha, sehingga hal ini menjadi hal yang menarik untuk diteliti, mengingat di samping menyandang status sebagai seorang mahasiswa, namun tidak menghalangi kreativitas mahasiswa untuk merintis bisnis yang bisa dijalankan disela-sela padatnya jadwal perkuliahan. Modal dan tempat yang selama ini menjadi hal yang ditakutkan bagi kebanyakan mahasiswa kini dapat sedikit dikurangi dengan program promosi melalui media sosial, karena hanya membutuhkan modal yang tidak terlalu banyak untuk memulainya bahkan bisa pula hanya bermodalkan gadget dan jaringan internet bisa memulai bisnis. Bahkan sebenarnya usaha seperti ini menempati level usaha tanpa modal. Fokus penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Bagaimana menjalankan bisnis online dengan peran sebagai mahasiswa yang masih aktif dalam perkuliahan, (2) Bagaimana penggunaan media sosial sebagai sarana promosi di kalangan mahasiswa dalam berbisnis online, (3) Bagaimana efektifitas program promosi bisnis online melalui media sosial, dan (4) Apa tujuan akhir mahasiswa menjalankan bisnis online. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, dengan teknik snowball sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan. Hasil penelitian ini yaitu: (1) Cara menjalankan bisnis online dengan peran sebagai mahasiswa adalah memanfaatkan waktu luang disela-sela padatnya jadwal perkuliahan, dan dengan bantuan pihak kedua yaitu keluarga hingga karyawan, (2) Penggunaan media sosial berperan sebagai salah satu penunjang dalam bisnis online. Dalam hal ini mahasiswa melakukan kegiatan promosi dengan memberitahu mengenai detail produk, harga hingga alamat dan contact person si penjual. Selain itu kagiatan promosi juga dapat dilakukan dengan cara membujuk calon konsumennya dengan mengadakan promo/diskon hingga mengadakan giveaway/spamlike pada media sosial yang digunakan dalam menjalankan bisnis online-nya, (3) Bagi sebagian mahasiswa menganggap bahwa penggunaan media sosial sebagai sarana promosi di kalangan mahasiswa itu efektif, dan (4) Tujuan ii akhir mahasiswa menjalankan bisnis online berbeda-beda yakni: Untuk menambah teman, untuk mendapatkan pengalaman dalam berwirausaha, untuk mendapatkan keuntungan, untuk melanjutkan usaha orang tua, mampu membuka toko sendiri, membuka lowongan kerja bagi orang yang membutuhkan pekerjaan. Saran penelitian ini yaitu (1) Pemilik bisnis online seharusnya lebih komunikatif dan atraktif dalam mengelola akun media sosialnya tersebut, (2) Pemilik bisnis online juga dapat memberikan informasi lebih kepada calon pelanggan atau bahkan pelanggan yang terhubung. Misalnya: Informasi mengenai kualitas, harga dan bahan-bahan produknya sehingga konsumen tidak kecewa terhadap produk yang ingin dibeli atau yang sudah dibeli, (3) Pemilik bisnis online harus senantiasa sering meng-update gambar atau video mengenai produk yang ditawarkan sehingga calon konsumen atau konsumen tau mengenai produk mana yang masih ready, (4) Pemilik bisnis online senantiasa mendesain foto produk misalnya: Foto produk yang ditawarkan diberikan nama toko agar dapat mengurangi resiko penipuan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab, dan (5) Bagi peneliti selanjutnya agar dapat menyempurnakan dan meneliti lebih dalam mengenai kegiatan promosi melalui media sosial.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29333

Actions (login required)

View Item View Item